PD : Mengapa Kita Perlu Berdoa kepada Allah?

Jika Allah maha tahu, mengapa kita perlu berdoa pada-Nya? Terlebih didalam injil Yesus berkata :

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. (Mat 6:7-8)

Jika berdoa bukan tentang memberikan informasi kepada Allah, karena Ia maha tahu dan mengetahui segalanya sebelum kita meminta, mengapa kita perlu berdoa?

St Thomas Aquinas memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut :

Kita perlu berdoa kepada Allah, bukan untuk membuat Ia mengetahui kebutuhan atau keinginan kita, namun supaya kita sendiri diingatkan akan perlunya meminta bantuan pada pertolongan Allah dalam hal-hal ini…Motif kita dalam berdoa bukan supaya kita boleh mengubah disposisi Ilahi, tapi agar, melalui doa-doa kita, kita bisa memperoleh apa yang Allah telah tetapkan [i.e. “Terjadilah kehendak-Mu”]…Allah menganugerahkan banyak hal pada kita dari kebebasan-Nya, bahkan tanpa kita memintanya : Tapi Ia menghendaki untuk menganugerahkan hal-hal tertentu kepada kita pada permintaan kita, adalah untuk demi kebaikan kita, yaitu, agar kita memperoleh keyakinan dalam meminta bantuan kepada Allah, dan supaya kita bisa mengenali didalam Dia, Pencipta kebutuhan kita (Summa theologiae, II-II, q. 83, a. 2 ad 1-3)

One comment

  1. Tulisan yang sangat bagus untuk memperkaya dan menambah wawsan pengetahuan tentang iman Katolik

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: