Pasal Keduabelas dari Syahadat

1 T. Apa yang diajarkan kepada kita melalui pasal terakhir : Kehidupan kekal?
J. Pasal terakhir dari syahadat mengajarkan kita bahwa, setelah kehidupan yang sekarang ada kehidupan lain, bahagia secara kekal di surga bagi yang terpilih, atau menderita secara kekal bagi yang terkutuk di neraka.

2 T. Bisakah kita memahami kebahagiaan di surga?
J. Tidak, kita tidak bisa memahami kebahagiaan di surga, karena hal ini melampaui batasan pikiran kita yang terbatas, dan karena kebaikan di surga tidak bisa dibandingkan dengan kebaikan dari dunia ini.

3 T. Kebahagiaan dari mereka yang terpilih terdiri dari apa saja?
J. Kebahagiaan dari mereka yang terpilih terdiri dari melihat, mencintai, dan memiliki Allah selamanya, sumber segala kebaikan.

4 T. Penderitaan yang terkutuk terdiri dari apa saja?
J. Penderitaan mereka yang terkutuk terdiri dari selamanya kekurangan pandangan akan Allah dan dihukum dengan siksaan kekal di neraka

5 T. Apakah kebahagiaan di surga dan penderitaan di neraka hanya untuk jiwa saja?
J. Kebahagiaan di surga dan penderitaan di neraka mempengaruhi jiwa saja, karena hanya jiwa yang berada di surga atau neraka; tapi setelah kebangkitan badan, manusia dalam kepenuhan kodratnya, yaitu dalam tubuh dan jiwa, akan selamanya berbahagia atau menderita

6 T. Akankah kebahagiaan surga dan penderitaan di neraka sama bagi semua manusia?
J. Kebahagiaan di surga bagi mereka yang terberkati, dan penderitaan di neraka bagi yang terkutuk, akan sama dalam substansi dari durasi yang kekal, tapi dalam derajat akan ada yang lebih besar dan lebih kecil tergantung pada jasa atau kesalahan mereka.

7 T. Apa yang dimaksud dengan kata amin di akhir syahadat?
J. Kata amin pada akhir doa berarti terjadilah; di akhir syahadat kata tersebut berarti “Aku percaya bahwa semua hal yang terkandung di dalam dua belas pasal syahadat adalah yang paling benar, dan aku lebih yakin tentang mereka daripada bila aku melihatnya dengan mataku”

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: