Saint Valentine’s Day

Mereka yang menghadiri Misa Latin tradisional dan mengikuti kalender 1962, hari ini merayakan peringatan Santo Valentine. (Kepada teman-teman Novus Ordo, jangan lupa hari ini untuk membelikan istri anda atau pacar anda kartu Santo Syrilius dan Santo Metodius serta bunga.)

Santo Valentine, yang menjadi martir sekitar tahun 269 dan dimakamkan di Via Flaminia di Roma, memiliki basilika yang dibangun  atas namanya, kurang dari 100 tahun setelah kematiannya. Santo Agustinus dari Hippo memberikan homili singkat pada [Misa peringatan] Santo Valentine (Sermo 44 de Sanctis), yang berfokus bukan pada cinta atau kasih, tapi pada kesabaran.

HOMILI SANTO AGUSTINUS, USKUP

SANTO VALENTINE, IMAM DAN MARTIR

Hari kemenangan Martir yang terberkati, Valentine, kembali kepada kita hari ini dalam setiap perayaan tahunannya. Sebagaimana Gereja bersukacita dalam kemuliaannya, maka dari itu Gereja juga menawarkan juga agar diikuti. Karena jika kita menderita bersama-sama, kita juga akan dimuliakan bersama-sama.

Dalam pergulatannya yang mulia dua hal yang harus dipertimbangkan, khususnya bagi kita, yaitu, kekejaman penyiksaan yang dia terima dan kesabaran yang tak terkalahkan dari Sang Martir: kebrutalan penyiksaan terhadap dirinya, yang kita cela; kesabaran dari Sang Martir, yang harus kita teladani.

Dengarkanlah Pemazmur yang berseru melawan kejahatan: “janganlah meniru mereka yang melakukan kejahatan, karena mereka cepat mengering seperti jerami.” Dengarkanlah Para Rasul yang menyarankan bahwa kesabaran harus diperpanjang kepada mereka yang melakukan kejahatan: “Kesabaran diperlukan bagi kita, agar kita dapat memperoleh janji [keselamatan].”

Sumber

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: