Apakah IHS itu? Arti dari Nama Yesus Yang Tersuci

3 Januari, Pesta Nama Yesus Yang Tersuci

Pada Forma Ekstraordinary, pesta Nama Yang Tersuci adalah “kelas kedua” (membuatnya menjadi sama dengan hari Minggu sepanjang tahun, lengkap dengan pendarasan Kemuliaan dan Syahadat Aku Percaya), tapi didalam Forma Ordinary peringatan Nama Yang Tersuci bahkan tidak termasuk dalam kalender setelah tahun 1970. Syukur, pesta ini kembali dirayakan sebagai peringatan (memorialoptional oleh Beato Yohanes Paulus II – kita harus berpikir bahwa Nama Ini pantas mendapatkan penghormatan setidaknya seperti ini!

Kenyataannya, asal usul Pesta Nama Yesus Yang Tersuci adalah relatif baru, tidak begitu dikenal sampai seorang Franciscan, St. Bernadine dari Siena mewartakan devosi ini pada abad ke 15. Pesta ini telah dirayakan dalam beragam cara didalam ritus Latin – pada awalnya pesta ini dirayakan pada Minggu Kedua setelah Epifani, kemudian dipindahkan ke Minggu sesudah Oktaf Natal (Minggu antara tanggal 2 Januari dan 5 Januari). Sangat diinginkan bahwa pesta ini dirayakan dekat pada hari dimana menurut sejarah Yesus menerima nama-Nya, pada hari Ia disunat (delapan hari setelah kelahiran-Nya, 1 Januari) dan dengan demikian pestanya dirayakan pada tanggal 3 Januari di dalam Novus Ordo.

Emblem “IHS” terkait dengan pesta ini, tapi apa arti IHS? kenapa IHS menjadi tanda nama Yesus?

Apa arti dari IHS sesungguhnya – Yesus

Nama Yesus, dalam bahasa Yunani, tertulis ιησους dimana jika dialih bahasakan menjadi “ihsous” dan pengucapannya adalah iēsous. Inilah Nama Yang Tersuci seperti yang tertulis di Injil.

Di dalam bahasa Ibrani , nama “Yesus” tertulis ישוע dimana jika dialih bahasakan menjadi “yeshu‘a” dan pengucapannya adalah yeshūa.

Terakhir, didalam Latin, Nama Yang Tersuci ditulis Iesus dimana didalam bahasa Inggris  menjadi “Jesus”, karena “j” sering menggantikan “i” pada awal kata (demikian juga diantara huruf vokal).

Chi (x) dan Rho (p), χριστος (Christos)

Emblem “IHS” datang dari versi latinisasi dari bahasa Yunani ιησους, (Didalam huruf kapital Yunani ini ditulis ΙΗΣΟΥΣ atau IHSOUS didalam huruf latin) mengambil tiga huruf pertama didalam huruf kapital IHS(ous). Dan simbol yang telah kita kenal “chi-ro” (gambar disebelah kanan X – P) datang dari dua huruf pertama dari huruf Kristus dalam bahasa Yunani, χριστος (Christos) – XPistos.

Inilah arti sesungguhnya dari IHS, tiga huruf pertama dari bahasa Yunani penyebutan Nama Yesus Yang Tersuci. Emblem tersebut hanya sekedar simbol dari Nama Yang Tersuci.

Iesus Hominum Salvator – Yesus Penyelamat Manusia

Sudah merupakan legenda yang terkenal bahwa IHS merupakan singkatan dari frase Latin Iesus Hominum Salvator, “Yesus Penyelamat (semua) manusia”.Walaupun ini adalah devosi yang baik, tapi secara historis tidak tepat.

Simbol IHS sangat populer sehingga tidak jarang kita menemukan Iesus dalam bahasa Latin yang salah ejaan menjadi IHeSus (dengan “H” ditambahkan, meskipun didalam bahasa Yunani huruf “h” sama saja dalam huruf Latin “e”).

Faktanya, singkatan IHS pertama kali digunakan pada abad ke 8, “DN IHSCHS REX REGNANTIUMtiga kata awal dari singkatan berasal dari “DomiNus IHeSus CHristuS”– “Tuhan Yesus Kristus Raja dari segala Raja”. Penjelasan lebih jauh tentang sejarah IHS, silahkan baca artikel Catholic Encyclopedia [disini] dan [disini].

Namun, meskipun secara historis tidak tepat, tidak ada salahnya melihat emblem ini sebagai sebuah kesaksian terhadap kebenaran bahwa  tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (Kis 4:12). Pasti, hanya Yesus satu-satunya penyelamat dan tanpa rahmat-Nya kita tidak dapat mencapai atau bahkan menginginkan hidup yang kekal.

In Hoc Signo vinces – didalam tanda ini, engkau akan menaklukkan

Setelah tiga paku ditambahkan dibawah emblem (bersamaan dengan salib diatas nya), beberapa menyadarinya bahwa sekarang pencatatannya mengandung “V” dibawah IHS – jadi sekarang kita melihatnya IHSV. (lihat gambar disamping) kemudian bentuk ini diadopsi oleh St. Ignasius sebagai simbol Jesuit.

IHSV di interpretasikan menjadi In Hoc Signo Vinces, didalam tanda ini engkau akan menaklukkan”. Diambil sebagai referensi kemenangan, dimana Konstantine menang melawan Maxentius di Jembatan Milvian pada tanggal 28 Oktober 312. Sebelum peperangan , calon Emperor masa depan ini melihat sebuah tanda di langit (kemungkinan huruf Yunani chi-ro X-P, simbol dari Kristus) dan mendengar kalimat εν τουτω νικα, dimana dalam bahasa Yunani yang artinya “didalam tanda ini, engkau akan menaklukkan”. Frase tersebut kemudian di terjemahkan kedalam bahasa Latin dan dikenal huruf-huruf pertama pada tiap kata jika disingkat menjadi IHSV – itulah lahirnya legenda IHS yang muncul bagi penglihatan Konstantine dan Kristenisasi Roma.

Pastinya, dalam Nama Yesus Yang Tersuci kita harus menaklukkan setiap musuh – dan musuh terakhir yang akan dihancurkan adalah kematian itu sendiri.

St. Bernardine dari Siena yang mempopulerkan devosi kepda Nama Yang Tersuci Yesus

LITANI NAMA YESUS YANG TERSUCI 

Tuhan, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami.

Kristus, kasihanilah kami.

Kristus, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami; Kristus, dengarkanlah kami.

Kristus, kabulkanlah doa kami.

Allah Bapa di surga, * kasihanilah kami.

Allah Putera Penebus Dunia, *

Allah Roh Kudus, *

Allah Tritunggal Kudus, Tuhan Yang Maha Esa, *

Yesus, Hamba Allah, *

Yesus, Anak Daud, *

Yesus, Anak Manusia, *

Yesus, Anak Allah, *

Yesus, Nabi Agung, *

Yesus, Gembala yang baik, *

Yesus, Roti Hidup, *

Yesus, Terang Dunia, *

Yesus, Pokok Anggur, *

Yesus, Jalan, Kebenaran, dan Hidup, *

Yesus, Kebangkitan dan Hidup, *

Yesus, Hakim yang adil, *

Yesus, Anakdomba Allah, *

Yesus, Pengantara, *

Yesus, Imam Agung, *

Yesus, Anak Terkasih Bapa, *

Yesus, Anak Tunggal Allah, *

Yesus, Yang akan datang kembali, *

Yesus, Kegenapan janji Allah, *

Yesus,Citra Allah, *

Yesus, Putera Sulung, *

Yesus, Sang Sabda, *

Yesus, sungguh Allah sungguh Manusia, *

Yesus, Penyembah Ilahi, *

Yesus, Pintu Keselamatan, *

Yesus, Penyelamat dunia, *

Yesus, Raja Semesta, *

Yesus, Pengantin Gereja, *

Yesus, Rasul Utama, *

Yesus, Sang Terpilih, *

Yesus, Kristus, Sang Terurapi, *

Yesus, Awal dan Akhir, *

Yesus, Kepala Gereja, *

Yesus, Bintang Timur Cemerlang, *

Yesus, Tuhan yang mahakuasa, *

Berbelas-kasihanlah kiranya,

sayangilah kami, ya Yesus.

Berbelas-kasihanlah kiranya,

kabulkanlah doa kami, ya Yesus.

Dari segala kejahatan, ** bebaskanlah kami, ya Tuhan.

Dari segala godaan, **

Dari segala dosa, **

Dari tipu daya setan, **

Dari nafsu percabulan, **

Dari kematian kekal, **

Dari kelalaian akan nasihat-Mu, **

Berkat penjelmaan-Mu, *** selamatkanlah kami, ya Tuhan.

Berkat kelahiran-Mu, ***

Berkat masa muda-Mu, ***

Berkat segala karya-Mu, ***

Berkat segala sabda-Mu, ***

Berkat sengsara-Mu, ***

Berkat salib-Mu, ***

Berkat wafat dan pemakaman-Mu, ***

Berkat kebangkitan-Mu, ***

Berkat kenaikan-Mu ke surga, ***

Berkat kemuliaan-Mu, ***

Anakdomba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia, sayangilah kami.

Anakdomba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia, kabulkanlah doa kami.

Anakdomba Allah yang menghapus dosa-dosa dunia, kasihanilah kami.

Yesus, dengarkanlah dosa kami.

Yesus, kabulkanlah doa kami.

Marilah kita berdoa. (Hening)

Ya Allah, Bapa kami, Putera-Mu, Yesus Kristus telah bersabda: Mintalah maka kamu akan diberi, carilah maka kamu akan mendapat, dan ketuklah maka pintu akan dibukakan. Kami mohon, anugerahi lah kami cinta ilahi yang kami dambakan, agar kami mencintai Engkau dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi, dan dengan segenap kekuatan.

Ya Allah, buatlah kami selalu hormat dan cinta akan nama Yesus yang suci, karena Ia selalu membimbing orang-orang yang telah Kauikat dalam cinta kasih-Mu. Engkau takkan melepaskan dari pelukan cinta-Mu orang-orang yang mengakui Engkau dalam nama Putera-Mu. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

Sumber:

1. http://newtheologicalmovement.blogspot.com/2012/01/what-does-ihs-stand-for-meaning-of-holy.html

2. Doa Litani dari PUJI SYUKUR No. 208.

One comment

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: