Bunda Maria Penolong Abadi

Novena Kepada Bunda Maria Penolong Abadi
St. Alfonsus Maria deLiguori.

Gambar ini adalah gambar ajaib Santa Perawan Maria Penolong Abadi. Semua huruf yang tertera dalam gambar ini adalah huruf Yunani dan semua kata disingkatkan. Keterangan dari gambar ini adalah sebagai berikut:

1.Di sebelah kiri dan kanan mahkota Maria tertera Matertheou, yaitu Bunda Allah.
2.Malaikat di sebelah kiri adalah O Archanggelos Michael, yaitu Malaikat Agung Mikhael. Ia di gambarkan memegang tombak dan lembing serta bejana beris cuka dan empedu.
3.Malaikat di sebelah kanan adalah O Archanggelos Gabriel. yaitu Malaikat Agung Gabriel. Ia memegang salib dan paku-paku.
4.Bunda Maria sedang memangku Iesous Kristos, yaitu Yesus Kristus ketika masih kanak-kanak.

Gambar Bunda Maria ini mengandung makna dan nilai teologis yang sangat dalam. Gambar ini bukan hanya mempersatukan Maria dengan Kanak-kanak Yesus, tetapi juga dengan karya keselamatan yang dilaksanakan Yesus dalam wafat-Nya

Pada Bunda Maria, Kanak-kanak Yesus mendapatkan perlindungan, dengan menggendong dan memegang tangan-Nya; tetapi Bunda Maria tidak memandang-Nya, melainkan memandang orang (kita sendiri) yang berdoa di depan gambar ini.

Jadi gambar ini mengungkapkan 3 peristiwa:
1. Peristiwa gembira, Maria mendapat kabar gembira dari Malaikat Gabriel
2. Peristiwa sedih, Yesus yang menderita sengsara dan wafat di kayu salib.
3. Peristiwa mulia, Yesus dan Maria naik ke surga dan di muliakan di surga dengan mahkota di atas kepala Bunda Maria dan Kanak-kanak Yesus.

Gambar ini di lukis oleh seorang seniman dari Eropa Timur dan umurnya sekitar 500tahun. Asal gambar ini dari Pulau Kreta kemudian dibawa ke Roma. Santa Maria dalam suatu penglihatan minta supaya gambar ini diberi tempat di suatu gereja di pusat kota. Gambar in diberinya nama BUNDA KITA PENOLONG ABADI. (Our Mother of Perpetual Help)

Pada tahun 1798, waktu peperangan di zaman Napoleon, gereja tempat pentakhtaan gambar ini musnah, tetapi gambar ini selamat dan ditemukan setelah 70 tahun tersembunyi di antara reruntuhan  gereja. Paus memberi perintah supaya gambar tersebut diperlihatkan dan dihormati kembali karena dipilih oleh Santa Maria sendiri.

Pada tahun 1866, gambar tersebut secara resmi ditempatkan di Gereja Santo Afonsus di Roma dan Paus Pius IX berpesan kepada para pastor Redemptoris:”Perkenalkanlah dia ke seluruh dunia.”

Kini gambar ini telah menjadi milik seluruh dunia. Paus Paulus VI berkata:”Nama “Bunda Penolong Abadi”, yang diberikan kepada Santa Maria, adalah nama yang sesuai dengan ajaran yang dirumuskan oleh Konsili Vatikan II, karena menonjolkan dan menekankan pengasuhan Ibu, yang dilaksanakan Bunda Allah terhadap Gereja yang kini masih berjuang di dunia.”

Doanya

Ya Bunda Penolong Abadi, lihatlah di bawah kakimu, seorang pendosa yang berharap kepadamu dan berkeyakinan penuh akan dikau. Engkau yang penuh belas kasih, kasihanilah aku. Aku mendengar semua orang menjulukimu sebagai tempat pelarian dan harapan para pendosa. Jadilah, karenanya, tempat pelarianku dan harapanku. Demi rasa cinta kepada Yesus Kristus, Putramu tolonglah aku. Ulurkanlah tanganmu kepada aku, orang berdosa, yang telah mempercayakan dan membaktikan diri untuk melayanimu sampai kekal. Aku memuji dan bersyukur kepada Tuhan yang dalam rahmat-Nya telah memberi kepadaku keyakinan akan dikau, sebuah janji yang pasti demi keselamatanku yang abadi.

Benar bahwa pada masa lampau, aku sungguh menyedihkan dan lemah sekali, telah jatuh dalam dosa karena aku tidak berharap kepadamu. Namun, aku tahu bahwa dengan bantuanmu, aku dapat mengatasi diriku. Aku tahu pula bahwa engkau akan membantuku bila aku mempercayakan diriku kepadamu. Namun, aku takut bahwa pada saat berdosa, aku lalai untuk berseru kepadamu sehingga bisa menghadapi risiko tersesat.

Rahmat ini aku dambakan darimu; untuk itu aku memohon kepadamu sebanyak yang aku tahu dan sebanyak yang aku dapat; untuk semua godaan dari neraka, aku boleh selamanya berharap kepadamu dan berkata kepadamu:”O Bunda Maria, tolonglah aku; O Bunda Penolong Abadi, jangan biarkan aku kehilangan Tuhanku.”

Salam Maria … (3x)

Ya Bunda Penolong Abadi, tolonglah aku selamanya untuk berseru kepada kekuatan namamu, sejak namamu merupakan pertolongan bagi yang hidup dan keselamatan bagi yang dalam sakratul maut. Bunda Maria tersuci,  Bunda Maria yang termanis, terpujilah bahwa namamu sejak hari ini dan seterusnya akan merupakan bagian hidupku. Engkau yang kusayangi, janganlah menunda datangnya bantuanmu bagiku, bila aku berseru kepadamu; untuk segala godaan yang mempersulit aku, di dalam semua keperluan hidupku, aku berseru kepadamu berulang-ulang:”Bunda Maria … Bunda Maria.”

Betapa senang, betapa manis, betapa yakin, betapa terhiburnya jiwaku pada saat mendengar namamu, pada saat aku memikirkanmu. Aku mengucap syukur kepada Tuhan, karena untuk kebaikanku Ia telah memberi kepadamu sebuah nama yang begitu manis, begitu indah dan begitu berkuasa. Namun, aku tidak pantas hanya menyebut namamu; aku akan berseru kepadamu karena aku mengasihimu. Aku ingin agar cinta kasih mengingatkan aku selalu untuk berseru kepadamu sebagai Bunda Penolong Abadi.

Salam Maria … (3x)

Ya Bunda Penolong Abadi, engkau adalah perantara setiap rahmat yang Tuhan anugrahkan kepada kami di dalam kedukaan kami. untuk inilah Ia membuatmu begitu berkuasa, begitu mampu dan begitu baik; Engkau diperbolehkan menolong kami dalam kebutuhan kami. Engkau adalah perantara dari segala sesuatu yang terburuk dan para pendosa yang ditinggalkan, jika mereka datang kepadamu. Datanglah membantuku, karena aku telah menyerahkan diriku kepadamu.

Ke dalam tanganmu aku letakan keselamatan abadiku; kepadamu aku percayakan jiwaku. Masukanlah aku di antara pelayanmu yang utama. Ambilah aku di bawah perlindunganmu, itu cukup bagiku. Jika engkau melindungiku, aku tak akan merasa takut karena dosa-dosaku, sebab engkau akan mendapatkan bagiku pengampunan, bukan roh-roh jahat, karena engkau lebih berkuasa dari semua ketakutan dari neraka; aku juga tidak akan merasa takut pada Yesus, Hakimku, karena Ia ditenteramkan oleh doa darimu. Aku takut bahwa oleh kelalaianku sendiri aku lupa menyerahkan diriku kepada engkau dan kehilangan jiwaku. Bundaku tersayang, dapatkan bagiku pengampunan atas dosa-dosaku, rasa cinta akan Yesus, ketekunan terakhir, dan rahmat agar selalu memohon pertolonganmu sepanjang segala masa, O Bunda Penolong Abadi.

Salam Maria … (3x)

Sumber : Ekaristi.org

12 komentar

  1. ini tentang pengajaran GK yg saya coba utk mengerti (saya non katolik) dan istri saya seorang katolik dan kami sdh punya seorang anak (sampai sekarang ini kecil kemungkinan (tidak mungkin) anak saya akan di didik di GK, kecuali GK bisa meyakinkan atau mempertanggung jawabkan ajarannya kpd saya dasar kebenaran Firman Tuhan.
    Dari mulai kitab kejadian sampai wahyu (kitab penutup) saya melihat tidak ada seorang nabi yg di PL dan para Rasul PB tidak pernah menyebut dan mengajarkan atau pun menyebut bahwa maria adalah sosok seorang pelindung yang abadi, menurut alkitab yg saya baca dan saya mengerti bicara pelindung abadi tuh hanya Yesus saja itu yg saya dapatkan dari saya kecil sampai saya dewasa, kalau saya tidak tahu dan mengerti apakah ini kesalahan alkitab atau para rasul yg tdk menyampaikannya atau saya yg kurang pengetahuan tentang kebenaran? ada ngak rasul yg mengajarkan atau tradisi suci yg mana yg mengajarkan bahwa maria itu pelindung yg abadai?

    1. Bunda Maria Penolong Abadi adalah sebuah sebutan kepada Bunda Maria, terkait dengan sebuah ikon seni periode Byzantium dengan sebutan yang sama pada masa abad ke-13 atau 14 , atau 15 masehi. Ikon ini sudah berada di Roma sejak akhir abad ke-15 dan berada di Gereja St. Alphonsus Liguori, Roma. Di Gereja Ortodoks ikon ini dikenal sebagai Virgin of the Passion atau Theotokos of the Passion.

      Lebih jelasnya silahkan baca artikel ini.

      Memang di Alkitab tidak tertulis seperti apa yang anda katakan. Saya malah balik bertanya kepada anda, dimana tertulis di Alkitab, bahwa semuanya harus tertulis dan ada di Alkitab? mungkin anda bisa tunjukkan kepada saya ayatnya? kalo tidak ada anda mungkin sebaiknya berpikir ulang untuk mendidik anak anda secara Katolik, karena faktanya iman Katolik inilah yang diajarkan turun temurun dari jamannya para rasul, bukan iman ala Protestan.

      Dan juga tunjukkan kepada saya para rasul mengajarkan “sola scriptura” atau “sola fide” atau “sekali selamat tetap selamat”, jika tidak ada mungkin sebaiknya anda berpikir untuk kembali ke rumah yang sebenarnya.

      Salam dan doa,

      Andreas

      1. Komentar dengan huruf tebal berasal dari Cornelius

        adreas, tentu ada dasarnya mengapa harus tertulis (bukan secara harafiah tetapi disitu ada pengajarannya dan harus jujur juga kita tidak bisa juga mencocok2an menurut kita dan mengapa harus tertulis harus diingat bahwa iblis lebih mengerti Firman Tuhan dari manusia ( ini kalau andreas setuju) tetapi anak2 Tuhan selalu waspada, sebagai contoh ketika Tuhan Yesus di cobai 3 kali kenapa Yesus mengatakan ada tertulis karena iblis juga tahu tentang Firman Tuhan.

        [Kalau begitu coba tunjukkan, mana dasar alkitabnya bahwa semua hal itu harus tertulis? Mana ayat myang mengatakan bahwa semua ajaran harus tertulis, termasuk tentang ajaran tentang Bunda Maria? Dalam alkitab juga tidak terdapat daftar kitab suci yang terdiri dari 72 kitab (atau bila anda protestan, berarti kitab anda berjumlah 66 kitab. Lalu mengapa anda masih berpegang dan percaya pada alkitab dengan jumlah tersebut? Toh tidak ada dasar alkitabnya. Jadi mengapa anda setuju dan percaya dengan jumlah kitab yang anda pegang sekarang, yang anda jadikan sebagai sumber iman anda?)]

        Untuk anak saya tahu yang terbaik dan saya akan memperkenalkannya apa yg benar ( saya sudah melakukan penyerahan anak, jadi saya punya damai sejahtera apa pun yg Tuhan lakukan utk dia itu yang terbaik Tuhan pakai saya sebagai Imam buat mendidik dia dalam kebenaran)

        Utk soal sola scriptura saya kasi ilustrasi supaya gampang di dalam situs katolisitas yang saya baca dikatakan kita boleh membuat patung dengan penjelasan bahwa yosua membuat tabut dan ada malaikatnya [Bukan ini inti penjelasan dari katolisitas, silakan anda baca lagi artikelnya]… dst dan dikatakan mereka tidak menyembah malaikat yg di atas tabut tetapi di tabut itu ada kehadiran Allah ketika yosua,imam2 bersujud mereka bukan bersujud kepada tabut atau malaikat yg ada di atas tabut tapi Allah yg ada di tabut itu utk ini saya setuju tetapi di luar pernyataan boleh membuat patung ya, byk umat katolik marah malah saya dicaci maki karena pertanyaan saya dan sayangnya tidak pernah di jawab2 malah emosi dan mereka menanyakan mana ayat yg menyatakan tdk boleh membuat patung? aneh kan katanya Kristus yg mendirikan agama/iman katolik tp menanyakan hal ini, keluaran 20:4 dan kenyataannya Gk menolak perintah ini menurut apa yg saya artikan dari pernyatan situs katolisitas (Ini salah satu artikel katolisitas : http://katolisitas.org/201/orang-katolik-tidak-menyembah-patung

        Saya akan kutip bagian yang relevan dengan kitab keluaran :

        3) You shall not have other gods besides me (NAB, CCB); no other gods before me (RSV, NIV, KJV);

        4) You shall not carve idols (NAB); a graven image (RSV); any graven image (NIV, KJV); a carved image (CCB) for yourselves in the shape of anything in the sky above or on the earth below or in the waters beneath the earth;

        5)you shall not bow down (NAB, RSV, NIV, KJV, CCB) before them or worship them: for I the LORD your God am a jealous God, visiting the iniquity of the fathers upon the children to the third and the fourth generation of those who hate me.

        Catatan: NAB= New American Bible; RSV= Revised Standard Version; NIV= New International Version; CCB= Christian Community Bible.

        Dari referensi di atas, maka terlihat bahwa istilah yang digunakan adalah:

        Carved idol, yang artinya adalah “patung berhala” dan carved/graven image yang berarti “ukiran dari suatu gambaran”. Kalaupun hal ini masih bisa diperdebatkan, namun tetap tidak mengurangi esensi dari ayat tersebut, bahwa yang paling penting adalah kita tidak membuat image/patung/gambaran untuk disembah sebagai allah lain (dalam kaitannya dengan ayat yang ke 3).

        Jadi, penyembahan “patung berhala” adalah dosa. Namun anggapan sebagian orang yang mengatakan bahwa orang-orang Katolik adalah “sebagian orang Kristen” yang menyembah “patung” karena memiliki patung Yesus, Maria, santo/santa adalah sungguh-sungguh keliru. Hal ini adalah karena kesalahpahaman atau pengabaian dari apa yang dikatakan oleh kitab suci tentang maksud dan penggunaan patung. (Karena orang Katolik tidak menghormati patung, tetapi menghormati pribadi yang digambarkan di dalamnya). [2]

        Anggapan bahwa “Tuhan melarang penggunaan image/gambaran/patung”, seperti yang dikotbahkan Bapak, menjadi anggapan umum jemaat Protestan, (sedangkan Gereja Katolik memang melarang patung berhala, tetapi tidak melarang penggunaan patung untuk keperluan ibadah, karena patung hanya merupakan lambang saja yang membantu untuk mengarahkan hati kepada Tuhan))..

        [Saya meminta maaf terhadap perlakuan umat katolik yang mencaci maki anda. Gereja Katolik tidak menolak perintah itu, sepertinya anda salah memahami pesan yang disampaikan dari website katolisitas. Saya juga pernah menulis tentang pembuatan patung, bisa dibaca disini : https://luxveritatis7.wordpress.com/2011/09/13/apakah-katolik-menyembah-patung-dan-bunda-maria/)

        Gereja Katolik tentu sependapat dengan Kel 20 : 3-5, karena seseorang tidak boleh membuat patung untuk disembah (Perhatikan konteksnya, dan jangan sekedar mengutip ayat 4 saja)

        saya baca ayat dan perikob yg dijadikan dasar kenapa boleh membuat patung.. sedangkan dalam hal membuat tabut Tuhan, patung ular dari tembaga ini semua datangnya dari perintah Allah sendiri kepada musa dan kepada Yosua untuk menunjukkan bahwa Allah bangsa israel Kudus dan Dasyat akhirnya yg saya dapatkan terjadi pengertian yang salah kaprah dari situs itu dan kalau saya link kan dngan begitu banyak patung maria dengan hiasan yg begitu cantik, bunga, lilin, dan saya lihat patung2 itu dijual di toko kristen muncul pertanyaan apa ini ada dalam pemikiran saya:

        1. Apakah Tuhan memberikan perintah gereja utk membuat patung? [Ya! Dan bukankah anda sendiri sudah menunjukkan dasarnya? Yaitu bahwa patung ular tembaga boleh (Bil 21 : 8) dan kerub emas (Kel 25 : 18-19) boleh dibuat]

        2. apakah karena merasa GK adalah wakil Allah jadi bisa membuat keputusan dalam membuat pengajaran.
        Nah ini ilustrasi dan penjelasan tentang pentingnya Firman Allah bukan kekuasaan.(Gereja Katolik memang Gereja yang didirikan oleh Yesus diatas Petrus (Mat 16 : 18-20) dan kepada Petrus, para rasul lain serta penerusnya telah diberikan kunci kerajaan surga. Jadi Gereja memang memiliki otoritas untuk mengajar.

        Silakan anda membaca beberapa link berikut :
        https://luxveritatis7.wordpress.com/2011/08/11/pd-mengapa-kita-memilih-gereja-katolik/

        https://luxveritatis7.wordpress.com/2012/01/16/benarkah-yesus-tidak-mendirikan-agama/)

        kembali kerumah yg sebenarnya?? saya sudah dirumah yang benar tidak perlu kembali ke rumah yg asing…

        Klau tidak percaya sekali selamat tetap selamat it is ok itu lumrah
        bagaimana dengan pernyataan GK bahwa orang yg tidak mengenal Yesus bisa masuk sorga ( ini juga tidak di ajarkan oleh para rasul, dan rasul petrus)

        [Sekali lagi saya bertanya, apakah semua ajaran Gereja Katolik harus tertulis dalam kitab suci? Bahkan kitab suci sendiri dikumpulkan dan dikanonkan oleh Gereja Katolik. Dan anda harus memahami bahwa sumber iman katolik bukan kitab suci saja. Silakan baca penjelasannya disini : https://luxveritatis7.wordpress.com/2011/08/14/pd-kitab-suci-dan-tradisi/)

        tidak ada yg namanya iman katolik atau protestan yang ada dan benar adalah iman kepada Tuhan Yesus Kristus ( sang juruselamat) pengajarannya juga ada dalam alkitab. GB [Setiap orang bisa menafsirkan iman terhadap Yesus masing-masing, dan setiap orang bisa memiliki iman terhadap Yesus menurut versinya masing-masing. Namun ajaran iman yang sempurna hanya ada dalam Gereja Katolik, karena hanya dalam Gereja Katoliklah terdapat kepenuhan kebenaran]

        Kalau andreas bisa kasi jawaban dan penjelasan tentang pertanyaan saya tentang apakah Tuhan mengijinkan atau memerintahkan GK utk bkn patung saya akan kembali ketempat apa yg adreas bilang ke rumah yg benar dan anak saya dididik di GK tetapi kalau tidak bisa kasi jawaban andreas coba bawa saya masuk kedalam rumah penyamun GB [Saya tidak mengerti apa yang anda maksud dengan “coba bawa saya masuk kedalam rumah penyamun”, namun saya kira anda perlu memahami kembali penjelasan dari katolisitas tentang pembuatan patung, berikut saya hadirkan linknya :

        http://katolisitas.org/1658/apakah-gereja-katolik-menyembah-patung-dan-merubah-10-perintah-allah

        http://katolisitas.org/201/orang-katolik-tidak-menyembah-patung)

      2. Wah.. ok sekarang saya lebih mengerti… mengapa GK boleh bikin patung
        saya mau tanya Yohanes 1: 12 Tetapi semua orang yg menerima-Nya diberiNya kuasa supaya menjadi anak2 Allah ( apakah ayat ini menunjuk kepada gereja katolik?)

      3. Ayat Yohanes 1:12 bukan seperti itu penafsirannya, tapi terkait dengan Baptisan, prinsipnya, bahwa dengan Baptisan, kita menerima pengampunan dosa, dan diangkat menjadi anak-anak Allah, dan ini hanya mungkin karena adanya Roh Kudus. Kenapa demikian? Sebab tanpa Roh Kudus yang adalah Roh Allah sendiri, manusia tidak mungkin bisa diangkat menjadi anak Allah, sebab terdapat jurang yang tak terseberangi antara kodrat manusia dengan ke-ilahian Allah.

        Pertanyaan saya yang pertama belum anda jawab, saya ulangi lagi pertanyaan saya, dimana di Alkitab tertulis, bahwa semuanya harus ada di Alkitab. Tolong berikan kepada saya ayatnya.

      4. Tanggapan huruf tebal berasal dari Cornelius

        salam,
        Kapan gk akan menerima ajaran atau didikan dari non gereja katolik?

        Banyak ajaran kalian yang salah. Untuk apa kami menerimanya? Dan kapan anda mampu menerima ajaran dari Gereja Katolik? Sejauh ini anda tidak menanggapi secara langsung pernyataan kami, melainkan anda melempar beberapa topik dalam satu tulisan. Mengapa kita tidak fokus pada satu masalah saja sebelum membahas topik lainnya?

        Saya tidak menolak tentang ajaran babtisan tetapi babtisan akan terjadi setelah pengakuan dosa atau pertobatan dan babtisan merupakan tanda bahwa orang tersbut sudah mati dan bangkit (ditenggelamkan dan diangkat) bersama Yesus dlam babtisan. Firman Tuhan berkata Roma 10:9-10 adalah dasar utama keselamatan dan utk dijadikan anak2 Tuhan mengaku dan percaya baru di babtis.

        Rm 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. 10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

        Yang dimaksud mengaku adalah mengakui Yesus sebagai Tuhan dan percaya bahwa Allah membangkitkan ia dari kematian, jadi ini tidak secara spesifik berbicara tentang pengakuan dosa. Agar bisa dibaptis, orang dewasa memerlukan iman, bukan pertobatan. Oleh karena itulah mereka menjalani masa katekumenat sebelum dibaptis. “Siapa yang PERCAYA dan dibaptis, akan diselamatkan, mereka yang tidak percaya akan dihukum” (Mark 16 : 16)

        Saya selalu menggunakan bukti penjahat yg ada di sebelah kanan Yesus dia tidak di babtis dan di selamatkan karena perkataan dan iman penjahat itu yg di lihat Yesus sedangkan gk katolik bilang itu “babtis kerinduan”

        Sebaiknya anda pelajari dulu apa ajaran Gereja Katolik tentang baptisan, baru kemudian kita melanjutkan diskusinya. Oke?

        saya mendapat berkat dari galatia 6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya. Yang saya dapatkan sunat dan tidak bersunat atau babtis atau tidak di babtis tidak ada artinya kalau kita tidak bertobat, tidak mau mengubah hidup kita.

        Ekaristi/Perjamuan kudus yg benar seperti apa sih menurut alkitab, kita lihat dari hal pelaksanaannya dalam ekaristi, apakah hanya pastor yg makan dan minum sedangkan jemaat hanya di kasi hosti dan di suruh menghayati tubuh dan darah kristus, sedangkan geraja non katolik membagikan tubuh dan darah, saya hanya mau mengingatkan andreas jangan menghakimi apakah andreas tahu isi hati dari para jemaat yg melakukan perjamuan kudus? ada cerita nyata nih bapa mertua saya pulang dari PA .. ada pastor di lingkngan >>> di bandung dimana saya suka menemani istri ikut misa ternyata ketahuan seorang pastor yg sudah punya anak di luar nikah dan masih melakukan ekaristi nah ini bagai mana? siapa yang tidak mengerti arti ekaristi?

        Seorang imam tetap bisa mengkonsekrasi roti dan anggur menjadi tubuh dan darah, karena sakramen bekerja secara ex opere operato. Selebihnya sudah ditanggapi Andreas.

        Mengapa mengambil contoh imam yang salah? Mengapa tidak mengambil contoh imam yang benar? Konyol sekali anda menghakimi ajaran katolik berdasarkan perbuatan mereka yang tidak menjalankan ajaran katolik dengan benar.

        saya percaya injil yg saya baca dan saya pegang ini benar: karena jaminannya ada Galatia 1:8-9

        Gal 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. 9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

        Saya tidak membahas tentang injil, tapi membahas alkitab secara keselurhuhan. Ayat itu mengatakan bahwa ada yang memberikan pengajaran yang berbeda dari para rasul, dengan ayat itu saja juga bisa mengatakan bahwa ayat tersebut berlaku pula pada protestan lainnya kan?

        “Darimana anda tahu bahwa alkitab yang anda pegang sekarang itu diilhamkan Allah? Padahal tidak ada ayatnya yang berkata demikian”
        saya anak Tuhan dan saya memiliki Roh yg lebih besar dari pengertian saya dan saya mengimani bahwa ini sempurna utk mendidik dan mengajar dll karena Roh Kudus yg punya tugas utk mengajarkan seperti rasul filipus dan sida2 bagai mana Roh Kudus menguasai rasul filipus, saya tetap pada kuasa Roh Kudus kalau andreas tetap pada apa kata KGK atau magistarium itu pilihan tinggal mana yg benar mana yg bermuka dua.

        Akuilah bahwa keyakinan anda itu tidak ada dasarnya dari alkitab. Alkitab tidak menyatakan bahwa jumlah kitab yang anda pegang, yang disebut alkitab itu, berjumlah 66 dan merupakan tulisan yang diinspirasi Allah. Jadi, mengapa anda menuntut kami untuk menghadirkan bukti alkitabiah saja tentang doktrin katolik, sementara keyakinan anda sendiri tidak memiliki dasar alkitabiah? Ini namanya standar ganda, alias standar yang munafik.

        Selain itu, saya juga tahu ada orang yang mengatakan hal yang berbeda dari anda, tapi mereka juga mengakui memiliki “Roh yg lebih besar dari pengertian [mereka] dan [mereka] mengimani bahwa ini sempurna” <—Nah apakah Roh Kudus itu Roh pemecah? Roh yang menghasilkan kebingungan dan bukannya kesatuan dalam hal iman dan moral?

        anda sangat yakin ya matius 16:18-19 itu tentang gereja katolik ya??? dan saya yakin diakhir jaman gk akan tetap berdiri teguh dan berkuasa dan semua orang akan mempunyai satu agama tetpi itu terjadi setelah saya dan keluarga saya terangkat kesurga.

        Yakin dong, coba cari tahu kapan pertama kali muncul protestan? Kata katolik saja sudah ada sejak 108 AD. Silakan Pelajari sejarah Gereja. Pembelajaran akan sejarah akan membuat seseorang berhenti menjadi protestan. Anda berani menerima tantangan atau tawaran saya ini?

        utk gua maria saya tidak punya data lengkapnya karna setiap saat ada yg buat gua maria lagi.

        Kalau begitu tidak perlu banyak berbicara tentang ini. Untuk apa berbicara tanpa data dan argumentasi yang lemah?

      5. Gereja Katolik tidak akan pernah menerima ajaran yang asing diluar Kitab Suci, Tradisi Suci dan Ajaran Hidup Gereja.

        Bagaimana dengan bayi yang keburu meninggal saat dilahirkan dan tidak sempat dibaptis? apakah tidak diselamatkan? anda tidak mengerti apa yang anda katakan. anda mengutip keluar dari konteks.

        Kami gak menghayati, kami Katolik PERCAYA bahwa itu adalah TUBUH DAN DARAH KRISTUS
        Pake logika saja, apa di tubuh anda tidak mengalir darah?

        satu lagi argumen yang sering dipake orang protestan untuk menjatuhkan iman orang Katolik, ya itu…orang Katoliknya sendiri, prakteknya gak selaras sama apa yang diajarkan, orang katolik munafik. Padahal ajaran iman tidak seperti itu. Ketidak selarasan kehidupan seseorang dengan ajaran iman Katolik tidak serta merta membuktikan bahwa ajaran iman Katolik itu salah! yang salah itu orangnya sendiri yang jatuh kedalam dosa.

        Anda menuduh saya menghakimi, tapi anda sendiri menghakimi seorang imam karena dia berzinah, apa anda tidak tahu, ada seorang pendeta yamg cerai lalu kawin lagi, padahal Tuhan Yesus tidak pernah mengajarkan spt itu?

        Kalau Roh Kudus yang anda pahami itu benar, maka Roh Kudus akan membawa anda kepada Gereja Katolik, karena Dia adalah Roh Kebenaran, Roh pemersatu bukan pemecah. Semoga Roh Kudus menuntunmu kembali kepada kepenuhan kebenaran, yaitu Gereja Katolik.

        Salam dan Doa,

        Andreas

      6. Tanggapan huruf tebal dari LV7

        andreas dan cornrlius,
        gereja protestan sebutan utk umat yg menolak ajaran GK dan bukan dari alkitab dan sebutan Kristen sudah ada sebelum protestan atau pun katolik karena ini yang disebut pengikut Kristus (kristen) tidak ada nama agama aatu institusi yg Tuhan Yesus buat agar manusia bisa diselamatkan dan bukan tujuan utama kenapa Dia harus datang ke bumi ini, apakah Tuhan Yesus menginginkan manusia jadi katolik?? tentu tidak kalau keinginan manusia ya pasti semua manusia harus jadi katolik ( saya mengimani dan percaya ini akan terjadi pd semua umat manusia akan menjadi katolik) tetapi bukan utk orang2 percaya

        Tentu saja! Sekali lagi saya minta anda membaca artikel ini, yang menjelaskan bahwa Gereja Katolik adalah Gereja yang dirikan Kristus :

        https://luxveritatis7.wordpress.com/2011/08/11/pd-mengapa-kita-memilih-gereja-katolik/

        https://luxveritatis7.wordpress.com/2012/01/16/benarkah-yesus-tidak-mendirikan-agama/

        hanya karena non gereja katolik tidak membuat dan berdoa di depan patung, berdevosi kepada maria tidak mengakui bahwa pengajaran paus tidak mungkin sesat lalu dikatakan ajaran kami tidak sesuai alkitab,

        Heh? Kami tidak pernah berkata demikian. Bukan itu alasan kami mengatakan bahwa ajaran kalian tidak sesuai alkitab.

        makanya sekali lagi kapan Yesus mengajarkan atau menginginkan kita berdevosi kepada maria, menjadikan maria sebagai pelindung?

        Maria adalah Ibu Yesus, oleh karena itu Yesus menghormatinya.
        Devosi adalah salah satu bentuk penghormatan umat katolik pada bunda Maria
        Kesimpulan : Oleh karena itu, umat katolik meneladani Yesus yang menghormati ibunya.

        Dan saya punya satu pertanyaan : Mana dasar kitab sucinya kalau semua hal itu harus Yesus ajarkan? Coba tunjukkan satu ayatnya yang spesifik. Kalau tidak ada ayatnya, akui saja. Tidak perlu sungkan atau gengsi atau malu.

        apakah GK sudah mabok anggur ya. galatia 1:6-10 memang cocok utk gereja katolik tetapi intinya sempurna utk mengingatkan orang2 yang takut akan Tuhan agar waspada.

        Ya terserah anda, toh pernyataan diatas sama sekali tidak perlu ditanggapi lebih lanjut

        Soal anak tidak dibabtis kenapa harus takut anak itu tidak selamat iman orang tuanya yg menyelamatkannya (mudah2an klaian mengerti ) mas2 bayi sudah aman hanya GK saja yg mengada2 atau kalian,

        Sekali lagi anda yang tidak mengerti, anda mengatakan baptisan itu memerlukan pertobatan. Karena itu kami bertanya bagaimana dengan bayi yang tidak bisa bertobat? Bagi kami, baptisan itu memerlukan iman, bukan pertobatan. Apa anda mengerti?

        jaman musa sudah diberlakukan PENYERAHAN ANAK dengan membawa korban persembahan binatang ada di imamt 12:6 dan ketika Tuhan Yesus berumur 12 orang tua Yesus membawa Yesus ke bait Allah utk di doakan, dan ketika para orang tua membawa anak2nya utk di doakan oleh Yesus dan sama yang saya lakukan saya bawa anak saya ke gereja utk di doakan diserahkan kepada Yesus, saya menyerahkan anak saya utk dipakai Tuhan sekendak-Nya dan saya tidak takut apa yg terjadi padanya anak saya yg sudah milik Yesus yg harus saya lakukan adalah tetap mendidik dan memperkenalkan siapa Yesus itu, saya tidak bawa utk di babtis atau di ajar oleh GK.

        Kita berbicara tentang baptisan yang menurut anda memerlukan pertobatan, kenapa sih selalu melenceng dari topik?

        Tentang perjamuan lukas 22:17-19 tolong perhatikan dan renungkan apa yg Yesus lakukan kalau GK bener didirikan (?) oleh Yesus maka GK akan melakukan hal yg sama.

        Yesus berkata “Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagimu”; “Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-KU yang ditumpahkan bagi-mu”. Kami meyakini bahwa Yesus sungguh hadir dalam Ekaristi, tubuh dan darah-Nya, roti dan anggur yang dikonsekrasi bukan sekedar simbol. Apakah anda meyakini bahwa Tubuh dan Darah Kristus sungguh hadir secara nyata dalam rupa roti dan anggur? Apa “gereja” anda mengajarkan demikian?

        soal imam yg melakukan ekaristi tetapi murtad mengingkari janjinya ini bukan soal saya mencari2 kesalahan dari ajaran GK jangan seperti anak kecil lah yu berdewasa dan kenbenaran saya hanya mengingatkan tada ata cara perjamua kudus yg benar saya lupa ayatnya, supaya jemaat pun belajar yg benar, kalau imamnya bisa salah dan tahu itu salah artinya umat di bawa slah. GB

        Terima kasih sudah mengingatkan. Tapi kami lebih memahami apa yang tertulis dalam kitab suci lebih baik daripada anda. Sekalipun imam bisa salah, umat belum tentu dibawa salah. Umat katolik bukanlah umat yang bodoh yang hanya mengikuti apapun perbuatan imamnya.

        Saya sudahi diskusi di topik ini karena sudah mulai tidak terarah diskusinya. Selain itu anda sendiri banyak melewatkan poin-poin penting yang kami sampaikan (Bahkan pertanyaan kami tentang keyakinan anda yang tidak alkitabiah itu saja tidak anda jawab).

  2. melati · ·

    dalam masalah apapun ..
    selalu lebih tenang bila mengingat pandangan Bunda Maria yang ditujukan kepadaku …
    dan akan kuingat …
    Tuhan Yesus telah mengalahkan segala hal dengan kurban Salib dan kebangkitanNya … hati kudusNya diberikanNya kepada kita … tetapi yang pertama adalah kepada BundaNya …

    1. Huruf tebal tanggapan dari LV7.

      Saya mengerti kenapa GK boleh bkn patung apa yg saya coba tangkap setelah saya baca dan renungkan kel 20:4 dan 5 dan saya berdoa Roh Kudus berkenan dgn berkat apa yg saya dpt, di ayat 4 jelas diperintahkan kita tdk boleh tetapi andreas pengen saya liat juga ayat 5 ayat ini membawa kesan “boleh buat patung tapi jangan disembah” saya melihatnya lebih luas lagi ini bukan soal patung dewa dewi dari bangsa yg tdk mengenal Allah apa pun bisa dijadikan utk melupakan atau menduakan Tuhan, GK mengambil keputusan; umat boleh beli/buat patung asal tidak menyembah patung itu dan dikonfirmasikan dengan status bahwa pengajaran GK tidak bisa salah dan umat menurut.

      Anda itu terlihat mengerti, padahal sebenarnya anda tidak mengerti. Hal ini terlihat dari perkataan anda diatas.

      Yoh 1:12 berhubungan dengan pertobatan bukan babtisan karena babtisan terjadi setalah pertobatan dahulu babtisan pernyataan bahwa saya tlh mati dan sekarang bangkit bersama Yesus dan kita di beri kuasa menjadi anak2 Allah kalau ini sdh dipercayai oleh setiap orang percaya lalu utk apa GK ingin gereja2 yg terpisah dari GK kembali? Apa yg masi kurang? Janji apa yg bisa dikasih oleh GK? saya sebagai contoh tidak terpisah dari kasih dan janji Kristus itu sudah janji Tuhan, apa yg kurang?

      Apakah anda tahu setelah anda di Baptis semua dosa anda diampuni? lalu anda diangkat menjadi anak-anak Allah? dan mendapatkan bagian di dalam Kerajaan Allah?
      Di Kis 16:15,33, 18:8 (11:14) dan 1 Kor 1:16 disana dinyatakan bahwa individu dan seluruh isi rumah di baptis. Sangat susah untuk mengatakan bahwa disana tidak ada anak kecil. Paulus di Kolose 2:11-13 membuat hubungan antara baptis dan sunat. Israel adalah gereja sebelum Kristus (Kis 7:38, Rom 9:4). Sunat, diberikan kepada anak laki-laki berumur 8 tahun, merupakan materai perjanjian Allah dengan Abraham, dimana berlaku juga untuk kita (Galatia 3:14,29). Sunat merupakan tanda dari pertobatan dan iman yang akan datang (Roma 4:11). Bayi juga merupakan bagian dari perjanjian sama seperti orang dewasa (Kej 17:7, Ula 29:10-12, Mat 19:14). Demikian juga baptis adalah materai Perjanjian Baru didalam Kristus. Menandakan penghapusan dari dosa, sama seperti sunat (Ulangan 10)16, 30:6, Yeremia 4:4, 9:25, Roma 2:28-9, Filipus 3:3). Bayi diselamatkan sepenuhnya oleh rahmat Allah sama seperti orang dewasa, orang tua mereka mengambil bagian tindakan ini atas nama sang anak.

      Yang kurang Protestan dan Katolik itu berbeda, meskipun Protestan mengakui Yesus sebagai Tuhan Protestan menolak beberapa ajaran Yesus sendiri, khususnya Ekaristi, padahal Yesus jelas-jelas berkata siapa yang memakan Tubuh dan darah-Nya akan mendapatkan hidup yang kekal. Ini bukan janji dari Gereja Katolik, tapi janji dari Tuhan sendiri, Gereja Katolik adalah pembawa surat, Gereja Katolik hanya menyampaikan surat-Nya kepada kita, tidak merubah isi surat seperti orang-orang Protestan. Sedangkan apa yang protestan lakukan? Ekaristi hanya simbol? cerai kawin boleh dilakukan? penggunaan kondom? Sola scriptura? sola fide? sekali selamat tetap selamat meskipun setelah dibaptis anda berbuat dosa lagi. Sesungguhnya anda akan berhenti menjadi protestan jika anda mempelajari sejarah.

      Memang sejauh ini saya tidak melihat dalam Firman Tuhan dikatakan semuanya harus tertulis dalam alkitab, Roma 1:16-17 tentang injil kekuatan Allah, II timo 3:15-17 kitab suci yg memberika hikmat ini utk saya sudah mencakup tentang segalanya,

      Anda mengutip keluar dari konteks. Kita ambil satu contoh ayat 2 Timotius 3 : 15-17, dimana dikatakan bahwa “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” (Ayat 16)

      Nah, pada saat tulisan tersebut ditulis St. Paulus, alkitab belum terbentuk dan berjumlah 72 atau 66 seperti sekarang. Saat itu juga banyak tulisan2 lain yang beredar yang bukan berasal dari para rasul.

      Tapi darimana anda tahu bahwa kitab2 lain memang dilhamkan Allah? Darimana anda tahu bahwa Kitab Roma diilhamkan sedangkan Injil Yudas tidak? Darimana anda tahu bahwa alkitab yang anda pegang sekarang itu diilhamkan Allah? Padahal tidak ada ayatnya yang berkata demikian. Jadi mengapa anda percaya jumlah alkitab yang anda pegang itu diilhamkan dan berfungsi untuk mengajar dst?>

      saya percaya Tuhan tidak memberikan kekuasaan kepada GK utk mengajar tetapi kepada semua orang yg dipilih Allah utk menjadi pengajar, kalau diberikan kuasa kpd suatu golongan kecendrungan yg terjaadi penyalahgunaan.

      oh ya?? di Alkitab tidak berkata seperti itu. Yesus berbicara seperti ini kepada para murid yang dipilih-Nya yaitu pada rasul, yang sekarang penerusnya adalah uskup-uskup di Gereja Katolik, “Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku.” (Luk 10:16)
      anggota gereja tentu saja tidak semuanya sempurna dan semuanya kudus, didalam gereja ada juga orang-orang berdosa, apakah anda lupa Yudas Iskariot? sepanjang sejarah Gereja Katolik anda dapat temukan Paus-Paus yang tidak dapat dijadikan teladan yang baik dan bisa dibilang memalukan, tapi apakah Gereja Katolik runtuh? hebatnya hingga sekarang Gereja Katolik tetap berdiri. Ini adalah bukti bahwa janji Tuhan yang selalu menyertai Gereja Katolik, bahwa alam maut (neraka) tidak dapat menguasainya (Mat 16:18-19) bukan sekedar isapan jempol.

      Hanya penasaran saya buka di google saya cari tentang gb gua maria wow… Yg saya lihat gua2 itu indah di buat sangat indah ada kolam ikan, air terjun pokoknya mah indah tp ada juga yg tempatnya ngeri harus masuk ke dalam gua keliatannya gelap dan sepertinya jumlah gua maria lebih byk dari Yesus sendiri ( bisakah ini di kategorikan pengajaran palsu) ?

      Itu kan perkiraan anda sendiri, kata siapa jumlah gua Maria lebih banyak dari Yesus sendiri? bisa berikan data yang akurat? atau lagi-lagi hanya pernyataan tanpa bukti dari anda?
      Pengajaran palsu? Terus apanya yg disebut pengajaran palsu? Ajaran yg mana? Pemikiran anda sangat tidak terstruktur dan tidak logis, cobalah untuk mengemukakan argumen dengan lebih baik.

      Silahkan baca artikel ini

  3. henry · ·

    kalau tidak salah gambar tsb terpotong dibagian bawahnya, karena kaki kanak2 yesus memakai sandal yang hampir terlepas dari kaki-nya, dan ini mempunyai arti juga……

    1. Ya anda benar Henry, Yesus seperti melihat sesuatu (Ada alasan yang kuat mengapa Yesus kecil terkejut ketika melihat dua malaikat tersebut. Utusan Tuhan itu memperlihatkan secara jelas salib, paku-paku, lembing dan bunga karang yang penuh cuka dan empedu. barang-barang ini, seperti kita ketahui, kelak akan menjadi alat kesengsaraan Yesus ketika Ia memikul salib dan wafat di Kalvari. Sebagai anak kecil Yesus ketakutan. Ia merasa ngeri.) yang membuatnya berlari begitu tergesa-gesa kepada ibu-Nya sampai-sampai salah satu sandalnya terlepas. Tatapan Maria melihat kearah kita, memberitahukan kepada kita bahwa seperti Yesus yang berlari kepadanya dan menemukan tempat perlindungan, kita juga akan menemukan tempat perlindungan jika kita berlari kepadanya (Maria). Tangannya yang terbuka mengundang kita untuk bergabung bersama Yesus dengan meletakkan tangan kita kepadanya (Maria).

      Salam dan doa

      Andreas

%d blogger menyukai ini: