[Review] “Opus Dei: Menguak Mitos dan Realitas Organisasi Paling Kontroversial dalam Gereja Katolik” oleh John L. Allen

opus-deiJudul: Opus Dei: Menguak Mitos dan Realitas Organisasi Paling Kontroversial dalam Gereja Katolik

Penulis: John L. Allen, Jr.

Penerjemah: Nurcholis & Muhammad Syukri

Penerbit: Alvabet

Cetakan: 3 (Februari 2009)

Jumlah halaman: 488 halaman

Reviewer: Cornelius


Buku ini tidak sengaja saya temukan saat sedang jalan-jalan di Gramedia. Kebetulan saya tidak menemukan buku-buku yang menurut saya bagus, maka setelah melihat buku ini, langsung saja saya membelinya. Memang sih, ini buku lama, dan review yang saya berikan sudah telat banget. Bahkan di toko buku rasanya sudah tidak tampak lagi keberadaan buku ini. Namun saya tetap merasa tertarik untuk memberikan sedikit komentar.

Oke, buku ini merupakan investigasi jurnalistik tentang Opus Dei, prelatur personal yang didirikan oleh St. Josemaria Escriva. Buku ini merupakan buku yang cukup lengkap membahas berbagai hal tentang Opus Dei, seperti apakah Opus Dei itu, seperti apa pendirinya, bagaimana sejarah berdirinya, bagaimana spiritualitas mereka, dan yang tidak kalah menarik adalah, buku ini juga memberikan jawaban terhadap mitos-mitos yang beredar mengenai Opus Dei, seperti:

  • Apakah Opus Dei merupakan sekte rahasia yang berbahaya?
  • Benarkah mereka menganggap wanita merupakan warga kelas dua?
  • Apakah mereka berusaha mengambil alih Gereja Katolik?
  • Benarkah anggotanya suka mencambuki diri sendiri?
  • dst

Citra Opus Dei menjadi semakin negatif sejak novel karangan Dan Brown, The Da Vinci Code, beredar luas dan menarik minat banyak orang. Nah, buku ini memberikan sebuah pandangan yang objektif dan lengkap tentang Opus Dei (tentunya ini merupakan keunggulan buku ini, namun buat saya pribadi, saya merasa agak lelah membacanya karena ulasannya yang cukup padat, sehingga ada bab dan bagian yang saya lewati karena kurang menarik buat saya). Ada banyak kutipan wawancara dari berbagai anggota Opus Dei, yang memberikan kita gambaran tentang spiritualitas mereka, bagaimana penerapannya secara nyata, serta tanggapan mereka terhadap mitos-mitos tersebut. Oh, dan sejauh pemahaman saya, saya tidak menemukan adanya kekeliruan berkaitan dengan kisah pendiri Opus Dei dan spiritualitas mereka, jadi saya rasa buku ini cukup aman dan memang sangat objektif.

Jadi, bagi mereka yang ingin berkenalan dengan Opus Dei, buku ini dapat menjadi sebuah pengantar yang cukup lengkap. Bagi yang ingin mendalami tentang Opus Dei, mereka bisa membaca beberapa buku Opus Dei seperti Jalan, Jalan Salib, dan biografi St. Josemaria Escriva: Seirama Langkah Tuhan. Karya St. Josemaria Escriva lainnya juga bisa diakses di websini ini: Opus Dei – writings of the founder

Meskipun demikian, ada tiga hal yang agak mengganggu saya.

Pertama, terjemahannya tidak begitu baik, ada beberapa kalimat yang kurang begitu enak dibaca. Walaupun tidak banyak, tetap saja itu mengganggu.

Kedua, ada beberapa kesalahan pengetikan.

Ketiga, ada istilah-istilah katolik yang diterjemahkan dengan tidak tepat dan tidak konsisten (yah bisa kita maklumi karena penerjemahnya bukan seorang katolik), sehingga terkesan aneh saat membacanya, seperti:

  • Konsili Vatikan II (Second Vatican Council), diterjemahkan sebagai Dewan Vatikan II
  • Kongregasi Ajaran Iman (Congregation for the Doctrine of Faith), ada yang diterjemahkan sebagai kongregasi untuk ajaran dan keyakinan, di halaman lain diterjemahkan sebagai kongregasi bagi ajaran.
  • Misteri Sukacita Rosario, atau peristiwa Gembira (Joyful Mystery of the Rosary), diterjemahkan sebagai misteri menyenangkan rosario
  • Sakramen Mahakudus (The Blessed Sacrament), diterjemahkan sebagai sakramen pemberkatan.
  • dst

Hmmm…setelah menimbang kelebihan, kekurangan, dan pengalaman saya membaca buku ini, maka saya berikan empat rahib unyu untuk buku ini.

4rahib

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

