Argumen Pascal’s Wager

Berikut ini adalah lanjutan email dari seorang pembaca :

Dua orang teman saya yang lain, mempertanyakan agama, bahkan Tuhan. Padahal, mereka Katolik.
Tuhan harus bisa dilogika dan agama harus benar-benar menyatakan Tuhan, dalam hematnya.
Teman saya yang satu, kakaknya cukup aktif di Gereja dan ikut dalam persekutuan doa.
Teman saya yang lain, ibunya cukup aktif. Namun, saya juga mengetahui kalau ia pernah dikecewakan. Dulunya, ketika masih “punya” ayahnya sering memberikan sumbangan untuk Gereja. Ketika hampir bangkrut, pernah ayahnya meminta pinjaman ke Gereja, namun tidak dikabulkan. Singkat cerita, ayahnya pun bangkrut dan tak lama kemudian meninggal. Semenjak itu, ia kecewa dan kurang suka ke Gereja.
Pertanyaan yang sering mereka ajukan secara lepas adalah, “Untuk apa beragama itu?” dan “Apa buktinya kalau Tuhan ada?”.
Pernyataan yang pernah teman saya lontarkan, “Agama ada karena orang takut menghadapi kematian.”

Sudah ada beberapa artikel yang memberikan penjelasan tentang eksistensi Allah, diantaranya Bagaimana Membuktikan Bahwa Tuhan itu ada oleh katolisitas. Lalu kami sendiri masih menerjemahkan argumen dari Prof. Peter Kreeft tentang eksistensi Allah, silakan klik : Argumen Keberadaan Allah

Nah, pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan argument Pascal’s Wager, untuk menunjukkan bahwa percaya kepada Allah, secara rasional lebih menguntungkan daripada tidak percaya kepada Allah.

Andaikan sekarang anda sedang berjudi, apakah lebih baik percaya kepada Allah atau tidak, maka akan ada beberapa kemungkinan :

  1. Jika anda percaya kepada Allah, dan ketika anda mati terbukti bahwa Allah itu ada, maka peluang anda untuk masuk surga lebih besar, karena di dunia ini anda sudah mengenal Allah dan tentu berupaya untuk melaksanakan perintah-Nya. Anda akan lebih mungkin mendapatkan kebahagiaan kekal. Anda memenangkan segalanya.
  2. Jika anda tidak percaya kepada Allah, dan ketika anda mati terbukti bahwa Allah itu tidak ada, maka seperti nomor 1, anda akan kembali kepada ketiadaan dan tidak akan kehilangan apapun.
  3. Jika anda percaya kepada Allah, dan ketika anda mati maka terbukti bahwa Allah tidak ada, maka anda hanya akan kembali kepada ketiadaan, dan anda tidak akan kehilangan apapun.
  4. Jika anda tidak percaya kepada Allah, dan ketika anda mati terbukti bahwa Allah itu ada, maka kemungkinan besar anda akan masuk neraka, karena sejak hidup di dunia anda tidak mengenal Allah padahal Allah menawarkan cinta-Nya kepada kita.

Bahkan bila kita percaya kepada Allah dan ternyata Allah tidak ada, kita tidak kehilangan apapun, sangat berbeda dengan nomor 4. Berdasarkan penjelasan diatas, pilihan nomor 1 dan 2 jelas lebih masuk akal daripada pilihan nomor 3 dan 4 karena posisi tersebut lebih aman untuk kita.

Harus diingat bahwa argument Pascal’s Wager cuma menunjukkan bahwa kepercayaan kepada Allah, secara probabilitas lebih rasional dan menguntungkan bagi manusia. Pascal’s wager tidak membahas mana agama yang benar. Juga Pascal’s wager adalah sarana yang membantu kita untuk memililih diantara dua hal bila kita mengalami kebingungan, percaya atau tidak percaya kepada Allah.

Mungkin ada juga yang memiliki keberatan :”Bagaimana saya percaya kepada Allah jika Allah sendiri bisa memasukkan orang yang percaya ke neraka?”. Well, selagi kita tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat kita masuk ke neraka, tentu tidak ada masalah untuk percaya kepada Allah.

PS

Tuhan tidak akan bisa sungguh dilogika oleh manusia, karena manusia tidak mungkin memahami Allah yang begitu besar. Ini sama saja seperti memasukkan air di lautan ke dalam sebuah gelas. Jika Allah bisa dipahami oleh logika manusia, maka Ia bukanlah Allah. Hanya sedikit yang bisa kita pahami, selebihnya adalah misteri yang harus diterima dengan iman.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: