Teks Pengunduran Diri Paus Benediktus XVI

pope-b16-3

Saudara-saudara terkasih, Saya mengadakan pertemuan denganmu dalam konsistori ini, tidak hanya bagi tiga kanonisasi, tapi juga untuk menyampaikan keputusan yang sangat penting bagi kehidupan Gereja. Setelah berulang kali memeriksa suara hati saya dihadapan Allah, saya tiba pada kepastian bahwa kekuatan saya, dikarenakan usia lanjut, tidak lagi pantas untuk menjalankan pelayanan Petrus yang memadai. Saya sangat menyadari bahwa pelayanan ini, dikarenakan hakekat rohaninya yang bersifat spiritual, harus dijalankan tidak hanya dengan perkataan dan perbuatan, tidak kurang juga dengan doa dan penderitaan. Namun, di dunia sekarang, yang tunduk pada banyak perubahan yang cepat dan digoncangkan oleh pertanyaan-pertanyaan yang erat berhubungan dengan kehidupan iman, untuk memerintah bahtera St. Petrus dan menyatakan Injil, kekuatan tubuh dan pikiran saya diperlukan, kekuatan yang dalam beberapa bulan terakhir, telah sangat menurun sampai saya harus menyadari ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan yang dipercayakan kepada saya secara memadai. Untuk alasan ini, dan menyadari keseriusan tindakan ini, dengan kebebasan penuh saya menyatakan bahwa saya meninggalkan  pelayanan saya sebagai Uskup Roma, Penerus Santo Petrus, yang dipercayakan kepada saya oleh para kardinal pada 19 April 2005, mulai tanggal 28 Februari 2013, pukul 20.00, tahta Roma, tahta St. Petrus, akan kosong dan akan diadakan konklaf untuk memilih paus yang baru yang akan dipanggil oleh mereka yang berkompeten dalam hal ini.

Saudara-saudara terkasih, saya dengan sangat tulus mengucapkan terima kasih kepadamu untuk semua cinta dan pekerjaan yang dengannya kamu telah mendukung saya dalam pelayanan saya dan saya meminta maaf atas semua kelemahan saya. Dan sekarang, mari kita mempercayakan Gereja yang kudus kepada pengawasan Gembala Tertinggi Kita, Tuhan Kita Yesus Kristus, dan memohon Bunda Kudusnya, Maria, agar ia membantu Bapa Kardinal dengan kasih keibuan, dalam memilih paus yang baru. Berkaitan dengan diri saya, saya berkeinginan untuk melayani Gereja Allah yang kudus dengan sangat setia di masa depan melalui kehidupan yang didedikasikan bagi doa.

Dari Vatikan, 10 Februari 2013

Benediktus PP XVI

(Sumber)

Tanggapan Lux Veritatis 7 : 

Kami sangat sedih mendengar berita ini, terutama karena Bapa Suci adalah Paus yang sangat mengutamakan pentingnya kesatuan Kristen, kesatuan ke dalam Gereja Katolik melalui masa kepausannya. Selain itu, beliau juga adalah seorang guru yang brilian, yang memberikan pengajaran yang luar biasa dalam berbagai katekesenya selama masa kepausannya. Beliau juga lah yang berinisiatif mengadakan tahun iman, tahun dimana kita perlu kembali memperdalam pengetahuan iman kita, yang telah dijaga dan diteruskan oleh Gereja Katolik yang kudus.

Mari kita berdoa bagi Bapa Suci dan menerima keputusan yang telah diambilnya ini.

Santo Petrus, doakanlah Bapa Suci Benediktus XVI

Santo Joseph, doakanlah Bapa Suci Benediktus XVI

Bunda Maria yang Kudus, doakanlah Bapa Suci Benediktus XVI dan seluruh Gereja.

update:

Video pengumuman pengunduran diri Paus (bhs latin)


3 komentar

  1. budhiardjo · · Balas

    ijin share di FB

  2. betty sagala · · Balas

    semoga itu merupakan keputusan terbaik dari Bapa Paus Benediktus XVI, kl merasa ga sanggup lagi jangan dipaksakan..

  3. Febrina Widihapsari · · Balas

    Reblogged this on Febrina Widihapsari.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: