12 Tips Berdoa Rosario Setiap Hari Bersama Keluarga

Anda bingung bagaimana memulai Rosario di keluarga anda? Bagaimana mengajak anak-anak kecil untuk berdoa Rosario setiap hari? Bagaimana mereka bisa bertahan selama 15 menit? Bagaimana mungkin?
Dibawah ini adalah 12 tips bagaimana memulai beroda Rosario keluarga setiap hari, yang saya ambil dan saya terjemahkan dari blog Dr. Taylor Marshall:

1. Berdoa dengan cara bergiliran (sang ayah mendoakan setengah dibagian pertama Bapa Kami dan semua anggota keluarga meneruskan mendoakan bagian kedua doa Bapa Kami, sama juga dengan Salam Maria dan Kemuliaaan).

2. Berdoa Rosario setelah makan malam tapi tepat sebelum tidur – yang berarti pekerjaan rumah perlu untuk diselesaikan sebelum makan malam. Pekerjaan rumah membunuh Rosario jika anda tidak menyelesaikannya. Anda juga perlu untuk mengucapkan selamat tinggal untuk menonton televisi, karena pada saat itu berdoa bersama dengan keluarga adalah waktu yang tepat.

3. Berdoa Rosario selalu pada tempat yang sama dan jam yang sama. Devosi menjadi kuat bahkan tidak terkalahkan dengan kebiasaan yang konstan.

4. Berdoa Rosario di dalam ruangan khusus dan membuat altar kecil dengan Alkitab diatasnya, lilin, patung atau gambar, air suci, atau relikwi.

5. Redupkan lampu dan hidupkan lilin ketika anda mulai. Jika anda membiarkan si kecil menghidupkan lilin, mereka akan sangat menyukainya sekali. Anak-anak menyukai api. Buatlah hal ini menjadi “waktu yang spesial” yang berbeda dengan hari-hari biasanya. Kita dapat juga membakar dupa di altar kecil kita pada pesta peringatan.

6. Atau memulai dengan hymne atau bacaan Injil untuk mempersiapkan diri sebelum Rosario.

7. Sang Ayah yang memberikan contoh. Direkomendasikan sang Ayah untuk berlutut selama membaca Rosario. Hal ini penting untuk dikomunikasikan dan demi kehikmatan Rosario. Anak-anak selalu melekatkan hal-hal yang penting yang biasa sang Ayah lakukan, misalnya memotong rumput halaman, pergi kerja, mengendarai “mobil ayah”, dll

8. Buatlah aturan bahwa anak yang berdoa semua tanggapan dan mau menjadi sukarelawan untuk memimpin misteri (10 butir) mendapatkan 10 menit lebih lama untuk tetap terjaga hingga larut lebih dari semua orang – ini berarti mereka bisa menonton atau membaca buku. Hal ini merupakan tips yang penting karena anak dibawah umur 7 atau 8 tahun perlu rangsangan seperti ini. Jika anda mengatakan kepada anak yang berusia 6 tahun, “berdoalah Rosario maka kamu akan mendapatkan rahmat dan kekudusan” mereka biasanya tidak mengerti ini. Tapi jika anda berkata, “Berdoalah Rosario maka kamu akan mendapatkan bonus untuk terjaga hingga larut untuk membaca buku bersama saya”, biasanya mereka akan berlutut dan berdoa seperti malaikat.

9. Mereka yang tetap terjaga hingga larut pada penutupan doa harus meniup lilin. Hal ini memberikan rangsangan untuk berdoa khususnya bagi anak yang paling muda. Untuk satu alasan, meniup lilin merupakan hal yang sangat mengasikan bagi anak kecil (anak kecil menyukai api!). Anda akan terkejut bagaimana anak yang berumur 4 tahun akan berusaha tetap terjaga hanya untuk meniup lilin atau mematikan dupa.

10. Akhiri dengan memanggil semua Santa atau Santo pelindung (nama anak anda, nama krisma, dan pelindung lainnya). Contoh “St. Thomas, doakanlah kami; St. Anna, doakanlah kami”. Selalu selesaikan dengan St. Yoseph dan kemudian Bunda Maria Bunda Allah. Kemudian ucapkanlah “Hati Kudus Yesus, kasihanilah kami” sebanyak tiga kali. Jika anda ingin memperoleh indulgensi penuh, pastikan untuk berdoa Bapa Kami dan Salam Maria untuk Paus.

11. Jika Rosario bersama keluarga ini baru bagi anda, mulailah dengan satu dekade selama satu minggu. Kemudian tiga dekade selama satu minggu. Kemudian 5 dekade pada minggu ketiga. Kemudian jangan pernah berhenti.

12. Setelah Rosario berasama keluarga ini dibuat di rumah anda, buatlah masing-masing anak mengucapkan misteri rosario dan berdoa seluruh dekade. Hal ini akan membuat mereka percaya diri dalam berdoa dan membuat menjadi alami. Plus, mereka akan mengingat semua misteri dari Rosario, yang berarti mereka akan mengingat catatan kehidupan, kematian dan kemuliaan Kristus di Alkitab! Inilah kenapa Rosario disebut “Alkitab didalam butiran-butiran”

Jika anda melakukan ini, maka anda akan menghasilkan seorang santo/ santa di masa depan. Jika anda adalah pembaca dewasa dan anak anda sedang tumbuh dewasa, dimohon untuk berdoa bagi semua orang tua muda agar mereka dapat tekun berdoa Rosario. Hal ini tidaklah mudah pada awalnya dan kita orang tua baru, perlu pertolongan dari semua yang bisa kita dapatkan!

ad Jesum per Mariam

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. (Amsal 22:6)

8 komentar

  1. Says sunggu senang membacanya, karna dapat memeberi inspirasi baru tentang APA yang says imani selama INI Sudan be nar Dan tepat, terpujilah nama Than Jesus

  2. Saya mai bertanya
    Apakah boleh berdoa rosario 10 perhari?

    Mohon bantuannya
    Trims

    1. Hai Sonia,

      Kalau boleh tahu, apa alasannya berdoa 10 salam Maria per hari (benar tidak maksudnya begitu?, atau berdoa rosario sebanyak 10 kali dalam sehari? Apa yang mendasari hal ini? Mungkin kalau dijelaskan, saya baru bisa memberikan jawaban yang lebih baik.

  3. Fina Mustika · · Balas

    blognya bagus saya tertarik belajar iman katolik. saya merasa menjadi lebih mengenal Yesus Kristus dan IbuNya dari katolik :D

    1. Shalom Fina Mustika,

      Terima kasih, tetap belajar ya :D

  4. Boleh ga saya cetak kemudian di sebarkan di komunitas Gereja St.Fransiskus Asisi Berastagi..?tentu credit untuk “https://luxveritatis7.wordpress.com” nanti dicantumkan, karena tips berdoa rosario bersama keluarga sangat bermanfaat bagi saya..dan pasti bagi orang lain juga :)

    1. Tentu saja boleh, silahkan disebarkan. Semoga bermanfaat bagi komunitasnya.

      Salam,
      Andreas

  5. rina martuti · · Balas

    sangat bermanfaat …..
    slalu ada jalan spy keluarga menjadi keluarga katolik

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: