20 Cara Bagi Pria Muda Menjadi Pria Sejati

1. Katakan humor yang keren, lucu, bukan jenis humor yang membuat wanita menjadi tersipu malu – atau melukai perasaannya!

2. Temukan santo-santo yang ceritanya sama denganmu dan minta mereka untuk berdoa bagimu disaat anda meneladani kebajikan mereka. Beberapa pria sejati yang menakjubkan termasuk didalamnya yaitu St. Yusuf, St Agustinus, St. Maximilian Kolbe, Beato Giorgio Frassati, dan St. Josemaria Escriva.

3. Tetap jaga standard yang tinggi; hanya berpacaran dengan wanita yang mempunyai kualitas yang anda inginkan sebagai istri di masa depan dan ibu dari anak-anakmu. Berdoalah bagi pasanganmu, agar ia memiliki cinta dan kekuatan untuk menyimpan karunia keintiman seksual bagimu, dan berdoalah bahwa anda memiliki kekuatan itu juga!

4. Bacalah Kitab Suci – terbukalah terhadap Firman Allah. Biarkan Firman Allah meyakinkanmu untuk secara berani melakukan hal yang sukar dan hal yang kudus.

5. Hormati wanita, bahkan kepada orang yang tidak menghormati dirinya sendiri dan bisa saja memberikan dirinya kepada anda. Jangan mengambil keuntungan dari mereka tapi bantulah mereka untuk mengetahui diri mereka sendiri yang sangat berharga. Wanita-wanita seperti ini mempunyai lubang di hatinya dan mereka mencari sesuatu untuk menutupinya – tunjukkan kepada mereka satu-satunya Pribadi yang bisa mengisinya, Yesus Kristus.

6. Jadilah orang yang mempunyai integritas. Lakukan segala sesuatu seolah-olah dirimu sedang diawasi, karena Allah melihat. Persiapkan dari sekarang untuk suatu saat memimpin sebuah keluarga. Bekerja keraslah untuk mempersiapkan dirimu untuk menyediakan dan melindungi mereka, tidak saja secara finansial dan fisik, tapi juga secara spiritualitas, moral dan emosi.

7. Jadilah kedua-duanya, kuat dan lembut. St Fransiskus dari Sales mengatakan bahwa “tidak ada yang begitu kuat seperti kelembutan dan tidak ada yang begitu lembut seperti kekuatan yang sesungguhnya.” Dan bungkuslah pikiran anda dengan kutipan ini oleh seorang Psikoterapis Katolik Kontemporer, Philip Mango: “Apa itu pria sejati? Ia bukanlah orang yang menggangu orang lemah atau pengecut. Ia melebihi egonya sendiri, ketakutannya sendiri, keegoisannya sendiri, dan mengorbankan dirinya sendiri sebagai hadiah kepada mereka yang terpanggil untuk dilindungi olehnya.”

8. Ucapkan doa ketika anda melihat seorang wanita berpakaian yang tidak pantas (demi wanita itu sendiri). Beato Paus Yohanes Paulus II mengatakan, “Allah telah menugaskan sebuah tugas bagi setiap pria [melindungi] martabat setiap wanita.”

9. Ucapkan doa ketika anda melihat seorang wanita berpakaian tidak pantas (demi kemurnian anda sendiri). Gunakan kesempatan ini, ketika setan ingin menarikmu jauh dari Yesus, untuk lebih dekat lagi kepada Allah.

10. Hormati ibumu dan saudara perempuanmu. Wanita yang pintar tahu bahwa caramu memperlakukan ibumu adalah caramu memperlakukan dia suatu hari nanti.

11. Temukan cara yang kreatif untuk mengekspresikan (kemurnian & kesucian) perasaan kepada wanita yang kau sukai atau pacari. Tunjukkan kepadanya bahwa anda bisa mencintai dia tanpa memanfaatkan dia dan bahwa dia itu cantik, baik luar maupun dalam.

12. Temukan seorang pria yang baik untuk ditiru; dapatkan nasehat dari pria yang saleh ini.

13. Terbukalah terhadap panggilan untuk menjadi imam.

14. Tunjukkan dengan santun rasa hormat kepada semua wanita, bukan saja terhadap wanita yang anda pacari. Apalah artinya jika anda menahan pintu untuk pacarmu, lalu pintu dibiarkan tertutup tepat di depan muka wanita yang sedang berjalan di belakang kekasihmu?

15. Percayalah pada kerahiman Allah. Ketika anda jatuh, pergilah ke kamar pengakuan. Terimalah kekuatan dari Kristus yang benar-benar hadir didalam Ekaristi. Beato Pier Giorgio Frassati mengatakan, “dengan semua kekuatan dari jiwaku, saya anjurkan kepada anda, orang-orang muda, untuk mendekati meja Komuni sesering mungkin. Makanlah roti surgawi ini, yang darinya anda akan menarik semua energi yang anda perlukan untuk memerangi diri sendiri. Karena kebahagiaan sejati, temanku terkasih, tidak terkandung didalam kesenangan duniawi atau benda-benda duniawi, tapi didalam hati nurani yang damai, yang hanya bisa kita miliki bila kita memiliki hati dan pikiran yang murni”

16. Jangan menetap dalam kepalsuan seperti pornografi atau masturbasi (faktanya, hindari mereka seperti penyakit wabah) jika anda ingin suatu hari menikmati menakjubkan-nya karunia seks yang sesungguhnya, seperti yang Allah niatkan.

17. Jagalah indra anda dari cobaan, dan selalu siap untuk memilih jalan Allah, apapun harga yang harus dibayar. Pikiran adalah tempat peperangan yang begitu berbahaya, jadi “semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (Flp 4:8)

18. Mengakui Maria sebagai ibumu dan mengucapkan doa untuk meng-konsekrasi-kan hatimu kepadanya. Doanya kepadamu akanlah sangat kuat dalam membantumu lebih dekat lagi kepada Putranya.

19. Berikan hidupmu dalam hal-hal kecil; latihan membuat pengorbanan kecil dengan meletakkan kebutuhan orang lain terlebih dahulu daripada kebutuhan dirimu sendiri.

20. Buatlah Yesus Kristus sebagai teman terbaikmu dan panutan yang terbaik. J.R.R. Tolkien, didalam surat kepada anaknya, menuliskan, “Diluar gelapnya kehidupanku, begitu banyak rasa frustasi, aku letakkan didepanmu satu-satunya hal yang paling besar untuk di cintai di bumi ini: Sakramen Mahakudus….disana engkau akan menemukan percintaan, kemuliaan, kehormatan, kesetiaan, dan jalan yang benar terhadap semua cintamu di bumi…yang diinginkan oleh hati setiap manusia”

Semoga dengan 20 saran ini semua pria muda dimanapun anda berada akan memiliki kekuatan, keberanian dan kasih untuk lebih dan lebih lagi menjadi seperti Kristus.

sumber

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: