Kalau saya bisa menjadi orang baik tanpa perlu menjadi katolik, untuk apa menjadi katolik?

Orang baik melakukan apa yang ia percayai sebagai hal yang benar dan baik. Anda bisa menjalani pola hidup sehat yang anda yakini sebagai hal yang baik, tapi hal tersebut akan sulit dijalani bila anda tidak mempunyai pengetahuan yang benar tentang pola hidup sehat. Untuk melakukan sesuatu yang baik, diperlukan pengetahuan yang benar.

Kebenaran dan kebaikan tidak terpisahkan. Kalau kita hanya ingin menjadi orang baik, ingin merasa baik terhadap diri kita ( ”feel good about ourself”), maka kita menomor duakan kebenaran. Kebaikan itu penting, tapi kebenaran juga penting. Mentalitas katolik adalah mentalitas both… and (…dan…) bukan either or (…atau…)

Anda hanya bisa menjadi orang katolik yang jujur bila anda meyakini bahwa semua ajaran iman katolik adalah benar. Orang katolik sejati bukanlah katolik kafetaria yang bisa memilih ajaran yang ia suka dan menolak ajaran yang ia tidak suka.

Kita akan memiliki kehidupan yang baik bila kita memiliki pengetahuan tentang makna “kehidupan baik” itu, dan pengetahuan itu kita peroleh dari wahyu ilahi, yang merupakan kebenaran yang berasal dari Allah. Allah menghendaki yang baik dan tidak pernah menghendaki yang jahat, maka wahyu Allah sudah pasti baik bagi manusia. Dari sinilah iman katolik berasal, dan hal ini memampukan kita untuk menjadi kudus, bukan sekedar menjadi baik saja.

2 komentar

  1. Thanks Om Cornelius atas sharingnya…bagi saya menjadi katolik adalah soal “to be or not to be” dalam hal hidup kekal setelah kematian. Saya tidak yakin akan adanya sistem kepercayaan lain yang bisa menjamin kehidupan kekal sebagaimana ditawarkan Tuhan Yesus melalui Gereja Katolik. Tidak ada agama, ideologi, cara hidup lain yang menjanjikan hidup kekal. Trims…

    1. Terima kasih atas sharingnya juga.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: