Catatan Kaki Yang Tidak Pernah Dibaca

Mungkin anda berpikir, kenapa judul artikel ini aneh sekali? teruslah membaca maka anda akan mengerti maksud saya. Diartikel ini saya akan membahas lagi soal aksioma “extra ecclesiam nulla salus, tidak ada keselamatan diluar Gereja”. 

Beberapa orang mencoba menjelaskan bagaimana keselamatan mereka yang non-Katolik dengan keliru, bahwa ada keselamatan diluar Gereja, keselamatan dapat ditempuh didalam agama apapun asalkan mereka berbuat baik, adapun yang berkata bahwa sejak Konsili Vatikan II semua telah berubah, Gereja tidak lagi eksklusif tapi inklusif, bahkan ada yang bilang ini sudah tidak berlaku lagi? apakah benar seperti itu? dibawah ini adalah kutipan dari dokumen Konsili Vatikan II.

Lumen Gentium no 16.

Sebab mereka yang tanpa bersalah tidak mengenal Injil Kristus serta Gereja-Nya, tetapi dengan hati tulus mencari Allah, dan berkat pengaruh rahmat berusaha melaksanakan kehendak-Nya yang mereka kenal melalui suara hati dengan perbuatan nyata, dapat memperoleh keselamatan kekal [33].

Banyak orang yang mengutip Lumen Gentium 16 diatas, tanpa pernah membaca surat yang diacu pada catatan kaki, yaitu Surat Kongegrasi S.OFFICII kepada Uskup Agung Boston, DENZ, 3869-72. Padahal ini penting sekali agar pemahaman kita tentang Dogma “Diluar Gereja Tidak Ada Keselamatan” tidak keliru.

Karena terlalu panjang saya pisahkan artikelnya, tapi sebelum membaca Surat dari Kantor Kudus, silahkan baca penjelasan Joseph Clifford Fenton terlebih dahulu tentang Surat Kantor Kudus mengenai perlunya Gereja Katolik sebagai keselamatan.

Silahkan dibaca juga audiensi umum Beato Paus Yohanes Paulus II, 31 Mei 1995:  Semua Keselamatan Datang Melalui Kristus.

Semoga dapat sedikit membantu.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: