Ulang Tahun Pertama Lux Veritatis 7

“Gloria Patri, et Filio, et Spiritui Sancto. Sicut erat in principio, et nunc, et semper, et in saecula saeculorum. Amen.”

“Kemuliaan Kepada Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amen.”

Tidak terasa sudah 1 tahun blog Lux Veritatis 7 ini berjalan. Syukur kepada Allah karena sampai sekarang blog ini masih bisa bertahan dan tetap menerbitkan artikel-artikel. Pada hari ulang tahun yang spesial ini, maka kami ingin sedikit berbagi cerita tentang terbentuknya blog ini.

Sejarah Berdirinya Blog


Pada awalnya, masing-masing penulis blog ini memiliki blog tersendiri. Cornelius dengan blog The Confessions, sedangkan Andreas dengan blog Jadilah Terang. Suatu hari ketika kami sedang mengobrol bersama, tercetus ide untuk menggabungkan tulisan yang kami terbitkan ke dalam satu blog. Tujuannya adalah agar blog katolik ini bisa semakin hidup dan ada banyak artikel yang bisa diterbitkan setiap minggunya.

Karena kedua blog akan digabung menjadi satu, maka kami berpikir bahwa kami harus memilih nama untuk blog yang baru. Nama adalah suatu identitas yang penting, oleh karena itu sebuah nama harus memiliki sebuah makna yang indah yang menggambarkan tujuan blog ini. Kemudian, Cornelius memutuskan untuk menggunakan nama Lux Veritatis yang berarti cahaya kebenaran. 

Nama blog menggunakan bahasa Latin karena Latin adalah bahasa resmi Gereja. Cahaya kebenaran, maksudnya adalah blog ini berusaha untuk berbagi cahaya yang sudah kami dapatkan dan masih terus kami perdalam, melalui pembelajaran kami tentang ajaran iman katolik. Terutama kami tergerak oleh seruan Bapa Suci Benediktus XVI :

“Siapapun yang telah menemukan Kristus harus menuntun yang lain kepada-Nya. Kegembiraan yang besar tidak bisa disimpan untuk diri sendiri. Ia harus diteruskan” – Paus Benediktus XVI 

Angka 7 tidak sengaja dipilih, sebenarnya karena nama Lux Veritatis sudah dipakai oleh orang lain, jadi kami menambahkan angka 7. Selain itu, angka 7 merupakan angka surgawi yang memiliki makna seperti mengampuni 70 X 7 kali, angka 7 melambangkan 7 Sakramen Gereja, 7 Karunia Roh Kudus.

Kami berharap agar semakin banyak orang yang menyadari bahwa ajaran katolik adalah terang yang dapat menuntun kita dalam kegelapan, dan pada akhirnya kami berharap bahwa ada suatu perubahan dalam hidup anda.

Perkembangan Blog Sampai Saat Ini

Sejauh ini kami sudah menerbitkan 317 artikel, dan terdapat 566 komentar yang masuk di blog kami. Jumlah pengunjung blog ini pun sudah melebihi jumlah 200.000 sampai saat ini, dengan rata-rata 150-300 setiap harinya. Kami juga memiliki logo blog yang menjadi ciri khas kami :

Lima Salib melambangkan 5 Luka Suci Kristus

Warna Merah Putih melambangkan Indonesia

LV adalah inisial blog, Lux Veritatis

Simbol angka 7 sebenarnya tidak sengaja kami pilih untuk url blog kami, tapi kedepannya kami baru sadar jika logo Lima Salib dan dua huruf LV digabungkan jumlahnya menjadi 7, simbol angka 7 juga bisa diartikan sempurna (bukan berarti blog ini sempurna, maksud kami tentu saja ajaran iman Katolik ), atau bisa di artikan 7 Sakramen yang ada didalam Gereja Katolik.

Ciri khas lain dari blog kami adalah adanya kolom Kutipan Katolik Terbaik dimana kami menerjemahkan kutipan-kutipan Para Kudus, Bapa Gereja, serta tokoh katolik lainnya. Sejauh ini, sudah hampir 5 bulan kami menerjemahkan kutipan yang diterbitkan setiap minggunya. Harapannya adalah agar dalam setahun, setiap minggunya terdapat kutipan-kutipan katolik yang menginspirasi para pembaca.

Selain itu, sepertinya kami juga menjadi salah satu website yang menerjemahkan subtitle video-video katolik, seperti video Ketika Mengucapkan Kredo Tidak Seperti Dulu Lagi dan Mengapa Aku Seorang Katolik. Ini kami lakukan karena kami menyadari bahwa materi tentang iman katolik tidak hanya terdapat dalam artikel saja, tapi juga ada video-video menarik yang dapat menambah pemahaman kita tentang iman katolik.

Sebenarnya terdapat satu orang kontributor baru, yaitu Marcello. Namun sayangnya ia sampai sekarang baru memberikan satu artikel, semoga di kesempatan yang akan datang akan ada artikel lainnya.

Di akhir kata, kami mengucapkan Syukur kepada Allah karena telah memampukan kami tetap berkarya melalui blog ini. Kami juga berterima kasih kepada para pembaca yang mengunjungi blog ini. Kami berharap ada sesuatu yang berguna, yang kalian temukan dari blog ini. Kami berdoa semoga para pembaca semakin tekun dan kokoh dalam iman katoliknya, dan semoga kalian meneruskan apa yang telah kalian terima, sesuai amanat dari Paus Benediktus XVI.

St. Yustinus, doakanlah kami.

Bunda Maria, doakanlah kami.

Salam dan  doa,

Andreas, Cornelius, Marcello.

One comment

  1. arry · · Balas

    Felix dies natalis

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: