Baptis

Kodrat dan Efek dari Baptis

1 Q. Apakah sakramen Baptis itu?
A. Baptis adalah sakramen dimana kita dilahirkan kembali dengan rahmat Allah, dan menjadi Kristiani.

2 Q. Apakah efek dari sakramen Baptis?
A. Sakramen Baptis menganugerahkan pertama-tama rahmat kekudusan dimana dosa asal dibersihkan, sama seperti dosa yang dilakukan sekarang jika hal tersebut ada; membebaskan semua hukuman dari dosa tersebut; membuat jejak karakter seorang Kristiani; menjadikan kita anak Allah, anggota Gereja, dan ahli waris Surga, dan memampukan kita untuk menerima sakramen-sakramen lainnya.

3 Q. Apakah unsur dari Baptisan?
A. Unsur dari Baptis adalah air alami dimana ia dituangkan ke kepala seseorang yang akan dibaptis dalam kuantitas tertentu serta mengalir.

4 Q. Apakah formula dari Baptisan?
A. Formula dari Baptisan adalah: “Saya membaptis kamu didalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”

Pelayan Baptis

5 Q. Siapakah yang memberikan Baptis?
A. Untuk memberikan Baptis adalah hak dari Uskup dan imam paroki, tapi didalam kasus penting setiap orang, apakah pria atau wanita, meskipun seorang bidat atau kafir, dapat melakukannya, asalkan ia melaksanakan ritus Baptis, dan mempunyai intensi untuk melakukannya seperti apa yang Gereja lakukan.

6 Q. Jika perlu untuk membaptis seseorang didalam bahaya maut, dan jika beberapa orang hadir, siapa yang harus melayani sakramen tersebut?
A. Jika perlu untuk membaptis seseorang didalam bahaya maut, dan jika beberapa orang hadir, seorang imam, jika ia ada saat itu, harus melayani Sakramen, dan jika ia tidak ada, satu dari klerus dibawahnya; dan jika tidak ada juga, seorang awam dalam pilihan bagi wanita, kecuali dalam kasus di mana keterampilan yang lebih besar pada bagian dari wanita, atau klaim kepatutan, harus meminta sebaliknya.

7 Q. Intensi apa yang harus dimiliki orang yang mau membaptis?
A. Seseorang yang akan membaptis harus memiliki intensi melakukan apa Gereja Kudus lakukan didalam membaptis.

Ritus Baptis dan Disposisi dari Orang Dewasa yang akan menerimanya

8 Q. Bagaimana Baptis diberikan?
A. Baptis diberikan dengan menuangkan air ke kepala orang yang akan dibaptis – dan jika tidak dapat dituangkan ke kepala, maka pada bagian tubuh lainnya – dengan mengatakan secara bersamaan: “Saya membaptis anda dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus.”

9 Q. Jika seseorang menuangkan air dan seseorang lain lagi mengucapkan kata-kata akankah orang tersebut dibaptis?
A. Jika orang tersebut menuangkan air dan seseorang lain lagi mengucapkan kata-kata maka orang tersebut tidak dibaptis; karena hal ini perlu bahwa orang yang menuangkan air harus mengucapkan kata-kata.

10 Q. Ketika dalam keragauan apakah orang tersebut meninggal, apakah tepat untuk melakukan pembaptisan kepadanya?
A. Jika Ketika didalam keraguan apakah orang tersebut sudah mati, ia harus di baptis dengan persyaratan, dengan berkata: “Jika anda masih hidup Saya baptis anda dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus.”

11 Q. Kapan bayi harus dibawa ke Gerja untuk di baptis?
A. Bayi harus dibawa ke Gereja untuk dibaptis sesegera mungkin.

12 Q. Kenapa begitu gelisah untuk bayi menerima Baptis?
A. Harus ada kegelisahan yang besar untuk bayi agar dibaptis karena, karena umur mereka yang rapuh, mereka terekspos begitu banyak bahaya dari kematian, dan tidak dapat diselamatkan tanpa Baptis.

13 Q. Apakah orang tua berdosa, yang karena kelalaiannya, membiarkan anaknya meninggal tanpa di Baptis atau siapa yang menundanya?
A. Iya, ayah dan ibu yang, karena kelalaiannya, membiarkan anak mereka meninggal tanpaa Baptis berdosa besar, karena mereka mencabut anak mereka kehidupan kekal; dan mereka juga berdosa besar karena menunda Baptis begitu lama, karena mereka mengekspos bayi kepada bahaya dari kematian tanpa menerimanya.

14 Q. Ketika seseorang yang dibaptis adalah dewasa, apakah disposisi yang harus dimiliki?
A. Seorang dewasa yang telah dibaptis, selain iman, harus mempunyai setidaknya penyesalan yang tidak sempurna bagi dosa besar yang telah ia lakukan

15 Q. Jika seorang dewasa dalam dosa besar ia dibaptis tanpa penyesalan seperti itu, apa yang akan ia terima?
A. Jika seorang dewasa dibaptis dalam keadaan dosa besar tanpa penyesalan ia menerima karakter dari Baptis, tapi tidak pengampunan dosanya atau rahmat kekudusan. Dan kedua efek ini akan di tunda, hingga halangan tersebut diangkat oleh penyesalan sempurna atau dengan sakramen Tobat.

Perlunya Baptisan dan Kewajiban dari yang di Baptis

16 Q. Apakah Baptis perlu untuk keselamatan?
A. Baptis sangat diperlukan untuk keselamatan, karena Tuhan kita telah menyatakannya kepada kita: “jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.”

17 Q. Dapatkah ketiadaan Baptisan dapat dipenuhi dalam cara yang lain?
A. Ketiadaan Baptisan dapat dipenuhi dengan mati sebagai martir, dimana di sebut Baptis Darah, atau dengan tindakan cinta yang penuh kepada Allah, atau atas penyesalan, bersamaan dengan keinginan, setidaknya secara implisit, dari Baptisan, dan ini disebut Baptisan Keinginan.

18 Q.Terhadap apa seseorang yang telah dibaptis terikat?
A. Seseorang yang telah dibaptis terikat untuk selalu mengakui iman dan menjalankan Hukum dari Yesus Kristus dan Gereja-Nya.

19 Q. Didalam menerima Baptisan kudus apa yang kita tinggalkan?
A. Didalam menerima Baptisan kudus kita meninggalkan, selamanya, iblis, pekerjaannya dan kesombongannya.

20 Q. Apakah artinya pekerjaan dan kesombongan dari iblis?
A. Dengan pekerjaan dan kesombongan dari iblis maksudnya adalah dosa dan kaidah dunia yang berlawanan terhadap kaidah dari Injil.

Nama dan Wali Baptis

21 Q. Kenapa nama orang kudus diberikan kepada mereka yang di baptis?
A. Kepadanya yang telah dibaptis diberikan sebuah nama orang kudus dalam rangka untuk meletakkan kepadanya perlindungan dari surga dan untuk menjiwainya untuk mengikutinya teladan orang kudus tersebut.

22 Q. Siapakah Bapak baptis dan ibu baptis didalam Baptisan?
A. Bapak Baptis dan ibu baptis didalam Baptisan adalah mereka yang, didalam menurut dekrit Gereja, memegang bayi, menjawab untuk mereka, dan menjadi jaminan didalam pandangan Allah untuk pendidikan Kristiani mereka, khususnya didalam ketiadaan orang tua.

23 Q. Apakah kita wajib untuk memegang janji dan menolak yang dibuat oleh wali kita?
A. Kita tentu saja wajib untuk mematuhi janji dan menolak yang dibuat bagi kita oleh wali kita, karena hanya dalam kondisi ini bahwa Allah telah menerima kita didalam rahmatNya.

24 Q. Orang seperti apa yang harus di[ilih sebagai bapak baptis dan ibu baptis?
A. Harus dipilih sebagai bapak baptis dan ibu baptis Katolik yang kehidupannya baik, dan taat kepada hukum-hukum Gereja.

25 Q. Apa kewajiban dari bapak baptis dan ibu baptis?
A. Bapak baptis dan ibu baptis terikat untuk melihat anak spiritual mereka diajarkan kebenaran iman, dan hidup sebagai Kristiani yang baik dan mereka harus mendidiknya dengan memberikan contoh teladan yang baik.

26 Q. Apa yang mengikat wali baptis didalam Baptisan?
A. Kontrak walibaptis sebuah hubungan spiritual dengan yang telah dibaptis dan dengan orang tua yang telah dibaptis, dimana menyebabkan halangan untuk menikah dengan orang ini.

2 komentar

  1. Halo romo, sy lg bingung mo baptisin bayi sy tp wkt mo ngisi form syaratnya hrs dlampirkan surat nikah ortu. Sy katolik yg mpunyai ank tp memilih utk tdk mnikah. Bgmn dgn ank sy? Mksh.

    1. Halo Sitta Prasidha,

      Sayang sekali tidak ada imam yang terlibat dalam pengelolaan situs ini. Dan sayangnya juga saya tidak bisa membantu, apa permasalahan Sitta sudah coba dibicarakan dengan romo paroki? Coba didiskusikan dulu saja. Semoga nanti baptisan anaknya bisa berjalan lancar ya.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: