Tentang Lux Veritatis 7

Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto Sicut erat in principio, et nunc, et semper, et in saecula saeculorum. Amen.

“Disini tampak dinamisme kehidupan seorang kristiani, seorang rasul: Aku memilih kamu untuk pergi.  Kita harus dihidupkan oleh  suatu kegelisahan kudus: kegelisahan untuk membawa karunia iman kepada setiap orang, kepada persahabatan dengan Kristus. Sungguh, kasih dan persahabatan Allah diberikan pada kita agar dapat dibagikan dengan orang lain. Kita telah menerima iman untuk memberikannya kepada yang lain. Dan kita harus menghasilkan buah yang akan bertahan. Semua orang ingin meninggalkan tanda yang kekal. Tapi apa yang bertahan? Bukan uang. Tidak juga bangunan atau buku. Setelah beberapa waktu, lama atau singkat, semua hal ini menghilang. Satu-satunya hal yang bertahan selamanya adalah jiwa manusia, pribadi manusia yang diciptakan oleh Allah bagi keabadian.

Buah yang bertahan karenanya semua yang kita tabur dalam jiwa manusia : kasih, pengetahuan, sikap yang mampu menyentuh hati, kata-kata yang membuka jiwa pada sukacita dalam Tuhan. Jadi mari kita pergi dan berdoa kepada Tuhan untuk membantu kita menghasilkan buah yang bertahan.Hanya dalam cara ini bumi akan diubah dari lembah air mata menjadi sebuah kebun Allah.”

—Kardinal Ratzinger (Paus Benediktus XVI), Homili Misa Pemilihan Paus 

Kami (Andreas dan Cornelius) adalah awam Katolik berasal dari Keuskupan Agung Palembang, mau sedikit berbagi lewat blog ini. Alasan yang mendorong kami terlibat di sini adalah keinginan untuk meneruskan iman yang telah kami terima, seperti yang dijelaskan Paus Benediktus XVI di atas.

Sesuai dengan namanya – Lux Veritatis 7 – Cahaya Kebenaran (angka 7  berarti sempurna)– blog ini bertujuan untuk menyampaikan kepenuhan cahaya kebenaran Yesus Kristus yang ditemukan dalam Gereja Katolik. Kami percaya bahwa satu-satunya agama yang sejati dan benar berada dalam Gereja Katolik dan Apostolik, yang oleh Tuhan Yesus diserahi tugas untuk menyebarluaskannya kepada semua orang (Mat 28:19-20) (Konsili Vatikan II, Dignitatis Humanae art 1).

Meneruskan warisan rohani Paus Emeritus Benediktus XVI selanjutnya akan menjadi ciri khas dari Lux Veritatis 7, dengan penekanan khusus pada tradisi (baik itu tradisi dengan ‘T’ besar ataupun ‘t’ kecil). Secara umum, tradisi yang akan menjadi perhatian utama LV7 ialah tradisi yang sifatnya liturgis (terutama pada Ekaristi dan Misa Latin Tradisional atau Extraordinary Form atau Usus Antiquor), spiritualitas (dengan penekanan khusus pada kehidupan doa), santo/a (kisah orang Kudus serta refleksi rohani mengenai hidup, karya, dan keutamaan Kristiani mereka), dan teologis (tulisan santo/a yang membahas ajaran iman Gereja, ataupun tulisan kami pribadi yang bertumpu pada pemikiran para Doktor Gereja).

Dengan kata lain, LV7 berusaha untuk menjalin persekutuan (communio) dengan Allah, dengan Bunda Gereja, dan dengan semua orang kudus, yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kasih terhadap sesama anggota keluarga Allah yang bersatu dalam iman Katolik. Persekutuan (communio) dalam kekayaan rohani Gereja yang tersimpan selama 2000 tahun adalah tema atau kata kunci dari visi Lux Veritatis 7 ke depannya.

Jadi, LV7 akan berpegang teguh pada penafisiran yang membarui dan berkesinambungan (hermeneutic of reform and continuity), seperti yang diungkapkan Paus Benediktus XVI dalam pidatonya yang terkenal kepada anggota Kuria Roma tahun 2005.

Sebagai tambahan, mungkin kami juga sesekali akan menanggapi berita, kontroversi atau informasi yang tidak benar, dan juga mungkin ada beberapa artikel yang bersifat psikologis, yang masih berhubungan dengan kehidupan iman Katolik. Hal ini sifatnya hanya sebagai pelengkap dan bukan menjadi konten utama LV7.

MOTTO

“Cooperatores Veritatis” yang berarti “rekan kerja kebenaran” adalah motto Paus Benediktus XVI. Motto ini saya kira juga mencerminkan esensi dari karya pewartaan ini: menerima kebenaran dengan kerendahan hati dan rasa syukur; mengabdi pada kebenaran, dan menyebarkan kebenaran yang berasal dari Allah yang telah turun ke dunia demi keselamatan kita.

Kami dengan teguh meyakini bahwa kebenaran iman Katolik adalah satu-satunya jalan yang pasti menuju kebahagiaan sejati. Dan kebenaran ini pula yang akan menuntun kita semua dalam menciptakan rasa damai: damai antara diri kita dan Allah, damai dengan diri kita sendiri, damai dengan orang-orang terdekat kita dan dengan orang di sekitar kita.

DISCLAIMER

“Semua khotbah dan ajaran kita harus diukur oleh perkataan Yesus Kristus: “Ajaran-Ku berasal dari Allah” (Yoh 7:16). Kita tidak dapat mengajar pengajaran, teori dan pendapat kita pribadi, tetapi pengajaran dari Iman Gereja, yang mana kita adalah pelayan-Nya.”Paus Benediktus XVI

Kami bertanggung jawab atas apa yang kami tulis di blog ini dan kami selalu taat pada Magisterium Gereja.  Bila terdapat kesalahan dalam penyampaian ajaran katolik, maka kesalahan tersebut bukanlah kesalahan ajaran Gereja Katolik, melainkan kesalahan kami pribadi. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan koreksi fraternal dari para pembaca bila terdapat kesalahan agar kami bisa segera memperbaiki kesalahan tersebut. Pertanyaan, kritik dan saran bisa ditulis di kombox dibawah page ini.

Para pembaca yang ingin berdiskusi atau menyampaikan sesuatu secara pribadi kepada kami dapat menghubungi kami di luxveritatis7@gmail.com

***

Kami tidak dapat mengetahui dengan pasti, apakah kami masih dapat terus mengupdate konten blog ini ke depannya. Apakah blog ini dapat terus berjalan dan menjadi semacam oase rohani bagi mereka yang dahaga akan kebenaran, ataukah keberadaannya terpaksa berhenti sejenak dikarenakan kesibukan kami, semua ini kami percayakan ke dalam tangan Allah yang Mahakuasa, karena sejak berdirinya dan hingga kini, eksistensi blog ini, pertama dan terutama adalah karya rahmat, yang mana semua kontributor adalah sarana-Nya, sejauh ia memampukan kami untuk menulis dan berkontribusi dalam pendidikan serta pemeliharaan warisan iman Katolik.

Kami berharap bahwa pengetahuan iman yang anda peroleh dari blog ini, dapat menumbuhkan kasih kepada Allah dan sesama dalam diri anda, sekaligus pula berbuah dalam kehidupan sehari-hari kita semua. Semoga isi dari blog ini dapat sedikit membantu, untuk mengenal, menghidupi dan mewartakan iman katolik

“Kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”Yoh 8 : 32

Palembang, 1 Juni, bertepatan dengan pesta St. Justinus Martir, pada tahun 2011.

Andreas & Cornelius

HAK CIPTA

© Copyright Lux Veritatis 7 – 2011 All rights reserved. Diperkenankan untuk mengutip sebagian atau seluruhnya isi materi dengan mencantumkan “www.luxveritatis7.wordpress.com” dan tidak untuk kepentingan komersial. (Kel 20 : 15 Jangan Mencuri)

Update:

24 November 2011 : Agar materi yang dibahas di blog bertambah kaya, maka kami menambahkan kontributor baru di blog ini, namanya adalah Marcello, seorang awam dari Keuskupan Agung Jakarta, yang bergabung pada tanggal 24 November 2011.

1 Juni 2012 : Ulang Tahun Pertama Lux Veritatis 7

Mei 2013 : Lux Veritatis 7 menambahkan kontributor baru lagi di page facebook, yaitu Callista (awam dari Keuskupan Agung Jakarta) dan Vincent Ferrer (awam dari Keuskupan Surabaya). Keduanya akan mengurus kolom gambar kutipan, dan posting tentang bacaan dan renungan harian di page Lux Veritatis 7 diposting oleh Callista.

1 Juni 2013 : Ulang Tahun Kedua Lux Veritatis 7

21 Januari 2014 : Anne, seorang awam muda dari Keuskupan Bogor yang berprofesi sebagai dokter umum, dan juga anggota ordo Dominikan awam, bergabung bersama kami sejak 21 Januari 2014

Agustus 2015: Callista mengundurkan diri dari page facebook Lux Veritatis 7.

22 Februari 2016: Perubahan Visi Lux Veritatis 7 (Menyambut 5 tahun perjalanan Lux Veritatis 7)

6 Juni 2016: Dominikus menjadi kontributor yang mengirimkan berbagai artikel terjemahan.

8 November 2016: Anne tidak lagi menjadi kontributor.

52 komentar

  1. Virgilius · · Balas

    Terima kasih… sangat membantu sebagai refrensi Iman… saya sangat senang dan menggugah skali ketika membaca blog ini…
    Salam cinta kasih Kristus…. Karya yang sangat bagus..
    Semoga Kasih Tuhan senantiasa Menyertaimu…
    Maju terus sebagai laskar Kristus yang sejati

    1. Terima kasih Virgilius atas dukungannya, semoga Tuhan juga memberkati anda.

  2. antonius anwar sanusi · · Balas

    Berkah Dalem,
    Blog ini sunguh sangat membatu saya, terutama karena pengetahuan saya tentang yang masih sangat minim.

  3. Yohanes · · Balas

    Karya hebat, luar biasa semoga bertambah cantik, informatif, elegan dan berwawasan luas dalam isi mau pun tampilan. Tetap berkarya Tuhan Yesus memberkati.

    1. Amin. Terima kasih!

  4. bernandus sihombing · · Balas

    tetap semangat dalam Roh Kristus
    Duc In Altum

    1. Terima kasih telah berkunjung kemari!

  5. Amandus Raja Sina · · Balas

    Proficiat. Luar biasa, maju terus . Salam hormat dariku .

    1. Terima kasih!

  6. Trimakasih, semoga Roh Kudus senantiasa menerangi kita semua sehingga mampu membaca dgn hati dan hikmat. Salam dari Merauke

  7. mohon ijin untuk share kutipan-kutipan Katolik melalui akun twitter yang saya kelola [@KutipanKatolik]. Terima Kasih.Berkah Dalem

    1. Silakan, asal jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya (yaitu blog lux veritatis 7). Terima kasih.

  8. Artikel yang sangat membantu dalam penyebaran informasi dan meningkatkan iman . Mohon ijin untuk melinkkan artikel dan link tsb akan saya publish di website paroki stella maris Pluit http://www.parokistellamarispluit.org
    thanks JBU

  9. Vonny Herawaty · · Balas

    Thanks God saya boleh menemukan blog ini. Semoga blog ini blh semakin dikenal byk umat Katolik utk semakin meneguhkan iman.

    1. Terima kasih :)

  10. CICILIA ELLY ANDRIANI · · Balas

    Semoga blog ini terus hidup dan berkembang.

    1. Amin…terima kasih :)

  11. Saya senang dan bangga dengan blog ini, karena iman yg dimiliki umat katolik tidak semuanya punya dasar pengetahuan yg banyak, dengan pengetahuan yg bertambah maka imanpun akan bertambah besar dan kuat, trimakasih Andreas & Cornelius…Roh Kudus selalu membimngmu.

    1. Amin..terima kasih karena sudah berkunjung ke blog ini :)

      Salam,
      Cornelius

  12. ricardo simamora · · Balas

    Menurut hemat saya, : “setiap manusia yang meyakini suatu keyakinan iman maka ia harus mampu mempertanggung-jawabkannya tidak cukup hanya sebatas meyakini”. Untuk mampu mempertanggung jawabkan apa yang diimani itu maka ia harus memahaminya!
    Melalui tulisan-tulisan dalam blog ini saya semakin memahami apa yang saya yakini (imani) yaitu Cahaya Kebenaran Yesus Kristus.
    Maka dari itu saya mengucapkan terimakasih

    Salam Doa dan persaudaraan.

    1. Terima kasih, dan selamat memperdalam iman katolik anda. Jangan lupa untuk berbagi dengan saudara seiman :)

      Salam,
      Cornelius.

      1. ricardo simamora · ·

        teimakasih atas tulisannya dan juga dukungannya. inilah adalah sebuah tanggung-jawab

  13. proficiat…. Maju truss…. GBU

  14. Rinto tampubolon · · Balas

    ‘IA DATANG”
    merry x’mas (25 des 2011)
    N happy new year (2012)

    1. Selamat Natal Rinto :)

      Salam,
      Cornelius.

  15. Agustinus Aditya · · Balas

    Selain materi artikelnya, saya juga suka dengan tampilan blog ini. Cool!! :) Sukses selalu!

    1. Shalom Agustinus Aditya,

      Terima kasih atas pujian dan kunjungannya ke blog ini :)

      Salam,
      Cornelius

  16. mohon ijin untuk share beberapa artikel

    1. Terima kasih sudah mampir, silahkan di share asal jangan lupa menyertakan sumbernya

      Salam dan doa,

      Andreas

  17. Salam Damai Yesus Kristus

    Trims atas pengelola blog ini, karena banyak artikel-artikel yang mepertebal imam umat katolik.

    salam
    Paul Canggu

    1. Shalom Paul Canggu,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon doa dan bantuannya agar blog ini dapat semakin membantu dalam memperdalam iman katolik kita.

      Salam,
      Cornelius.

  18. fransbasuki · · Balas

    terima kasih Tuhan mempertemukan saya dengan blog ini,

    1. Shalom Fransbasuki,

      Terima kasih sudah berkunjung kemari. Kami senang mengetahui bahwa anda bersyukur telah bertemu dengan blog ini. Doakan kami agar blog ini bisa terus menjadi terang bagi sesama.

      Salam,
      Cornelius.

  19. Ireneus Bambang LS · · Balas

    Shalom. Saya sangat setuju Saudara membuat blog ini,yang sangat di perlukan bagi umat Katolik yang seperti saya,masih harus banyak untuk mendalami ajaran Katolik.Tuhan Yesus memberkati pelayanan dan usaha Saudara dalam bolg ini.

    1. Shalom Ireneus Bambang LS,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mari membantu kami dengan menyebarkan keberadaan blog ini kepada saudara seiman.

      Salam,
      Cornelius.

      1. Ireneus Bambang LS · ·

        Shalom.
        Selamat pagi,terimakasih atas balasan surat saya.
        Saya akan membantu menyebarkan blog ini ke Saudara/i kita,agar kabar sukacita dari Tuhan selalu te rsebar kemana mana. Tuhan Yesus memberkati

  20. Salam Sejahtera,

    Terima kasih banyak atas kehadiran blog yang sudah sangat membantu komitmen muda-mudi Katholik dalam pendalaman imannya.

    Semoga blog ini semakin kedepannya kian menjadi berkat luar biasa bagi sekitar pada umumnya, dan muda-mudi Katholik pada khususnya.

    “in te enim curram accinctus in Deo meo transiliam murum.”

    Berkah Ndalem~

    1. Salam sejahtera,

      Terima kasih sudah mampir di blog kami, mohon doanya agar blog ini bisa terus menjadi berkat bagi semua, khususnya muda mudi Katolik.

      Salam,

      Andreas

  21. alexandra · · Balas

    ˚°∞({})♥ †♓☆♌ĸ ♈☺ü ♥({})∞°˚ untuk infoormasinya, senang saya menemukan blog ini..maju terus! Jadi terang n pembawa kabar gembira

    1. Shalom Alexandra,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Informasi tentang blog ini juga boleh disebarkan kepada saudara2 seiman :)

      Salam,
      Cornelius

  22. Luar biasa. saya salut sama komitmen dari pemilik blog ini. maju terus dalam mewartakan iman Katolik. Salam. Siktus

    1. Trims,

      Ad Maiorem Dei Gloriam!

  23. maju terus

    1. Trima kasih ;)

  24. Firmus Sinaga · · Balas

    Terimakasih kepada penulis dan pembuat blog ini, smoga iman katolik saya semakin kuat..

    1. Shalom Firmus Sinaga,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Saya berharap semoga informasi yang ada di blog ini berguna bagi perkembangan iman katolik anda.

      Salam,
      Cornelius.

  25. anggi · · Balas

    Terima kasih mau berbagi pengetahuan seputar iman Katolik …
    Semoga Tuhan berkenan membalas semua perbuatan baik Anda sekalian ….Amin

    1. Terima kasih Anggi, semoga semua informasi yang ada di blog ini berguna bagi pemahaman dan perkembangan iman katolik anda.

      Salam,
      Cornelius.

  26. christiananda · · Balas

    Shalom aleichem, saya ucapkan selamat atas lahirnya blog ini, semoga mampu memperkaya khazanah ajaran iman Kristen Katolik bagi umat.

    pax vobis
    christiananda – Bekasi

    1. Terima kasih Christiananda karena telah berkunjung ke sini, semoga informasi yang ada di blog ini berguna bagi anda.

      Salam,
      Cornelius

  27. Daisy Regina Natalia · · Balas

    Wacana iman, slalu saja haus, karna kita ingin dekat dgn Sang Pencipta, bersejati dgnNya… Trimakasih ats info nya…

    1. Terima kasih Daisy, karena sudah mau berkunjung di blog kami.

      salam dan doa,

      andreas

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: