Doa-Doa kepada St. Yusuf

St Joseph Patron Universal Church

 Gambar: Patron of the Universal Church (Source: Fr. Lawrence Lew)  

+++  

Berikut ini adalah Litani St. Yusuf yang sudah diperbarui dengan tujuh penambahan invokasi yang baru. Teks berbahasa Indonesia diambil dari internet, yang mengacu kepada Buku Puji Syukur.

Sayangnya, saya menemukan bahwa terdapat tiga invokasi yang tidak dituliskan dalam teks Litani St. Yusuf berbahasa Indonesia yang beredar di internet: Domesticae vitae decus (Kemuliaan Hidup Berkeluarga), Custos virginum (Pelindung Para Perawan), dan Protector sanctae Ecclesiae (Pelindung Gereja Kudus).

Ketiga invokasi ini sudah saya terjemahkan dan sertakan dalam teks Litani St. Yusuf di bawah ini, berikut tujuh invokasi yang baru yang saya terjemahkan sendiri. Ini adalah terjemahan tidak resmi, semoga dipergunakan sebagaimana mestinya untuk doa pribadi.

LITANI ST. YUSUF  

Tuhan, kasihanilah kami;

Kristus, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami;

Kristus, dengarkanlah kami.

Kristus, kabulkanlah doa kami.

Allah Bapa di surga, kasihanilah kami.

Allah Putra, Penebus dunia, kasihanilah kami.

Allah Roh Kudus, kasihanilah kami.

Allah Tritunggal Kudus, Tuhan yang Maha Esa, kasihanilah kami.

Santa Maria, doakanlah kami.

Santo Yusuf, doakanlah kami.

Keturunan Daud yang termasyhur,

Cahaya bapa bangsa,

Mempelai Bunda Allah,

Penjaga Sang Penebus,

Penjaga Santa Perawan yang murni,

Bapa pemelihara Putra Allah,

Pembela Kristus yang giat,

Hamba Kristus,

Pelayan Keselamatan,

Kepala Keluarga Kudus,

Yusuf yang amat adil,

Yusuf yang amat murni,

Yusuf yang amat bijaksana,

Yusuf yang amat teguh hati,

Yusuf yang amat taat,

Yusuf yang amat setia,

Cermin kesabaran,

Pencinta kesederhanaan,

Teladan kaum pekerja,

Kemuliaan hidup berkeluarga,

Penjaga para perawan,

Penopang keluarga,

Penyokong dalam kesulitan,

Penghibur orang malang,

Pengharapan orang sakit,

Pelindung orang buangan,

Pelindung mereka yang menderita,

Pelindung kaum miskin,

Naungan orang yang menghadapi ajal,

Yang ditakuti oleh setan,

Pelindung Gereja Kudus,  

Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia, sayangilah kami.

Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia, kabulkanlah doa kami.

Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia, kasihanilah kami.  

Yusuf, yang diangkat menjadi kepala Keluarga Kudus.

Jadikanlah kami anggota Keluarga Kudusmu.  

Marilah kita berdoa:  

Ya Allah, dalam penyelanggaraan Mu yang tak terperikan, Engkau telah memilih Santo Yusuf menjadi suami bunda Putra Mu. Kami mohon kepada Mu, berilah supaya dia yang kami hormati selaku pelindung di dunia, boleh menjadi pendoa kami di surga. Engkau yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.  

+++  

Doa Paus Leo XIII kepada St. Yusuf untuk Gereja

(Paus Leo XIII menetapkan doa ini untuk didoakan di bulan Oktober, didaraskan sesudah mendoakan Rosario Suci. Namun jika anda berdoa Rosario setiap hari, mari kita tambahkan doa tersebut dalam Rosario kita).  

Dalam pencobaan kami, kami berlari kepadamu, wahai St. Yusuf yang terberkati, dan, setelah memohon pertolongan mempelaimu yang suci, kami juga dengan penuh keyakinan memohon perlindunganmu. Melalui kasih yang menyatukan engkau dengan Sang Perawan, Bunda Allah yang Tak Bernoda, dan kasih kebapaan yang dengannya engkau memeluk Kanak-Kanak Yesus, kami memohon kepadamu, pandanglah dengan kebaikan hati atas warisan yang diperoleh Yesus Kristus melalui darah-Nya yang Mulia, dan oleh bantuanmu yang berkuasa untuk membantu kami dalam kebutuhan kami.  

Wahai penjaga keluarga kudus yang senantiasa berjaga-jaga, lindungilah umat terpilih Yesus Kristus. Bapa yang sangat mengasihi kami, jauhkanlah dari kami semua wabah kekeliruan dan kebusukan. Perhatikanlah dan tolonglah kami, pelindung yang amat berkuasa, dari tempatmu di surga, dalam peperangan kami melawan kuasa-kuasa kegelapan ini; dan, sebagaimana engkau menyelamatkan Kanak-Kanak Yesus dari bahaya maut, maka kini belalah Gereja Kudus Allah dari jerat-jerat sang musuh dan dari semua kesusahan.  

Jagalah kami masing-masing dengan perlindunganmu yang abadi, sehingga, dengan ditopang oleh teladan dan bantuanmu, kami dapat menjalani hidup yang suci, meninggal dalam kematian yang bahagia, dan menggapai kebahagiaan surgawi yang abadi. Amin.  

+++  

Doa kepada St. Yusuf, Pelindung Gereja Universal  

St. Yusuf yang mulia, yang dipilih Allah menjadi ayah angkat Yesus, mempelai Maria yang teramat murni dan Perawan selamanya, dan kepala Keluarga Kudus; karenanya Engkau dipilih oleh wakil Kristus sebagai pelindung surgawi dan pembela Gereja yang didirikan Kristus; dengan kepercayaan terbesar sekarang aku memohon bantuanmu yang berkuasa bagi seluruh Gereja Militan.

Lindungilah, dalam cara yang khusus dan dengan kasih kebapaanmu yang sejati, Bapa Suci dan semua uskup dan imam yang bersatu dengan Takhta Petrus. Jadilah pelindung mereka yang bekerja bagi jiwa-jiwa di tengah pencobaan dan kesukaran dalam hidup ini, dan karuniakanlah agar semua orang di bumi dapat tunduk dengan kepatuhan kepada Gereja yang merupakan sarana keselamatan yang perlu bagi semua umat manusia.

St. Yusuf yang terkasih, berkenanlah juga menerima konsekrasi diriku kepadamu. Aku membaktikan diriku untuk melayanimu, agar engkau senantiasa menjadi bapaku, pelindungku, dan pembimbingku di jalan keselamatan. Perolehkanlah bagiku kemurnian hati yang besar dan kasih seorang hamba untuk kehidupan batin. Kabulkanlah, seturut teladanmu, agar semua perbuatanku dapat diarahkan demi kemuliaan Allah yang lebih besar dalam persatuan dengan Hati Yesus yang Ilahi, Hati Maria yang Tak Bernoda, dan hatimu. Terakhir, doakanlah aku, agar aku dapat berpartisipasi dalam damai dan sukacita yang engkau nikmati dalam kematianmu yang suci. Amin.