Pasal Kedua dari Syahadat

1 T.  Apa yang diajarkan kepada kita dalam artikel kedua : dan dalam Yesus Kristus Putranya yang tunggal, Tuhan kita?
J. Artikel kedua Kredo mengajarkan kita bahwa Putra Allah adalah Pribadi Kedua Tritunggal Kudus; bahwa seperti Bapa, Ia adalah Allah yang kekal, mahakuasa, Pencipta dan Tuhan; bahwa Ia menjadi manusia untuk menyelamatkan kita dan bahwa Putra Allah, menjadi manusia, disebut Yesus Kristus.

2 T. Mengapa Pribadi Kedua disebut Putra?
J.  Pribadi Kedua disebut Putra, karena Ia lahir dari Bapa dari kekekalan melalui inteligensi, dan untuk alasan ini Ia juga disebut Sabda Bapa yang kekal.

3 T. Karena kita juga adalah putra-putra Allah, mengapa Yesus Kristus disebut Putra Bapa yang tunggal?
J. Yesus Kristus disebut Putra Bapa yang tunggal, karena Ia sendiri adalah Putra Bapa oleh kodrat, sementara kita adalah putra Bapa melalui ciptaan dan adopsi

4 T.  Mengapa Yesus Kristus disebut Tuhan kita?
J. Yesus Kristus disebut Tuhan kita, karena, tidak hanya Ia sebagai Allah, bersama Bapa dan Roh Kudus, menciptakan kita; tapi ia juga sebagai Allah dan manusia menebus kita.

5 T. Mengapa Putra Allah, menjadi manusia, disebut Yesus?
J. Putra Allah, menjadi manusia, disebut Yesus, yaitu, Penyelamat, karena Ia telah menyelamatkan kita dari kematian kekal yang diperoleh melalui dosa-dosa kita.

6 TSiapa yang memberi nama Yesus kepada Putra Allah, yang menjadi manusia?
J. Bapa yang kekal sendirilah, melalui malaikat Gabriel, memberi nama Yesus kepada Putra Allah yang menjadi manusia, pada saat ketika malaikat agung memberi kabar kepada Perawan Maria tentang misteri Inkarnasi.

7 T.  Mengapa Putra Allah yang menjadi manusia juga disebut Kristus?
J. Putra Allah yang menjadi manusia juga disebut Kristus, yang artinya, yang diurapi atau dikonsekrasi, karena raja-raja, imam-imam, dan para nabi diurapi; dan Yesus adalah Raja segala raja, Imam Agung, dan Nabi Tertinggi.

8 TApakah Yesus Kristus sungguh diurapi dan dikonsekrasi dengan pengurapan material?
J. Pengurapan Yesus Kristus bukan pengurapan material seperti pengurapan para raja, imam dan nabi perjanjian Lama, tapi secara menyeluruh merupakan pengurapan spiritual dan ilahi, karena kepenuhan keilahian berdiam di dalam-Nya secara substansial.

9 TApakah manusia memiliki gagasan tentang Yesus Kristus sebelum kedatangan-Nya?
J. Ya, sebelum kedatangan-Nya manusia memiliki suatu gagasan tentang Yesus Krisus dalam janji tentang Mesias, yang Allah buat bagi orang tua pertama kita, Adam dan Hawa, dan yang Ia perbaharui kepada patriak-patriak kudus; dan juga di dalam nubuat dan banyak figur yang menandakan tentang Ia.

10 T. Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa Yesus Kristus sungguh Mesias dan Penebus yang dijanjikan?
J. Kita mengetahui bahwa Yesus Kristus sungguh Mesias dan Penebus yang dijanjikan dari fakta bahwa di dalam Ia, dibuktikan : (1) semua nubuat yang diucapkan, (2) dan semua figur Perjanjian Lama yang menandakan tentang Ia.

11 T. Apa yang dikatakan para nabi tentang Sang Penebus?
J. Mengenai Sang Penebus, para nabi meramalkan suku dan keluarga darimana Ia akan datang; tempat dan waktu kelahiran-Nya; mukjizat-Nya dan situasi penderitaan dan kematian-Nya; Kebangkitan dan Kenaikan-Nya ke surga, dan kerajaan universal, abadi, spiritual-Nya, yaitu, Gereja Katolik yang Kudus.

12 T. Siapakah figur utama dari Sang Penebus di Perjanjian Lama?
J. Figur utama dari Sang Penebus di Perjanjian Lama adalah : Habel yang tak berdosa, Imam Agung Melkisedek, Pengorbanan Isak, Yosep yang dijual saudaranya; Nabi Yunus, Anak Domba Paskah, dan Ular Perunggu yang ditetapkan Musa di padang pasir

13 T. Bagaimana anda tahu bahwa Yesus Kristus sungguh Allah?
J. Kita tahu bahwa Yesus Kristus sungguh Allah : (1) Dari kesaksian Bapa yang berkata : Inilah Putra-Ku yang kukasihi, kepada-Nya lah aku berkenan, dengarkanlah Dia(2)Dari penegasan Yesus Kristus sendiri, yang dikonfirmasi oleh mukjizat-mukjizat yang luar biasa(3) Dari pengajaran Para Rasul (4) Dari tradisi Gereja Katolik yang tidak berbeda

14 T. Sebutkan mukjizat-mukjizat utama yang dilakukan Yesus Kristus
J.  Selain Kebangkitan-Nya, mukjizat utama yang dilakukan Yesus Kristus adalah memulihkan kesehatan orang sakit, memulihkan penglihatan orang buta, orang tuli menjadi bisa mendengar, dan memulihkan kehidupan dari orang mati.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: