Pertanyaan tentang Keterlambatan dalam Misa : Masih Bolehkah Menyambut Komuni?

Dijawab oleh Michelle Arnold, Apologist dari Catholic Answers.

Pertama, mari kita membedakan dua pertanyaan :

  • Bisakah anda menerima Komuni kalau datang terlambat waktu misa?
  • Sampai bagian misa mana kedatangan sesorang berarti bahwa seseorang tidak memenuhi kewajiban Misa pada hari Minggu?

Sebelum Vatikan II, katekese yang umum diajarkan adalah bahwa seseorang harus hadir pada saat Persembahan, Konsekrasi dan Komuni, atau seseorang tidak memenuhi kewajiban menghadiri Misa dan diharuskan untuk menghadiri Misa di jam yang lain (NB : Setelah KV II, tidak ada aturan seperti ini). Sementara upaya yang baik yaitu untuk membuat umat datang tepat waktu dengan memberikan batas waktu keterlambatan, memiliki dua akibat yang tak terduga :

  • Mereka dengan suara hati yang bebas datang setelah awal Misa, dengan mengetahui bahwa selagi mereka tiba tepat waktu sebelum Persembahan maka tidak akan ada masalah. Meskipun aku seorang katolik konvert setelah Konsili Vatikan II, Aku diberitahu bahwa adalah hal yang biasa bagi orang-orang untuk masuk setelah Misa dimulai tapi sebelum Persembahan dimulai
  • Mereka dengan suara hati yang sensitif mengalami scruples (i.e. perasaan bersalah yang mendalam meskipun perbuatan yang dilakukan bukan dosa berat, bahkan sama sekali bukan dosa) yang mendalam dan percaya bahwa mereka berada dalam kondisi berdosa berat walaupun keterlambatan mereka dikarenakan sesuatu diluar kendali mereka (mobilnya mogok, kecelakaan yang menyebabkan kemacetan, dst)

Kedua kondisi ini tidak sehat, dan setelah Konsili Vatikan II bagian persembahan (yang sebelumnya menjadi batas keterlambatan) ditinggalkan. Alasan lain yang mendukung hal tersebut adalah elevasi liturgi sabda dan homily lebih penting dalam Misa.

Pada dasarnya, Gereja menginginkan kita untuk menghadiri Misa secara penuh dari awal sampai akhir (Kitab Hukum Kanonik 1248) :

§ 1 Perintah untuk ambil bagian dalam Misa dipenuhi oleh orang yang menghadiri Misa di manapun Misa itu dirayakan menurut ritus katolik, entah pada hari raya itu sendiri atau pada sore hari sebelumnya

§ 2 Jika tidak ada pelayan suci atau karena alasan berat lain tidak mungkin ambil bagian dalam perayaan Ekaristi, sangat dianjurkan agar kaum beriman ambil bagian dalam liturgi Sabda, jika hal itu ada di gereja paroki atau di tempat suci lain, yang dirayakan menurut ketentuan Uskup diosesan; atau hendaknya secara perorangan atau dalam keluarga atau jika mungkin beberapa keluarga bersama, meluangkan waktu untuk berdoa selama waktu yang pantas.

Bila ada alasan yang pantas untuk terlambat mengahadiri Misa, seseorang masih bisa memenuhi kewajiban Misa (dan bisa menerima Komuni), namun datang terlambat tidak boleh menjadi kebiasaan. Bila tidak ada alasan yang pantas, seseorang masih bisa memenuhi kewajiban Misa tapi fakta bahwa seseorang tidak memperlakukan Misa sebagai peristiwa yang serius dan suci yang kepadanya seseorang harus didorong untuk mempertimbangkan hal tersebut selama pemeriksaan batin. Jika hal tersebut tidak termasuk dosa berat karena kurangnya pengetahuan atau persetujuan bebas, seseorang masih bisa menerima Komuni. Karena tidak ada titik batas keterlambatan dalam Misa, godaan untuk datang sebelum Persembahan dan duduk dalam bangku Gereja ketika Persembahan dimulai harus disingkirkan.

Ketika mempertimbangkan pertanyan tersebut, kepedulian utama kita haruslah untuk penghadiran kembali Kurban Kristus di Kalvari. Mereka yang hadir hari itu dua ribu tahun yang lalu berkumpul disekeliling Tuhan mereka secepat yang mereka bisa dan tinggal dengan-Nya sepanjang penderaan-Nya, doa dan penderitaan-Nya juga. Dua ribu tahun kemudian, kita memberikan kepada Tuhan kita devosi yang tidak kurang daripada nenek moyang kita dalam iman yang diberikan-Nya.

Sumber.

Kesimpulan :

1. Datanglah tepat waktu, bahkan sebelum Misa dimulai dan persiapkan diri anda dengan baik (Bila anda berada dalam keadaan berdosa berat, anda boleh menghadiri Misa namun tidak boleh menyambut Komuni, anda harus mengaku dosa terlebih dahulu)

2. Bacalah artikel : APAKAH MENGABAIKAN MISA ITU DOSA BERAT?

3. Bila anda terlambat karena hal yang terjadi diluar kendali anda (misalnya mobil mogok, ada kecelakaan yang membuat jalan macet, dst) maka anda tetap boleh menghadiri Misa walau terlambat dan tetap bisa menyambut Komuni (Jangan lupa membaca artikel no 2). Namun bila anda merasa kurang mempersiapkan diri dan kurang pantas menyambut Tubuh Tuhan, tidak ada salahnya untuk menunggu jam Misa selanjutnya, atau datang terlambat namun tidak menerima Komuni.Ingat kewajiban menyambut Tubuh Tuhan hanya pada masa Paskah :

“Engkau harus sekurang-kurangnya menerima komuni kudus pada waktu Paska dan dalam bahaya maut” – Perintah ke-3 dari 5 Perintah Gereja

4. Tidak ada dokumen Gereja yang memberikan batas keterlambatan Misa. Namun sebaiknya kita harus selalu datang tepat waktu, bahkan sebelum Misa dimulai.

Dalam Misa, kita akan menyambut Tubuh dan Darah Kristus, Tuhan Kita. Jadi pastikan bahwa anda mempersiapkan diri dengan baik (puasa satu jam sebelum Misa, mengaku dosa dahulu bila dalam keadaan berdosa berat, datang lebih awal untuk berdoa, dst).

5. JANGAN menjadikan datang terlambat sebagai suatu kebiasaan.

About these ads

Tentang Cornelius

"The day will come, dear boy, when you must decide whether to die within the Church or outside the Church. I have decided to die within the Church." - Malcolm Muggeridge Lihat semua tulisan milik Cornelius

2 responses to “Pertanyaan tentang Keterlambatan dalam Misa : Masih Bolehkah Menyambut Komuni?

  • Neng Rimmania

    Dalam pandangan saya kedudukan Yesus Kristus dalam keyakinan kaum nasrani Masih kabur baik dalam sorotan sejarah maupun dalam sorotan akal. Sulit diterima…….

  • Skolastika Vera Susana Dewi

    makna dr Natal…dengan kelahiran Yesus kita umat manusia diselamatkan dr maut…berbahagialah orang yg percaya akan Yesus Kristus…Amin.

Pengunjung yang berkomentar bertanggung jawab atas tulisannya sendiri, semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengedit semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.389 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: