Papal Altar Di Basilika Santo Petrus “Ad Orientem”

Ini adalah denah Basilika St. Petrus. Posisi Papal Altar di tandai dengan tanda salib (+). Bagian muka gedung dan pintu basilika berada di timur.

menggambarkan Papal Altar.

adalah arah timur dari Papal Altar dan lantai yang mengarah ke confessio, tempat makamnya St. Petrus.

secara literal pada kompas menghadap ke timur, secara literal ad orientem— menghadap ke umat dan pintu utama.

Foto dibawah ini anda akan melihat confessio. “Tombol-tombol” emas disekitar pagar adalah lampu minyak.

Dan foto dibawah ini Paus Pius XII sedang merayakan Misa “Tridentine” di Papal Altar. Beliau berdiri di sisi barat altar, dan beliau menghadap secara literal, secara fisik ke arah timur, ad orientem — dan menghadap umat. Anda bisa lihat lampu minyak confessio di sebelah timur altar.

Sekarang pada Misa Kepausan, Vatikan menata kembali podium disebelah barat confessio, didekat papal altar, agar Paus bisa berjalan mengelilingi altar sambil mendupai altar. Anda bisa melihat podium dengan tangga di foto dibawah ini.

Karena basilika kuno Roma memiliki conffesio didepan altar, tidaklah mungkin merayakan Misa dengan altar seperti itu tanpa menghadap umat.

Dalam membahas cara apa sang Imam sebaiknya menghadap ketika ia berada di altar, kita harus sadar bahwa pengertian awal dan tujuan dari posisi ad orientem adalah secara literal menghadap ke timur, yaitu, menghadap kearah matahari terbit sebagai simbol Kebangkitan dari Kristus. Mula-mula, posisi sang Imam ad orientem tidak ada hubungannya dengan tujuannya membelakangi umat. Semuanya dilakukan atas dasar melihat ke arah matahari terbit sebagai tanda kosmik dari Kebangkitan Kristus.

Bonus

video Paus Pius XII merayakan Misa Tridentine di Basilika St. Petrus.

Tour virtual Basilika St. Petrus [silahkan di klik]

sumber

2 komentar

  1. toni · · Balas

    bisa tidak berikan saya nama nama paus benediktus dari jamannya santo petrus hingga kini. soalnya misterinya masih terlalu banyak yang ingin saya pahami. Tonny Tamberan

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: