Paus Benediktus XVI : 25 Desember adalah Tanggal Historis Kelahiran Yesus Kristus

Tahun 2000, Joseph Cardinal Ratzinger menulis dalam bukunya The Spirit of the Liturgy bahwa tradisi Yahudi menganggap bahwa Abraham hampir mengurbankan Ishak di gunung Moriah pada 25 Maret. Gunung Moriah berada di Yerusalam (lih. 2 Chron 3:1), dan 25 Maret adalah tanggal dimana Kristus disalib pada kalender  solar (Paskah seperti Paskah Mosaic dikalkulasi oleh fenomena lunar). Anda bisa melihat bahwa ada hubungan geografis dan temporal disini. Kita memahami bahwa Bapa dengan rela mempersembahkan Putra-Nya yang tunggal.

Kardinal Ratzinger juga mencatat bahwa 25 Maret merupakan hari pertama penciptaan. Karenanya, 25 Maret memiliki makna kosmis.  Hal yang penting adalah bahwa 25 Maret adalah tanggal tradisional untuk penciptaan dunia, untuk kurban Abraham, dan untuk kurban Allah Putra.

Pada halaman 107-108, Kardinal Ratzinger membuat observasi bahwa kematian Kristus juga dianggap sebagai hari dimana Ia dikandung oleh Roh Kudus dalam rahim Perawan Maria. 25 Maret, adalah hari dimana Malaikat Gabriel memberi kabar sukacita pada Bunda Maria. Tambah 9 bulan maka anda akan tiba pada 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus.

Ratzinger juga membuang apa yang ia sebut “teori-teori lama” yang mengajarkan bahwa 25 Desember dipilih untuk menggantikan hari raya pagan. Namun Bapa Suci mengakui 25 Desember sebagai hari kelahiran Kristus Tuhan yang sebenarnya. Ia mengembangkan bahwa kesejajaran makna ini memiliki makna liturgis.

Masih pada topik yang sama, Paus St. Leo Agung juga berbicara tentang makna kosmis dari kelahiran Kristus pada musim salju :

Tapi kelahiran Yesus ini yang disembah di surga dan diatas bumi ditunjukkan bagi kita pada hari ini, dengan terang awal yang masih memancarkan sinarnya di alam, [terang] ini memperlihatkan bagi indra kita kegemilangan misteri yang menakjubkan ini (St. Leo Magnus, Sermo 26)

Sumber.

One comment

  1. Terpujilah Allah Bapa,Putera dan Roh Kudus, sekarang dan selama lamanya….

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: