Penjelasan Singkat Tentang Pentakosta

Berikut ini adalah terjemahan saya atas teks video tersebut :

Pentakosta dalam dua menit

Hari Pentakosta merupakan perayaan kedatangan Roh Kudus, dan terjadi 50 hari setelah Minggu Paskah.

Ingatlah…

Paskah adalah seluruh musim ketika umat Kristen merayakan kemenangan Yesus atas kematian, kebangkitan ke dalam kehidupan baru, kenaikan-Nya ke surga, dan pemberian Roh, secara spesifik…adalah pemberian Roh Kudus.

Apakah Roh Kudus itu? Ingatlah…

Roh Kudus adalah pribadi Ketiga dari Tritunggal Mahakudus, yang bersama Bapa dan Yesus Sang Putra.

Roh Kudus adalah kasih..yang ditumpahkan bagi kita dari Bapa dan Putra. Pentakosta mengingatkan kita akan hal ini.

Pentakosta menutup masa Paskah, dan dikenal sebagai hari ulang tahun Gereja, karena pada Pentakosta Roh Kudus turun atas para rasul, yang merasa sendiri dan takut setelah Yesus meninggalkan mereka.

Pentakosta bukan sekedar pengingat bahwa Yesus selalu ada bersama mereka..ia memberanikan mereka dengan kekuatan yang melampaui diri mereka…untuk melanjutkan pekerjaan Yesus, yaitu membangun kerajaan Allah di bumi. Roh Kudus memberikan mereka keberanian, dan karunia agung, seperti berbicara dalam bahasa-bahasa baru.

Sang Sabda tidak lagi diperuntukkan hanya bagi Yerusalem…tapi ditujukan untuk disebarkan ke seluruh dunia. Dan inilah pekerjaan para rasul.

Orang Katolik merayakan sakramen Krisma yang memberikan mereka karunia-karunia Roh Kudus : hikmat, pengertian, nasehat, keperkasaan, pengenalan akan Allah, kesalehan, takut akan Allah. Mereka adalah sarana yang membawa dalam diri kita : kebaikan, kasih, pengendalian diri, kesabaran, kedamaian, sukacita, kesetiaan, kelembutan, keramahan.

Kedengarannya bagus kan?

Ingatlah…

Sungguh sulit untuk selalu menghidupi kehidupan kristiani dan bersikap baik pada orang lain. Roh Kudus ada untuk membantu kita, Ia adalah inspirasi, api didalam diri kita, penghiburan, dan pembela kita. Roh Kudus adalah nafas kehidupan.

Sebagai pengingat akan Roh Kudus di dalam hidupmu…pergilah ke Gereja hari Minggu ini untuk merayakan Pentakosta, dan mintalah Roh Kudus untuk datang padamu.

Datanglah, ya Roh Kudus,

Penuhi hati umatmu,

Dan terangilah kami dengan api kasih-Mu

 

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: