[Review] “Ekaristi: Roti Kehidupan Kekal” oleh Raffaello Martinelli

ekaristi-roti-kehidupan-kekalJudul: Ekaristi: Roti Kehidupan Kekal

Penulis: Raffaello Martinelli

Penerjemah: L. Benedictus Giuseppe Maria

Penerbit: Libreria Editrice Vaticana (edisi bahasa Indonesia diterbitkan oleh OBOR)

Imprimatur: Mgr. Mauro Parmeggiani (Sekretaris Jendral Vikariat Roma) dan RD Yohanes Subagyo (Vikjen Keuskupan Agung Jakarta)

Cetakan: 1 (Februari 2014)

Jumlah halaman: 266 halaman

Reviewer: Anne


Mungkin, sudah beberapa lama anda melihat buku ini nangkring di rak toko rohani. Mungkin, sampulnya yang lumayan mentereng ini menarik perhatian anda. Dan mungkin, seperti saya, anda kemudian sedikit ragu membelinya karena pada sampul tertulis: “untuk persiapan Komuni Pertama”.

Untuk persiapan Komuni Pertama? Oh buku untuk anak kecil… mungkin itulah yang muncul di pikiran kita. Saya pun awalnya demikian. Pikiran saya: iya, buku ini mungkin aja bagus, tapi apa iya sih seumur saya yang sudah bertahun-tahun terima Komuni ini masih perlu? Soalnya, sejujurnya saya belum pernah menemukan buku katekese Komuni Pertama yang teologi Ekaristi-nya cukup mendalam. Namanya juga katekese, jadi bukankah yang dasar-dasar saja?

Tapi kemudian saya pergi ke Toko Buku OBOR dan kebetulan di sana ada satu yang tidak dibungkus plastik. Jadilah saya membukanya, dan…

W-O-W.

Wow. Apa yang bisa saya komentari? Bukunya full colour, kertasnya tebal dan licin (wangi lagi!), ilustrasinya niat banget, dan gak kalah penting, KONTENNYA!!! Bapak-ibu dan saudara-saudari yang budiman dan budiwati, konten buku ini sama sekali gak bisa diremehkan!!! Saya saja sampai tercengang membacanya, karena ternyata banyak sekali seluk-beluk tentang Ekaristi yang belum saya ketahui!

Ya, bukunya Om Martinelli ini gak cuma bicara tentang bagaimana hosti dan anggur yang telah dikonsekrasikan berubah esensinya menjadi Tubuh dan Darah Kristus. Buku ini membicarakan, misalnya, pralambang Ekaristi dalam Perjanjian Lama, nama-nama lain dari Ekaristi dan alasannya, ciri-ciri Kurban Kristus (hayo tebak apa saja!), peran imam dan umat dalam Misa Kudus, bagaimana seluruh umat manusia diikutsertakan dalam Misa Kudus, bagian-bagian Doa Syukur Agung, devosi Ekaristi lain di luar Misa, dan masih banyak lagi!

Ada total 79 pertanyaan yang dikupas tuntas oleh buku ini, dan banyak dari pertanyaan tersebut yang mungkin kita malah gak pernah kepikiran (dan baru kelabakan begitu ditanya orang lain). Misalnya:

  1. Apa bedanya perjamuan makan biasa dan Perjamuan Ekaristi?

  2. Mengapa Ekaristi melampaui sakramen-sakramen lainnya?

  3. Mengapa Misa Kudus juga penting bagi mereka yang telah meninggal?

  4. Apa hubungan antara Misa Kudus dan Gereja?

  5. Bagaimana peran Tritunggal Mahakudus dalam Ekaristi?

….daaaann seterusnya. Dengan 79 pertanyaan dan 266 halaman, bisa anda bayangkan dong betapa komprehensifnya pembahasan dalam buku ini?

Buat yang penasaran bagaimana rupa ilustrasinya, berikut penampakannya:

ek_2

Mantap kan? Itu semua gambaran tangan lho! Hiks, saya sampai terharu-biru melihatnya. Bagi orang yang sangat visual seperti saya, buku semacam ini membuat segalanya menjadi lebih mudah diingat, dan yang sudah berhasil diingat menjadi semakin cemerlang di dalam memori.

Nah, gak ragu lagi kan untuk membeli buku Ekaristi ini? Bukunya Om Martinelli memang secara khusus ditujukan bagi calon-calon penerima Komuni Pertama, tapi kami di Perpus Katolik merekomendasikan buku ini buat SEMUA orang Katolik, baik yang belum Komuni Pertama maupun yang sudah Komuni selama 50 tahun, baik pengajar / katekis atau bukan pengajar. Kenapa? Karena seperti kata Santo Petrus: “Hendaklah selalu siap jawabanmu apabila kamu dituntut memberikan pertanggungjawaban mengenai pengharapan yang ada padamu.” (1 Petrus 3:15)

5 Rahib Unyu berbondong-bondong membeli dan membaca buku ini.

5rahib

 

 

 

 

Catatan:

Raffaello Martinelli adalah seorang imam diosesan dari Keuskupan Bergamo. Beliau mendapatkan gelar Doktor Teologi Kudus dengan spesialisasi dalam bidang kateketikal pastoral dari Universitas Lateran di Roma dan Laureat Pedagogi dari Universitas Katolik Milan. Sejak tahun 1980 sampai tahun 2009 melayani di Kongregasi untuk Doktrin Iman, di mana beliau bekerja selama lebih dari 23 tahun bersama Yang Mulia Joseph Kardinal Ratzinger (sebelum terpilih menjadi Sri Paus Benediktus XVI). Beliau memimpin usaha-usaha untuk mempersiapkan Katekismus Gereja Katolik dan juga terlibat sebagai editor dan koordinator sekretariat yang menggarap Kompendium Katekismus Gereja Katolik.

 

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: