St. Benediktus Untuk Pemula – ‘Ikutilah aturan kecil ini…’

Artikel ini adalah seri kedua dari St. Benediktus untuk pemula, ditulis oleh Romo Dwight Longenecker.

“Santo Benediktus dari Nursia” oleh Fra Angelico

“Siapapun dirimu maka, ikutilah aturan kecil ini yang ditulis untuk pemula”

Aturan biara St. Benediktus terkadang dianggap teksnya susah untuk dimengerti, untuk membawa spiritualitas elit ke puncak pencapaian mistik. Tentu saja ini tidak benar.

Aturan St. Benediktus adalah praktis, sangat sederhana dan mudah dimengerti menuntun kehidupan komunitas dan pertumbuhan spiritual.

Dalam paragraf terakhir St. Benediktus berkata bahwa ia telah menulis sebuah “aturan kecil untuk pemula.”  Aturan St. Benediktus adalah untuk pemula karena hal ini dimulai dari pertobatan hati, kemudian meletakkan dasar kehidupan Kristiani.

Tapi St. Benediktus kemungkinan mempunyai maksud yang lebih dari itu saat dia menyebut “aturan kecil untuk pemula”. Dalam beberapa hal, bahkan orang Kristiani yang paling berpengalaman pun masih tetap seorang pemula, karena mereka sadar mereka harus tetap terus belajar dan tumbuh. Tanda yang pasti dari kesombongan adalah percaya bahwa kita telah sampai, dan tidak ada hal lain lagi yang perlu dipelajari tentang misteri yang abadi.

Dengan menyebut aturannya “aturan kecil untuk pemula” St. Benediktus mengingatkan kita bahwa ‘jika kita tidak seperti anak kecil kita tidak dapat masuk kedalam kerajaan surga.’  Tidak peduli berapa umur kita, kita harus terus belajar, dan dipenuhi dengan rahmat itu dan bertanya-tanya tanda apakah yang benar-benar pribadi seperti anak kecil itu.

sumber

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: