7 Tips Untuk Blogger Katolik

Di artikel ini saya akan berbagi 7 tips untuk Blogger katolik dalam memulai dan mengembangkan sebuah blog. Saya mendapatkan sumbernya di blog ini.

Oke tanpa panjang lebar lagi inilah 7 tips untuk Blogger Katolik pemula, semoga bermanfaat:

1. Kenapa anda merasa terpanggil untuk nge-blog dengan tema yang berhubungan dengan Katolik?

Cobalah untuk menanyakan pada diri anda sendiri dengan jujur. Apakah Allah yang memanggilku untuk melakukan hal ini ataukah keinginan daging biar terkenal? Apa yang anda harapkan dari ini? Seberapa serius anda melakukan ini? berdoalah.

2. Tentukan “genre” blog mu dan gaya menulismu

Seperti apa yang akan anda tulis? Hukum kanonik? Parenting? Apologetik? Katolisitas? Politik? Pro-Life? sebelum anda menulis sebuah mahakarya, anda perlu untuk mencari tahu “genre” blogmu. Pilihlah hal yang paling anda sukai. Tulislah dengan gayamu sendiri dalam menanggapi sebuah topik, karena hal ini akan menjadi sebuah pembeda blogmu dari blog-blog yang lain.

3. Pilihlah nama blogmu dengan bijak

Nama sangatlah penting didalam Kitab Suci (mis, Kej 17:4-5; Kej 32:28; Mat 16:17-19; Why 2:7), dan didalam kehidupan menggereja (khususnya pada saat Baptis dan Krisma), dan nama ini harus memberi info kepada kita sesuatu tentang diri/ blogmu. Hal yang sama berlaku pada judul blog dan judul postingan, karena hal inilah yang dilihat orang pertama kali sebelum mereka masuk kedalam blogmu. Ada banyak pilihan blog yang gratis seperti blogspot atau wordpress, pilihlah yang paling anda kuasai dikedua platform ini.

4. Penuhi dirimu

Anda hanya bisa memberi apa yang telah anda terima. Jika saya kehabisan ide untuk menulis, ini tandanya tangki ide saya sudah habis. Saatnya untuk menjauh dari komputer, menghabiskan waktu untuk mengikuti Misa, berdoa, membaca bacaan rohani, dan mengisi kembali tangki saya. Kedua hal ini mengembalikan semangat dan biasanya menginspirasi untuk membuat artikel yang lebih baik. Semuanya, termasuk nge-blog, berjalan lebih baik bersamaan dengan aktifitas kita untuk terus doa.

Memotong jadwal berdoa kita dengan Allah karena anda ingin nge-blog tentang Katolisitas sama seperti menghemat waktu pada perjalanan yang jauh dengan tidak berhenti untuk mengisi bahan bakar: kelihatannya pintar, tapi tidak akan berakhir dengan baik. Lebih buruknya lagi, mungkin itu pertanda bahwa anda mencoba untuk menjadi Mesias – mencoba untuk menyelamatkan orang lain melalui akal sendiri atau skill retorika. Anda tidak bisa. Hanya Allah yang bisa menyelamatkan. Yang terbaik yang bisa kita harapkan adalah seperti yang St. Paulus katakan, “alat pilihan” didalam rencana keselamatan Allah (Kis 9:15).

5. Konsistensi

Hal ini yang paling penting di dalam nge-blog, konsisten dalam mempublish suatu artikel. Saya dan Cornelius mencoba mempublish artikel setidaknya minimal seminggu sekali, tapi didalam seminggu kami juga bisa mempublish dua buah artikel atau lebih. Jika dalam seminggu anda tidak memposting sesuatu, orang-orang akan pergi meninggalkan blog anda. Jadi jika anda ingin mengambil waktu untuk beristirahat (setiap orang melakukan ini) dan ingin para pembaca ada disana pada saat anda kembali, cobalah untuk membuat pengumuman kepada para pembaca agar mereka tahu.

6. Kontent/ Isi

Tulislah sebuah artikel yang anda pikir orang lain perlu untuk membacanya. Jangan menunggu sampai anda menjadi sempurna atau menjadi seorang Santo. Hal yang kelihatannya biasa saja bagi anda, bisa saja terlihat dalam bagi mereka yang baru saja menemukan Katolisitas. Mereka yang rohaninya masih bayi, cobalah belajar berjalan didalam iman, bisa dengan mudah dipelajari dari anak kecil yang baru belajar berjalan daripada belajar dengan seorang sprinter. Gunakan Katekismus Gereja Katolik dan Ensiklopedia Katolik  letakkan tepat disamping anda, jika anda tidak tahu dengan pasti tentang apa yang akan anda katakan (atau jangan katakan apapun jika anda tidak tahu), bersiaplah untuk meminta maaf dan memperbaiki kesalahan dan gali lebih dalam lagi. Dan harap diingat, jangan berkontradiksi dengan ajaran Gereja, dan jangan membicarakan sebuah disiplin Gereja yang anda ingin Gereja bisa merubah hal ini (mis, Selibat). Anda harusnya membangun Tubuh Kristus, bukan menggerutu (1Kor 10:10)

Anda harus memasang target untuk mencampurkan kontenmu dan tanggapanmu terhadap artikel orang lain. Anda juga tidak perlu untuk mendominasi seluruh diskusi. Terkadang, membiarkan percakapan mengalir begitu saja itu sudah cukup.

Anda juga bisa meletakkan gambar-gambar Katolik dan video. Anda bisa menemukan itu dengan gratis, seperti wikimedia commons atau biblical art. Dan harap diingat, kita adalah orang Katolik, kita percaya bahwa semua keindahan itu menunjuk kepada Allah. Anda juga bisa memperhatikan bagaimana blogmu terlihat pada jenis-jenis browser yang berbeda, ukuran jendela yang berbeda-beda dan juga pada handphone anda.

7. Marketing

Buat blogmu mudah dibaca dan diikuti, perkenalkan dirimu, jangan lupa meletakkan “top post”, berkomentarlah pada blog lain dengan tulus dan murah hati, gunakan search engine optimization, undang seseorang sebagai tamu untuk menulis di blogmu, tukar menukar link antar blog, manfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter, dan yang terakhir jangan cepat menyerah, tidak ada yang instant semua butuh waktu agar blogmu bertumbuh.

Sebenarnya masih banyak lagi, misal: memperkenalkan pelindung blog (pilihlah nama dari nama orang-orang Kudus), bagaimana memperlakukan komentar yang kasar atau komentar yang menghina, dll.

“Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.” 1Ptr 4:8

Sekian dulu dari saya, anda mau menambahkan sesuatu? atau mau mempromosikan blog Katolik anda? silahkan tulis di kotak komentar dibawah ini.

9 komentar

  1. saya suka blog ini..ingn sekali bisa bikin blog katolik…semoga kesampaian…

    1. Terima kasih vepe. Ayo kamu bisa

      1. maaf..saya ada rencana membuat seperti buletin untuk lingkungan secara gratis terutama Katakese. saya mohon ijin untuk mengambil beberapa materi dari blog ini. untuk itu saya akan tetap mencantumkan sumbernya yaitu blog ini. semoga diperkenankan,
        terima kasih banyak

      2. Terima kasih Vepe, kami tentu senang kalau informasi yang ada di blog ini dapat membantu.

        Salam,
        Cornelius

  2. Sekedar berbagi, saya seorang blogger Katolik dan calon imam. Kalau teman-teman Katolik ingin berbagi dengan saya silahkan kunjungi website saya di sini http://www.kerabatmedia.com

    Semoga para blogger Katolik makin jaya.

    1. Terima kasih!

  3. Selamat malam, terima kasih atas tips-tipsnya. Semoga para blogger Katolik membaca tips-tips ini dan pada akhirnya mereka bisa menerapkannya.

  4. Saya ingin mengenal lebih jauh lagi tentang agama khatolik. Saya butuh bimbingan dari kalian semua. Krn saya mau berubah jd pengikut Tuhan Yesus yg setia padaNYA sampai selama2nya.

    1. Shalom Ifah chimuot,

      Anda bisa membaca kumpulan link pengetahuan dasar dan arsip blog ini :

      https://luxveritatis7.wordpress.com/2011/07/30/pengetahuan-dasar-iman-katolik/

      https://luxveritatis7.wordpress.com/arsip/

      Selain itu, sempatkan waktu untuk berkunjung ke http://www.ekaristi.org/forum/index.php dan http://www.katolisitas.org

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: