St. Benediktus Untuk Pemula: Dengarlah anakku…

Ini adalah seri pertama dari St. Benediktus untuk pemula, ditulis oleh Romo Dwight Longenecker.

“Santo Benediktus dari Nursia” oleh Fra Angelico

“Dengarlah anakku, kepada pedoman sang tuan dan ikuti dengan telinga hatimu”

Santo Benediktus mendirikan komunitasnya yang sederhana di abad ke enam. Dalam kekacauan runtuhnya Kerajaan Romawi, biara Benediktus adalah surga kedamaian, doa dan stabilitas. Untuk menolong saudaranya mengikuti jalan kebijaksanaan Tuhan, Benediktus menulis aturan pendek.

Aturannya masih dipakai sebagai dasar dokumen dari biara-biara Benediktin diseluruh dunia. Aturan Benediktus berdasarkan pada tiga kaul yaitu ketaatan, stabilitas dan pertobatan hidup.

Pada kata-kata pembukaan aturan Benediktus ini diletakkanlah dasar untuk berjalan di jalan spiritual. Untuk berkembang secara spiritual kita harus berhenti dan mendengar tidak saja dengan telinga kita, tapi juga dengan hati kita.

Bagi para rahibnya, Benediktus adalah ‘tuan’ atau guru, tapi tiap dari kita juga perlu mencari guru untuk berpaling. Dalam kehidupan spiritual kita, kita perlu berhenti dan mendengarkan suara Kristus yang cenderung kecil. Suara-Nya datang melalui Kitab Suci, melalui ajaran Gereja dan melalui kasih dari sesama didalam hidup kita.

Jika kita mengambil waktu untuk mendengarkan dan belajar pada tahap yang paling dalam dari keberadaan diri kita, maka seperti Santo Benediktus kita dapat membangun kehidupan yang stabil dan aman di tengah dunia yang kacau.

sumber

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: