[Review] “Ensiklopedi Orang Kudus: dari A sampai Z” oleh Adolf Heuken, SJ

ensiklopedi-orang-kudusJudul: Ensiklopedi Orang Kudus: dari A sampai Z

Penulis: Adolf Heuken, SJ

Penerbit: Yayasan Cipta Loka Caraka

Jumlah halaman: 356 halaman

Reviewer: Anne


Jujur saya ndak tahu buku ini sudah sampai cetakan keberapa, karena yang saya punya adalah kepunyaan mama saya yang dibeli sebelum saya lahir 24 tahun yang lalu. Malah saya lumayan terkaget-kaget waktu lihat buku ini ternyata masih dijual di tahun 2014 dengan sampul yang masih sama, dengan isi yang secara garis besar masih sama pula! Jadi karena buku ini tampaknya memang laris dan sudah menjadi semacam referensi klasik bagi umat Katolik di Indonesia, maka gak ada salahnya saya review.

Isi buku ini setia pada judulnya, “dari A sampai Z”. So, jangan berharap anda akan memperoleh biografi santo-santa yang mendalam. Gereja Katolik kita memiliki ribuan santo-santa yang sudah dikanonisasi (puluhan ribu bahkan mungkin ratusan ribu kalau menghitung beato dan venerabilis, dan jutaan lagi orang kudus yang tak dikenal), dan dengan buku berjumlah 356 halaman, maka bisa dipastikan bahwa: 1) entry santo-santa dalam buku ini pendek-pendek, dan 2) tetap saja tidak dapat memasukkan semua nama orang kudus. Which is a good thing, karena tentunya kita berharap ada jauh lebih banyak jiwa-jiwa di surga daripada yang secara resmi dikanonisasi oleh Gereja, bukan?

Nah, jadi seperti apa gambaran isi bukunya? Singkatnya, seperti buku daftar nama bayi. Dan memang cocok bagi pembaca yang ingin tahu nama-nama orang kudus “sekedar” sebagai nama permandian anak-anak.

Pertama, halamannya hitam-putih. Ilustrasi hanya ada 1-2 per halaman, dan bentuknya berupa line art sederhana yang ikonik.

Kedua, tiap santo dan santa digambarkan hanya dalam 3-4 baris, paling banyak sekitar 10-an baris untuk figur-figur yang terkenal seperti Santo Fransiskus dari Assisi. Tapi penulis tidak melupakan data-data seperti tanggal peringatan/pesta nama dan perannya sebagai pelindung sesuatu hal.

Kelebihan buku ini adalah ia menyajikan semacam ulasan singkat atas banyak orang kudus Gereja sekaligus. Buku ini memang menonjolkan teks yang padat dan informatif, bukan keindahan visual, meski yang terakhir ini juga tidak ditinggalkan sama sekali. Saya rasa Rm. Heuken menulis buku ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: “Santo-santa yang huruf depannya H siapa saja ya?”, atau “Nama baptis saya beneran ada ga ya di daftar orang kudus?”, atau “Ada ga ya variasi dari nama Bernadette?”

Kekurangan buku ini jelas: namanya juga ensiklopedi, maka jangan harapkan biografi. Ada risikonya, memang, yaitu ketika orang tua atau siapapun yang mencari nama orang kudus, mencarinya just for the sake of a name, tanpa lebih dahulu mengenali tiap figur lebih mendalam.

Saran dari saya nih, gak ada salahnya setelah kita mendapatkan beberapa kandidat nama dari ensiklopedi ini, kita lakukan sedikit riset dulu di buku referensi lain atau di dunia maya. Biar lebih afdol, gitu. Karena bisa saja satu hal atau satu peristiwa, misalnya ibu hamil, memiliki beberapa orang kudus pelindung, dan mungkin belum tentu semuanya cocok dengan devosi kita masing-masing. Lagipula, nama adalah doa. Menurut saya alangkah baiknya bila orang tua memberikan nama orang kudus yang sudah lebih dulu ia kenali dengan baik, jadi jika suatu hari ada yang bertanya, maka orang tua bisa memberikan makna dan kisah yang bagus di balik nama tersebut.

Buku ini direkomendasikan bagi mereka yang butuh referensi untuk nama baptis dan krisma anak-anak mereka, atau untuk mencari santo-santa pelindung keperluan khusus. Tidak ada salahnya agar setiap keluarga Katolik dan setiap perpustakaan Katolik menyimpan buku klasik ini. Tapi, bagi yang ingin mengetahui kisah santo-santa tertentu secara lebih mendalam, lebih baik carilah buku lain atau tanya Mbah Google :)

“Ensiklopedi Orang Kudus” saya beri rating 4 Rahib Unyu… dikurangi 1 rahib karena saya pribadi kurang sreg dengan isi dan desainnya yang buat saya terlalu simplistik.

4rahib

One comment

  1. […] Anne on WordPress. (July 27, 2014). [REVIEW] “ENSIKLOPEDI ORANG KUDUS: DARI A SAMPAI Z” OLEH ADOLF HEUKEN, SJ. […]

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: