Istilah Katolik

lv7-abba“Abba” merupakan sebuah kata dalam bahasa Aram yang berarti “ayah” atau “bapa”. Beberapa ahli Kitab Suci berpendapat bahwa kata ini merupakan bentuk sapaan akrab yang digunakan oleh seorang anak kecil untuk memanggil ayahnya. Kata ini pula yang digunakan oleh Yesus untuk memanggil Allah Bapa (lih. Mrk 14:36), dan dengan demikian mencerminkan relasi yang unik antara Allah Bapa dan Yesus, Putra-Nya.

Santo Paulus dalam beberapa kesempatan menegaskan bahwa setelah kita menerima pembaptisan, berkat jasa Yesus kita dijadikan Allah anak-anak-Nya dan dimampukan oleh Roh Kudus untuk memanggil Allah sebagai “Abba”, “Bapa” (lih. Rm 8:15, Gal 4:6). Kita bukan lagi hamba dosa, melainkan putra dan putri yang dikasihi oleh Bapa.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: