Simbolisme dalam Seni Katolik : Semanggi Berdaun Tiga

 

 

Semanggi

Artikel berikut di copy/paste dari page Gereja Katolik, ditulis oleh Admin Deo Duce

 

Sahabat-sahabat GK yang terkasih.

Baru saja kita merayakan Hari Raya Tritunggal Mahakudus. Tahukah anda bagaimana konsep Allah Tritunggal ini disimbolkan dalam seni?

Salah satu simbol Tritunggal yang paling terkenal adalah semanggi berdaun tiga (clover, shamrock). Adalah Santo Patrick, seorang uskup Irlandia, yang pertama kali memperkenalkan daun semanggi sebagai simbol Allah Tritunggal. Dalam kepercayaan Celtic (budaya tradisional Irlandia yang masih menyembah dewa-dewi), daun semanggi sudah dianggap sebagai simbol suci yang melambangkan keabadian.

Konon, saat Kekristenan datang ke tanah ini, Santo Patrick menggunakan daun semanggi sebagai metode penginjilan terhadap kaum Celtic, yakni untuk mengajarkan mereka tentang konsep Trinitas: Tiga Pribadi dalam Satu Allah. Santo Patrick sangat mengerti bahwa Trinitas merupakan konsep yang sulit dipahami, terutama bagi para baptisan baru itu. Semanggi berdaun tiga dengan jelas dan sederhana menggambarkan konsep tersebut: satu tanaman dengan tiga daun yang tak terpisahkan.

Dalam arsitektur gereja, semanggi berdaun tiga sering kita lihat sebagai apa yang disebut “trefoil”, atau dalam bahasa Latin “trefolium”. Bentuk trefoil terutama digunakan sebagai jendela mozaik yang indah dan besar. Kadang-kadang bentuk trefoil juga dibuat bertumpuk dengan bentuk segitiga, simbol lain dari Allah Tritunggal. Berikut salah satu contoh jendela trefoil di dalam gereja.

==========================

-Deo Duce-

 

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: