Paus Yohanes XXIII: “Hanya Iman Katolik yang Benar”

John XXIII

“Beberapa orang memang tidak menyerang kebenaran dengan sengaja, tetapi bekerja tanpa mempedulikannya. Mereka bertindak seolah Allah memberikan kita kecerdasan untuk suatu tujuan yang lain daripada pengejaran dan pencapaian akan kebenaran. Tindakan yang keliru ini mengarah pada proposisi yang tidak masuk akal: sebuah agama sama baiknya dengan agama lain, karena tidak ada pembedaan di antara kebenaran dan kekeliruan.Sikap ini”, mengutip Paus Leo XIII kembali, “diarahkan kepada penghancuran semua agama, tetapi secara khusus kepada iman katolik, yang tidak bisa ditempatkan pada setara dengan agama lain tanpa ketidakadilan yang serius, karena hanya iman katolik yang benar.” Terlebih, beranggapan bahwa tidak ada yang dipilih antara hal-hal yang bertentangan dan diantara yang berlawanan  hanya dapat mengarah kepada kesimpulan fatal ini: keengganan untuk menerima agama apapun secara teori atau praktek.

Bagaimana bisa Allah, yang adalah kebenaran, menyetujui atau mentolerir sikap acuh, lalai, dan kemalasan mereka yang tidak menganggap penting hal-hal yang kepadanya keselamatan abadi kita bergantung, yang tidak menganggap penting pengejaran dan pencapaian akan kebenaran yang perlu, atau yang tidak menganggap penting persembahan penyembahan yang layak yang seharusnya diberikan kepada Allah saja?”

Yohanes XXIII

Ad Petri Cathedram, 17-18

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: