Simbolisme dalam Seni Katolik : Salib Terbalik

 

Salib Terbalik

 

Artikel berikut di copy/paste dari page Gereja Katolik, ditulis oleh Admin Deo Duce

Sahabat-sahabat GK yang terkasih.

Apa yang anda pikirkan saat melihat lambang salib terbalik?

Dalam era modern, salib terbalik kerap digunakan sebagai lambang Satanist (pengikut Gereja Setan), simbol pemberontakan, atau setidaknya untuk mengejek Kekristenan, yang umumnya berlambang salib tegak. Dulu juga pernah beredar foto Beato Paus Yohanes Paulus II yang sedang duduk di kursi dengan lambang salib terbalik. Mereka yang tidak mengerti kemudian menganggapnya sebagai bukti bahwa Sri Paus adalah Antikristus dan Gereja Katolik sebagai buah karya Setan. Ini membuat banyak orang Katolik kemudian bimbang.

Namun ternyata, salib terbalik memiliki makna yang sangat indah dan sangat Katolik, tanpa ada sedikitpun makna jahat di dalamnya!

Dalam tradisi Katolik, salib terbalik disebut juga Salib Santo Petrus. Ini karena, saat hendak dimartir di atas kayu salib, Santo Petrus Rasul menolak untuk disalibkan tegak, sebab ia merasa tidak pantas disamakan dengan Tuhannya. Petrus meminta untuk disalibkan terbalik sebagai bentuk kerendahhatian dan penghormatan kepada Kristus.

Selain itu, kita juga ingat bahwa Santo Petrus merupakan Paus pertama Gereja Allah. Maka tidaklah aneh jika beberapa kursi kepausan memiliki ukiran salib terbalik. Ukiran ini tidak lain dan tidak bukan hanya mau menandakan bahwa kursi tersebut adalah kursi Paus.

Tentunya, lambang salib terbalik sudah jarang kita temukan saat ini, sebab maknanya sudah banyak bergeser. Akan tetapi, harapannya adalah, bila anda berkesempatan mengunjungi gereja-gereja tua di mana di dalamnya terdapat lambang salib terbalik, anda tidak perlu lagi merasa bimbang, takut diejek non-Katolik, atau goyah imannya.

Sebab, MAKNA ASLI dari salib terbalik adalah SIKAP RENDAH HATI dan PENGHORMATAN terhadap Kristus yang tersalib.

==============================

-Deo Duce-

 

 

4 komentar

  1. Kekasih Allah · · Balas

    Wah baru tahu saya, selama ini saya kira itu adalah simbol penginaan kepada Tuhan seperti pada sebuah film horror yang saya tonton. Saya semakin bertambah keimanan setelah saya membaca poatingan ini… salam

  2. Tentuunya saya sebagai orang Katolik bisa untuk memakai aksesoris salib terbalik St. Petrus (Kalung, T shirt dll).. asalkan jika orang bertanya dan kita menjelaskan tentunya harus dijelaskan secara benar… Ia kan admin???? :)

    1. Bisa sekalipun itu tidak lazim. Sebaiknya gunakan aksesoris yang sudah biasa saja agar tidak menimbulkan kebingungan.

  3. Ireneus Bambang LS · · Balas

    Shalom.
    Terima kasih atas artikel yang cukup bagus.
    Mengenai lambang salib terbalik.
    Smoga berguna bagi kita orang Katilik.
    Tuhan Yesus memberkati. Bunda Maria Mendoakan.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: