Indonesian Papist (IP) dan Indonesian Vice Christ (IVC) : Subscribe yang Asli (IP) !

Silakan membaca pernyataan dari blog Indonesian Papist :  Tindakan Plagiarisasi terhadap blog Indonesian Papist dan Lux Veritatis, pada artikel tersebut saudara Robby menunjukkan bahwa beberapa artikelnya dicopy paste tanpa dicantumkan sumber yang asli (plagiarisme) oleh blog Indonesian Vice Christ (Sekarang Blog Katolisitas Indonesia).

Update Mei 2013 : Sekarang owner blog tersebut menggunakan nama blog Katolisitas Indonesia

Update 4 Maret 2012 : Blog ICE berganti nama menjadi Indonesian Catholicism, dan kegiatan plagiatnya dari blog Indonesian Papist masih dilakukan, seperti pada artikel doa Komuni Spiritual blog IC, yang dicopy paste dan diubah sedikit-sedikit isinya dari blog Indonesian PapistJadi jelas bahwa Gerhand Wang tidak menyadari kesalahannya bahkan setelah tulisan ini dibuat.

Update 14 Feb 2012 : Blog Indonesian Catholic Evangelist mulai mencantumkan sumber-sumber dari artikel yang dicopy paste di blognya, namun sayangnya artikel madah Allah masih belum dicantumkan sumbernya. Semoga hal tersebut bisa diperbaiki dan ia juga tidak lupa mencantumkan sumber di setiap artikel yang dicopy paste atau di translate.

Update 6 Feb 2012 : Blog IVC ternyata berganti nama menjadi blog Indonesian Catholic Evangelist. Dan artikel madah Allah St. Gregorius dari Nyssa yang di plagiat dari blog Indonesian Papist masih tetap tidak dicantumkan sumber aslinya.

Update 5 Feb 2012 : Blog Indonesian Vice Christ sudah tidak bisa diakses.

Update 4 Feb 2012 : Owner Indonesian Vice Christ telah menghapus artikel Keutamaan Rasul Yohanes dari blognya. Saya akan terus memantau apakah nanti artikel2 yang di copy paste akan dihapus atau minimal dicantumkan sumbernya.

Update 3 Feb 2012 : Owner blog Indonesian Vice Christ tampaknya telah meremove kumpulan link yang dicopas dari blog Lux Veritatis, untuk lebih jelasnya lihat bagian bawah artikel ini.

Indonesian Papist merupakan blog apologetika katolik yang dibuat oleh teman saya, Robby Kristian Sitohang pada bulan Juli 2010, seperti yang bisa dibaca di sini. Blog tersebut banyak memberikan artikel-artikel yang menjadi referensi para apologist katolik serta umat awam lain untuk memperdalam dan mempertanggungjawabkan iman katolik.

Namun muncul sebuah blog lain, yakni Indonesian Vice Christ, yang dibuat pada Desember 2011 oleh Gerhand Wang, seperti yang bisa dibaca di sini. Bila para pembaca memperhatikan dengan baik, ada beberapa kemiripan baik dari template serta kata-kata dan gambar yang ada di blog Indonesian Papist, terdapat pula pada blog Indonesian Vice Christ. Contohnya adalah link menuju Buku Maria dan Link untuk mendownload Kompendium Katekismus Gereja Katolik. Silakan anda cari sendiri kemiripan lainnya.

Disini saya akan membuktikan bahwa pemilik blog Indonesian Vice Christ  melakukan plagiarisme , yaitu mengcopy paste artikel pihak lain tanpa mencantumkan sumbernya. Hal tersebut menunjukkan bahwa owner blog IVC mengambil kredit yang seharusnya diberikan pada penulis yang asli.

Pada 23 Januari 2012, terdapat artikel Keutamaan Rasul Yohanes di blog IVC :

Sumber asli artikel tersebut berasal dari katolisitas.org : Apa Keutamaan Rasul Yohanes? Bisa dilihat kalo kata-katanya sama persis:

Tulisan di Katolisitas :

1. Allah tidak memberi persyaratan tertentu terlebih dahulu sebelum Ia dapat mengasihi kita.

Allah mengasihi kita terlebih dahulu tanpa syarat, baru kemudian kita diundang untuk menanggapi kasih-Nya itu. Allah-lah yang pertama-tama mengambil inisiatif untuk mengasihi kita. Melalui kesaksian Rasul Yohanes, kita mengenal kasih Allah yang disebutkannya demikian, “Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.” (1Yoh 4:10)

Blog Indonesian Vice Christ :

1. Allah tidak memberi persyaratan tertentu terlebih dahulu sebelum Ia dapat mengasihi kita.

Allah mengasihi kita terlebih dahulu tanpa syarat, baru kemudian kita diundang untuk menanggapi kasih-Nya itu. Allah-lah yang pertama-tama mengambil inisiatif untuk mengasihi kita. Melalui kesaksian Rasul Yohanes, kita mengenal kasih Allah yang disebutkannya demikian, “Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.” (1Yoh 4:10)

Walaupun IVC tidak mengutip artikel dari katolisitas secara lengkap, tapi ia pun tidak mencantumkan sumber asli, seperti yang bisa dilihat di bagian bawah artikelnya (perlu diingat bahwa dalam etika berinternet, sumber asli biasanya memang dincantumkan di bagian paling atas dan paling bawah suati artikel) :

Nah, yang ingin saya tekankan dalam artikel ini adalah bahwa artikel2 yang terdapat pada blog Indonesian Vice Christ, kebanyakan hanya copy paste dari blog indonesian papist dan juga website katolik lain seperti katolisitas.org, tanpa memberikan referensi ke sumber asli. Padahal dalam web katolisitas dan blog IP terdapat tulisan berikut : 

Silakan menggunakan artikel yang ada di web blog ini dengan tetap mencantumkan link asli dari setiap artikel yang digunakan. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web blog ini untuk kepentingan komersial.Pax et Bonum – Indonesian Papist

Copyright katolisitas – 2008 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan “www.katolisitas.org“, kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial. – Katolisitas

Dengan melakukan tindakan copy paste tanpa memberikan referensi, ataupun mengubah sebagian isi artikel asli, lalu diposting di blog sendiri tanpa mencantumkan sumbernya juga, merupakan suatu perbuatan yang sangat tidak menghargai usaha keras penulis artikel asli. Padahal mereka sudah bersusah payah membuat sebuah artikel, namun usaha mereka malah dijadikan tindakan plagiat seperti ini.

Saudara Gerhand Wang, saya menyarankan anda untuk berhenti melakukan kegiatan copy paste tanpa disertai artikel ataupun link ke sumber asli, ketahuilah apa yang anda lakukan itu sama dengan mencuri (Kel 20 : 15 Jangan Mencuri). Silakan hapus semua artikel copas anda, atau anda seharusnya mencantumkan sumber asli di setiap artikel copasan anda.

ANDA TIDAK BERHAK MENGCOPY PASTE TULISAN ORANG LAIN TANPA MEMBERIKAN LINK KE SUMBER ASLINYA, BAHKAN ANDA JUGA TIDAK BERHAK MENGUBAH-UBAH ARTIKEL ASLINYA DI BLOG ANDA, SEHINGGA ANDA BISA BERDALIH BAHWA ARTIKEL TERSEBUT TIDAK SAMA PERSIS. KEDUANYA ADALAH SALAH DAN DOSA. TAMBAHAN : JANGAN MENGULANGI HAL INI LAGI DAN BILA ANDA MENGCOPY PASTE SUATU ARTIKEL, PASTIKAN ANDA MENCANTUMKAN SUMBERNYA

Bagi para pembawa yang sempat memfollow blog Indonesian Vice Christ, saya menyarankan agar anda tidak memfollow blog tersebut sampai ownernya memperbaiki kesalahannya. Untuk apa memfollow yang bajakan, kalau anda bisa langsung memfollow yang asli?

PS

Oh iya, blog IVC juga mengcopy paste link2 yang ada di blog Lux Veritatis. Ini daftar link blog IVC :

Sebelumnya, link2 yang terdapat di Blog Lux Veritatis memang seperti itu, namun kemudian saya menambahkan beberapa link lain belum lama ini. Meskipun demikian, terlihat jelas adanya kemiripan :

Update 3 Feb 2012 : Owner Blog Indonesian Vice Christ sepertinya telah meremove kumpulan link yang dicopas dari blog kami, seperti yang terlihat di screenshot ini :

Sebagai penutup, saya ulangi lagi perkataan saya :

ANDA TIDAK BERHAK MENGCOPY PASTE TULISAN ORANG LAIN TANPA MEMBERIKAN LINK KE SUMBER ASLINYA, BAHKAN ANDA JUGA TIDAK BERHAK MENGUBAH-UBAH ARTIKEL ASLINYA DI BLOG ANDA, SEHINGGA ANDA BISA BERDALIH BAHWA ARTIKEL TERSEBUT TIDAK SAMA PERSIS. KEDUANYA ADALAH SALAH DAN DOSA. TAMBAHAN : JANGAN MENGULANGI HAL INI LAGI DAN BILA ANDA MENGCOPY PASTE SUATU ARTIKEL, PASTIKAN ANDA MENCANTUMKAN SUMBERNYA

Bagi para pembawa yang sempat memfollow blog Indonesian Vice Christ, saya menyarankan agar anda tidak memfollow blog tersebut sampai ownernya memperbaiki kesalahannya. Untuk apa memfollow yang bajakan, kalau anda bisa langsung memfollow yang asli?

2 komentar

  1. joni kang · ·

    Komentar dalam huruf yang ditebalkan berasal dari Cornelius

    kasian lah dia umurnya aj baru 13 tahun pantaslah dia tidak tau apa-apa…. masih smp lagi
    admin anda keterlaluan dg gerhand wang!!! [Niat tidak membenarkan cara. Kalau anda mengatakan ia tidak tahu apa-apa, sekarang seharusnya ia sudah menyadari kesalahannya dan mau dengan rendah hati bertobat dan tidak mengulanginya]

    sy sahabatnya dia sampe nangis ngeliat km nulis disini dan gk mau lagi nulis artikel tanggung jawab km!!!!!!!!!!!
    km sangat keterlaluan admin benar2 sangat keterlaluan kasihan dia…. [Saya dan Owner Blog IP hanya mengingatkan. Untuk apa anda membela secara buta tanpa mengetahui kebenaran?]
    sy pernah bertanya dg dia”gerhand km bikin blog buat apa”??
    lalu dia jawab:”untuk mengenalkan kepada smua orang tentang kebenaran” [Ah, mari kita lihat konsistensi pernyataan ini.]

    klo km kesal dg dia cobalah inbox dia jgn sangat kasar km masukin kedunia maya lalu blognya itu dijadikan seperti sampah saja [Sudah banyak yang menginbox termasuk Owner Blog IP, tapi teguran dan saran itu ternyata tidak berguna dan menjadi seperti sampah saja]
    dia masih remaja admin

    dasar keterlaluan anda!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    dia juga kadang2 lupa karena dia menulis artikel setelah dia pulang sekolah coba anda jika ada di posisi nya gerhand lalu dipermalukan oleh blog ternama dan dg sangat kasar anda bilang dia plagiat terlalu anda [Kalau lupa berarti seharusnya saat dia online lagi dia bisa menambahkannya kan? Tidak usah melakukan rasionalisasi atas kesalahan dia. Apa yang saya lakukan tidak mempermalukan, tapi hanya menunjukkan kesalahan. Bukti2 sudah menunjukkan itu, terserah apakah anda mau menutup mata dan pikiran terhadap kenyataan ini]

    karena saya adalah temannya dia sy liat tadi di sekolah dia diem aja ky mau nangis saya liat….. coba sy tanya apakah hanya ipapist sj yg boleh terkenal dan tdk bolehkah blog teman sy itu bersinar [Terkenal? Jadi tujuannya adalah supaya blognya terkenal? Katanya mau membawa kebenaran? Tolong camkan ini baik-baik…baik blog Lux Veritatis dan blog Indonesian Papist, saya yakin, kami tidak mencari popularitas bagi diri kami sendiri. Biarlah Yesus semakin dikenal dan besar, sedangkan kami semakin kecil. Kalau memang tujuan blog IVC untuk menjadi terkenal, maka ini keliru]

    disini anda katakan klo lux veritaris cahaya kebenaran tapi apa????? yg anda buat artikelnya “UNTUK MEMBUAT MALU SESEORANG DAN BLOGNYA” dia mungkin sj tidak ingat menulis sumber karena katanya setelah pulang sekolah dia langsung duduk di depan komputer lalu ya dia liat2 aj artikel2 dan akhirnya ketemu ipapist lalu dia bilang sm severinus gimana bikin blog lalu setelah severinus menjelasakan panjang lebar akhirnya dia terpesona lalu coba sy tanya hanya blog papist kh yg hanya memakai template seperti itu????? hah? [Permasalahan utama bukan template, tapi artikel copy paste tanpa mencantumkan referensi. Terlebih Severinus mengatakan agar jangan menggunakan template yg sama, tapi toh ini dibiarkan saja. Kalaupun templatenya sama, desain template, peletakan gambar serta kata2 kan bisa dibuat berbeda, bukan mengubah sedikit tulisan orang lain lalu diklaim sebagai berbeda]

    anda harus tanggung jawab sy tidak mau tahu!!!!!!! sampai2 dia mau hapus tuh blognya…… krn selalu dihina orang padahal niatnya kan baik untuk mengabarkan kebenaran ttg gereja katolik!!!!! anda sudah menghancurkan niat baiknya. [Apakah dia mau minta maaf kepada Indonesian Papist? Kepada Katolisitas.org karena mengcopy paste artikel mereka tanpa sumber?]

    tadi di sekolah sy tanya dia “gerhand kenapa ada masalah??”,”gak ada apa2 kok”,”jgn bohong” sambil nangis dia bilang klo sangat banyak orang nuduh2 dia palgiat [Buktikan saja kalau tidak plagiat, sederhana kan?],blog gk berguna,manusia copas,huruf kecil huruf besar dan sangat banyak sampai tiap malam dia selalu berdoa untuk orang yang menyakitkan hatinya termasuk blog ini” lalu sy tanya kembali”lalu gimna sahabatku blog mu itu lalu diapakan??” lalu dia jawab” jon aku mau hapus aja dah tu blog sia2 aku meneteskan keringat”,lalu aku jawab aja”jangan ger jgn lakukan itu tuhan hanya menguji mu seberapa kuat km dihina orang jadilah seperti ayub sahabatku dan memang nya siapa sih yang paling menghina blogmu itu”lalu dia jawab sambil matanya merah sekali dia bilang”sangat banyak orang yg menghina aku bro,dan ada 1 blog yg membuat hatiku hampir pecah dan aku tidak tahan lagi melihat postingan nya”lalu sy jawab aja”apa nama blog itu” dia jawab”LUX VERITARIS” lalu aku jwb HAH BLOG TERNAMA [Blog Lux Veritatis bukanlah blog ternama] ITU MENGHINAMU [Jangan memfitnah. Di dalam tulisan saya, saya tidak menunjukkan adanya penghinaan kepada saudara Gerhand Wang. Silakan tunjukkan di bagian mana saya melakukan penghinaan terhadap pribadi Gerhand Wang] ASTAGA TUHAN YESUSS MASA GER? IA JAWAB:ya bro aku liat postingannya waktu itu secara tdk sengaja”

    ADMIN ANDA HARUS MINTA MAAF DENGAN DIA SEBELUM DIA MENGHAPUS BLOG NYA ITU JANGAN KM HANYA MENINGGIKAN BLOG YG HEBAT SEPERTI IPAPIST DAN LALU MERENDAHKAN BLOG KECIL ITU…. [Tidak ada yang meninggikan atau merendahkan.].

    INIKAH BLOG LUX VERITARIS SANG CAHAYA KEBENARAN DASAR TIDAK TAU DIRI KM!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! [Semoga Tuhan mengampuni dosa-dosamu atas cercaan dan kata-kata kasar terhadap pribadi saya]

    ANDA MEMANGNYA MEMANDANG DARI SEGIMANA BLOG TSB APAKAH DARI SEGI TEMPLATE ATAU ARTIKELNYA………….
    terserah anda mau balas komentar sy terhadap postingan ini what ever!!!!
    tapi sy hanya bilang coba km minta maaf dan km bikin postingan facebook sebesar2 nya untuk minta ampun dg dia !!!!!!!!!!!!! [Tentu saja saya bersedia minta maaf bila tulisan saya menyakiti hati, tapi apakah ia bersedia meminta maaf kepada saudara Severinus dan kemudian mendengarkan teguran dan melaksanakannya? Silakan tanyakan ini kepada temanmu]

    sy hanya memperingatkan anda karena sementara ini dia sedang pergi keluar negeri untuk 2hari saja setelah itu dia pasti menghapus blog itu
    jgn sekali lagi anda membuat postingan ini saran sy:HAPUS POSTINGAN TAK BERGUNA INI
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.[Permintaan anda saya tolak. Tulisan ini tidak akan dihapus]
    KM MENGHANCURKAN HATI SAHABATKU………………………………

    TUNJUKKAN KEBERANIAN ANDA ADMIN BLOG SAMPAH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! [Semoga Tuhan mengampuni dosa-dosamu]

    DIA JUGA BILANG KDANG DIA ITU LUPA KLO MAU NULIS SUMBERNYA KARN DIA HANYA DIPERBOLEHKAN ONLINE SELAMA 10 MENIT SJ DAN DIA SANGAT CEPAT SEKALI MENULIS ARTIKEL!!!! [Menulis atau copy paste? Suatu artikel yang berbobot membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk ditulis. Bahkan bisa berhari-hari. Sangat tidak mungkin bagi seorang anak yang katanya berusia 13 tahun menulis artikel dalam 10 menit, karena sebuah artikel yang bermutu ditulis atas dasar referensi yang berkualitas, dan untuk mencari referensi dan menuliskannya saja bisa memakan waktu berjam-jam. Silakan anda menanyakan ini kepada pemilik katolisitas ataupun saudara Severinus.] KARENA SESUDAH DIA ONLINE DIA DISURUH BELAJAR OLEH PAPAHNYA

    ANDA MEMANG SANGAT MENYAKITI HATINYA DIA SANGAT BERMIMPI2 KLO BLOGNYA ITU DI KENAL [Ingin membawa kebenaran atau menjadi terkenal? Terlihat sekali ketidakjujuran anda dalam jawaban-jawaban anda. Seorang blogger yang membawa ajaran katolik seharusnya tidak pernah ingin menjadi terkenal demi dirinya. Biarlah Yesus yang kami wartakan yang semakin dikenal, bukan pribadi kami. Kami hanyalah manusia biasa yang berdosa, yang masih harus memperjuangkan kehidupan kami masing-masing] ORANG LALU DI JOIN ORANG ITU YG DIINGINKAN TAPI HASILNYA APA KM HINA DIA DENGAN HINAAN
    SAMPAH KEPARAT KM ADMIN [Semoga Tuhan mengampuni dosa-dosamu]

    MAAF KAN SAYA ADMIN KLO MENGGUNAKAN KATA2 KASAR [Saya sudah memaafkanmu. Sebaiknya anda mengaku dosa atas segala cercaan dan kata-kata kasar yang tidak pada tempatnya itu serta fitnahan anda yang mengatakan bahwa saya menghina, padahal saya tidak menghina siapapun. Tunjukkan buktinya kalau memang ada.

    Saya closed komen di blog ini agar anda tidak terjerumus dalam dosa karena terus menjelek-jelekkan saya dengan kata-kata kasar anda. Silakan berefleksi dan mengaku dosa. Tulisan-tulisan kasar tidak saya hapus agar digunakan sebagai pembelajaran bahwa dalam berkomentar, sikap kasih haruslah diutamakan]

  2. wah, jiwa plagiat sudah mewabah sampai sini

%d blogger menyukai ini: