7 Tips Mempersiapkan Masa Prapaskah

Tidak lama lagi umat katolik akan memasuki masa prapaskah dan paskah, berikut ini 7 tips yang berguna bagi perkembangan kehidupan spiritual kita :

  1. Mulai melakukan pantang dan puasa. Berpantanglah terhadap hal-hal yang anda sukai (misal makan daging, bermain), serta jangan lupa untuk berpuasa (makan 1 X kenyang). Untuk lebih jelasnya silakan membaca artikel Beberapa Info Mendasar Mengenai Masa Prapaskah. Akan lebih baik bila anda berpantang dan berpuasa tidak hanya pada hari yang diwajibkan, tapi juga pada hari-hari biasa yang sifatnya tidak wajib.
  2. Bila memungkinkan, hadirilah Misa harian di paroki anda, dan habiskan waktu beberapa menit untuk berdoa di hadapan sakramen Maha Kudus.
  3. Tingkatkan frekuensi mengaku dosa anda, karena masa prapaskah juga merupakan masa untuk pertobatan dan memperbaharui diri.  Baca juga 20 Tips Mengaku Dosa oleh Romo John Zuhlsdorf dan Dosa dan Sakramen Tobat
  4. Jangan lupa untuk berdoa. Ada banyak doa yang bisa dilakukan : Rosario dengan menggunakan Peristiwa Sedih, Novena Kerahiman Ilahi, Mendoakan Mazmur Pertobatan (Mazmur 6, 31, 50, 101, 129 dan 142). Ajaklah istri, anak-anak, serta teman-teman anda untuk berdoa bersama.
  5. Jangan lupa untuk mengikuti devosi jalan salib di Gereja. Atau bila tidak sempat, anda bisa berdevosi jalan salib di rumah. Buku kecil yang berjudul Jalan Salib yang ditulis oleh St. Josemaria Escriva dapat membantu anda dalam berdevosi dan merenungkan jalan salib Kristus.
  6. Carilah buku-buku rohani katolik. Anda bisa membaca buku tentang kehidupan Santo/Santa, atau membaca buku Yesus dari Nazareth yang ditulis oleh Paus Benediktus XVI (bisa dicari di Gramedia dan didapat dengan harga 20 ribu), atau anda bisa meluangkan waktu 10 menit untuk membaca Kitab Suci.
  7. Berdermalah. Berikan sumbangan dalam bentuk uang, makanan, obat-obatan, dll kepada mereka yang membutuhkan.

“Semoga Masa Prapaskah bagi setiap umat kristen menjadi masa dimana pengalaman akan kasih Allah yang diberikan kepada kita dalam Kristus diperbaharui, kasih yang harus kita berikan kembali kepada sesama kita setiap hari, khususnya bagi mereka yang paling menderita dan membutuhkan kasih kita” – Paus Benediktus XVI

Selamat menyambut Masa Prapaskah :)

6 komentar

  1. himawan · · Balas

    semoga tuhan memberkati

  2. himawan · · Balas

    semgo roh kudus yang bekerja 1

  3. sangat membantu, ijin share ya utk dibagikan ke lingk sy..trims.

  4. Saya sangat senang dengan tips serta usul yang disajikan untuk persediaan semasa prapaska ini. Semoga kita semua bersama-sama berjalan dalam iman dan saling bantu membantu antara satu sama yang lain walaupun hanya dalam bentuk nasihat ianya cukup untuk membuka hati kita untuk tumbuh segar dalam rahmat cinta kasih Allah.

  5. \=D/˚˚°º(*)(*)τhαñk<3ϔσù(*)(*)º°˚˚\=D/ Tip utk Prapaskah, GBU.

  6. Hermanus · · Balas

    Trimakasih atas 7 Tips yang disampaikan dalam rangka menyambut padkah.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: