3. Tindakan Iman dan Obyek Iman

Apa maksudnya oleh “iman”?
Kita harus memisahkan tindakan iman manusia dari obyek iman ilahi, iman kita dari iman itu sendiri, tindakan untuk percaya dari kebenaran yang dipercaya.
Tindakan iman adalah kita. Adalah pilihan kita sendiri untuk percaya atau tidak percaya.

Untuk percaya apa? atas apa yang telah Allah nyatakan, wahyu ilahi. Inilah obyek iman.

Tindakan iman saling berhubungan pada obyeknya. Kita tidak “begitu saja percaya,” kita percaya Allah. Dan kita tidak begitu saja percaya kepada allah yang mana saja, kita percaya Allah yang sejati, Bapa dari Yesus Kristus, seperti yang telah dinyatakan kepada kita oleh Gereja, lewat Syahadat, dan Injil-nya.

Katekismus menjelaskan tindakan iman seperti berikut: “Iman adalah satu perbuatan pribadi: jawaban bebas manusia atas undangan Allah yang mewahyukan Diri” (KGK 166). Iman adalah tanggapan terhadap data, terhadap apa yang telah diberikan (data artinya “sesuatu yang diberikan”) kepada kita oleh Allah – inilah, sebuah jawaban terhadap wahyu ilahi. Iman bukanlah seperti perasaan yang kita lakukan didalam diri kita sendiri. Iman mempunyai banyak data seperti ilmu pengetahuan lakukan. Tetapi data iman tidak bisa ditemukan, atau dibuktikan, atau dimengerti oleh metode ilmu pengetahuan. Allah tidak pas didalam tabung tes. Ia tidak tampak pada mata, hanya pada pikiran (yang bijaksana) dan pada hati (yang kudus).

sumber terjemahan dikutip dari booklet The Luke E Hart Series; Basic Element of the Catholic Faith; Part One: Faith; by Peter Kreeft.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: