Kisah Paus Benediktus XVI dan Paus St. Celestine V

Paus Benediktus XVI meletakkan pallium-nya diatas makam relikwi Paus St. Celestine V

Kembali pada 29 april 2009, Paus Benediktus XVI melakukan sesuatu yang mengejutkan, tapi tidak begitu di ketahui oleh banyak orang.

Ia berhenti di Aquila, Italia, dan mengunjungi makam Paus yang tak dikenal pada abad pertengahan yang bernama St. Celestine V (1215-1296). Setelah berdoa singkat, ia lalu meninggalkan palliumnya (!), sebuah simbol dari otoritas keuskupannya sebagai uskup Roma, diatas makam Celestine!

Lima bulan kemudian, pada 4 Juli 2010, Benediktus pergi keluar lagi, dan kali ini berkunjung dan berdoa di Katedral Sulmona, dekat Roma, didepan relikwi dari orang kudus yang sama, Celestine V.

Sangat sedikit orang yang memperhatikan hal ini.

Hanya sekarang, kita mengerti lebih baik apa maksud dari semua ini. Semua tindakan ini mungkin lebih dari sekedar tindakan kesalehan. Tapi lebih lagi, mereka merupakan simbol yang amat besar, yang bermaksud menyampaikan sebuah pesan.

Pada tahun 1294, Fr. Pietro Angelerio, dikenal sebagai imam yang berdedikasi dan kudus, terpilih menjadi Paus, sesuatu yang melawan kehendaknya, tidak lama sebelum ulang tahunnya yang ke 80 (Ratzinger berumur 78 tahun ketika ia terpilih menjadi Paus pada tahun 2005). Tepat lima bulan kemudian, setelah menerbitkan sebuah dekrit yang mengijinkan Paus untuk mengundurkan diri, Paus Celestine V mempraktekkan hak itu. Dan sekarang Paus Benediktus XVI telah memilih untuk mengikuti jejak pendahulunya.

sumber

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: