Manusia yang Berpaling Kepada Allah – St. Augustinus

1. Mencintai dan mencari Allah

Mencintai Allah, apakah itu?

VI.8 Tidak dengan bimbang, tetapi dengan penuh keyakinan

hati nuraniku mencintai-Mu, ya Tuhan.

Telah Kau ketuk hatiku dengan firman-Mu

dan mulailah aku mencintai-Mu.

Tetapi lihatlah, baik langit maupun bumi

serta segala yang ada di dalamnya,

dari segala penjuru berkata kepadaku supaya aku mencintai-Mu.

Tak henti-hentinya mereka mengatakan kepadaku supaya aku mencintaimu

Bagaimana menemukan Allah ? Dengan melampaui jagat raya

9. Nah, apakah itu? Aku telah menanyai bumi. Jawabnya,”Bukan aku”. Juga segala sesuatu yang terdapat didalamnya mengaku hal yang sama. Aku telah menanyai laut, jurang-jurang, makhluk hidup yang melata. Jawabnya,”Kami bukan Allahmu; carilah di atas kami”. Aku telah menanyai angin yang berhembus. Seluruh ruang angkasa berkata bersama seluruh isinya,”Anaximenes keliru: aku bukan Allah”. Aku telah menanyai langit, matahari, bulan, bintang.”Kami pun bukan Allah yang kau cari”,katanya.

Aku telah berkata pula kepada semua makhluk yang mengelilingi pintu-pintu tubuhku, “Katakan kepadaku mengenai Allahku, kalau memang kalian bukan Allahku, katakan kepadaku sesuatu tentang Dia”. Mereka lalu berseru dengan suara perkasa,”Dialah yang telah menjadikan kami”. Pertanyaan-pertanyaanku terkandung dalam pengamatanku yang cermat dan jawaban mereka terkandung dalam rupa mereka yang indah

(Dikutip dari Pengakuan-Pengakuan, Kitab Kesepuluh : Keadaan Jiwa Augustinus Sekarang)

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

