Apakah Katolik Menyembah Patung dan Bunda Maria?

Pembuatan Patung

Berikut ini adalah ayat dari kitab keluaran 20 : 3-5 yang sering digunakan untuk menuduh bahwa katolik menyembah patung, padahal pembuatan patung dilarang.‎

3.Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. 4Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. 5Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan, Allahmu, adalah Allah yang cemburu yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci aku.

3.You shall not have other gods besides me (NAB, CCB); no other gods before me(RSV, NIV, KJV); 4.You shall not carve idols (NAB); a graven image (RSV); any graven image (NIV, KJV); a carved image (CCB) for yourselves in the shape of anything in the sky above or on the earth below or in the waters beneath the earth; 5.you shall not bow down (NAB, RSV, NIV, KJV, CCB) before them or worship them: for I the LORD your God am a jealous God, visiting the iniquity of the fathers upon the children to the third and the fourth generation of those who hate me.

Catatan: NAB= New American Bible; RSV= Revised Standard Version; NIV= New International Version; CCB= Christian Community Bible.

Kata patung tersebut dalam bahasa inggris adalah carved idols atau graven image, dimana artinya adalah patung berhala.

Nah, kalo dilihat konteksnya maka yang tidak diperbolehkan adalah membuat patung untuk dijadikan berhala atau disembah. Lalu apakah boleh membuat patung namun tidak disembah? Tentu saja tidak ada masalah, Tuhan sendiri memerintahkan untuk membuat patung seperti yang terlihat dari ayat berikut :

Kel 25:18-19 : Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu. Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya.

Bil 21:8 : Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup.”

Jadi, jelas bahwa umat katolik membuat patung tidak untuk disembah, melainkan mereka menghormati apa yang digambarkan oleh patung tersebut (misalnya para kudus atau Bunda Maria). Hanya Allah yang boleh disembah.

Berdoa Melalui Perantaraan Bunda Maria

Umat Katolik tidak pernah menyembah Bunda Maria, dan tidak ada satupun ciptaan yang bisa disejajarkan dengan Yesus Kristus yang adalah Allah.  Katekismus Gereja Katolik menjelaskan :

970 Adapun “peran keibuan Maria terhadap umat manusia sedikitpun tidak menyuramkan atau mengurangi pengantaraan Kristus yang tunggal itu, melainkan justru menunjukkan kekuatannya. Sebab segala pengaruh santa Perawan Maria yang menyelamatkan manusia … berasal dari kelimpahan pahala Kristus. Pengaruh itu bertumpu kepada pengantaraan-Nya, sama sekali tergantung daripadanya, dan menimba segala kekuatannya daripadanya” (LG 60). “Sebab tiada satu mahkluk pun yang pernah dapat disejajarkan dengan sabda yang menjelma dan Penebus kita. Namun seperti imamat Kristus secara berbeda-beda ikut dihayati oleh para pelayan (imam) maupun oleh umat beriman, dan seperti satu kebapakan Allah dengan cara yang berbeda-beda pula terpancarkan secara nyata dalam mahkluk-mahkluk, begitu pula satu-satunya pengantaraan Penebus tidak meniadakan, melainkan membangkitkan pada mahkluk-mahkluk aneka bentuk kerja sama yang berasal dari satu-satunya sumber” (LG 62).

Alasan mengapa kita berdoa melalui perantaraan Bunda Maria sama dengan alasan kita berdoa melalui para Kudus, yang bisa dibaca di artikel ini (silakan klik).

17 komentar

  1. Tolong dijawab….

    Apa yang seharus nya saya lakukan.. karna saya seorang protestan.. jika ada kata teman saya mereka berdoa pada maria… menurut saya agama katolik itu sudah sangat bagus tapi saya kurang suka dengan ada nya keberadaan bunda maria sendiri .. saya tidak membencinya tapi apakah hanya maria yang di khususkan lalu bagaimana YUSUF/YOSEF SENDIRI padahl ia seoarang yang sangat beriman pada tuhan… tapi menurut saya .. saya percaya bahwa agama katolik sudah benar.. karna masih mempertahankan semua tradisi keagamaan nya… kami di protestan sendiri saya sangat kurang yakin dengan pendeta alasan nya pada saat mereka berdoa ternyata doa mereka hanya sebuah doa karangan sendiri.. mereka kurang ada keseriusan… dan satu hal yaitu pernikahan mereka.. saya sangat tidak setuju dengan itu .. saya mengambil contoh seorang biarawan hidup mereka di khususkan di hadirat tuhan … karna mereka mau hidup mereka hanya melayani tuhan saya.. salut itu… menurut saya pendeta tak semuanya kudus… buktinya mereka telah mempunyai hubungan.. yang mungkin telah ternodai dosa………. .. saya ancung jempol buat katolik…seharus nya waktu itu MARTHIN LUTHER lebih bijak lagi setelah membangun ajaran baru….. walau saya hanya anak kelas 2 smp.. sya sudah mengerti banyak

    1. Gereja Katolik juga memiliki devosi terhadap St. Yoseph, namun memang Maria mendapat tempat yang paling tinggi di antara orang kudus lainnya karena perannya sebagai Bunda Allah yang terlibat dalam sejarah keselamatan. Baik Maria dan Yoseph, keduanya mendapat penghormatan dan devosi dalam Gereja Katolik.

  2. Bagaimana dg kesaksian seorang dukun afrika yg bertobat (academia.edu) yg mengatakan bahwa ketika kita berdoa rosario sesungguhnya kita terhubung dg naga iblis yg menguasai udara?..bagaimana jika itu benar?…

    1. Silakan buktikan bila memang ada buktinya.

  3. Komentar huruf tebal berasal dari Cornelius

    terima kasih, karena telah memberikan informasi yg bermanfaat bagi umat katolik.
    Ada beberapa pertanyaan yang sering menyudutkan umat Katolik
    1. Trinitas [Luangkan waktu anda membaca topik ini, karena link ini membahas berbagai keberatan yang sering dipersoalkan tentang Trinitas : http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?t=2709
    2. Ajaran Paulus silahkan baca dari link ini: http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?p=115644
    3. yang disalib bukan Yesus Baca ini : http://katolisitas.org/7060/yesus-tidak-benar-benar-mati-di-salib
    mohon pencerahannya, terima kasih

    1. salam damai dan kasih, terima kasih atas pencerahanya.
      semoga tidak jemu untuk membalas pertanyaan saya saudaraku Cornelius:
      saya juga menggunakan Alkitab Sabda (http://alkitab.sabda.org/home.php). disana ada beberapa pasal/ayat yang dicetak dengan huruf warna merah, saya kurang mengerti maksudnya, mohon penjelasannya. terima kasih semoga damai dan kasih Kristus selelau menyertai kita

      1. Anda beragama katolik atau protestan? Silakan berikan contoh ayat yang anda maksud, sehingga mempermudah kami untuk menjawab. Berusahalah untuk merumuskan pertanyaan yang lebih spesifik dan jelas, karena sejujurnya apa yang anda minta itu sangat tidak jelas dan membingungkan.

      2. Reki Pesik · ·

        Terima kasih atas tanggapannya, saya Katolik. Untuk menambah wawasan saya juga membaca Alkitab Online (Alkitab Sabda). Di situ ada ayat yang yang dicetak dengan warna merah. Kemudian satu waktu di halaman facebook… ada pertanyaan dari agama tetangga: Apa arti ayat dalam Alkitab-Injil yang dicetak dengan huruf merah?
        Demikian terima kasih sebelumnya.

        Menyambung pertanyaan saya sebelumnya:
        contoh ayat tersebut http://alkitab.sabda.org/bible.php?book=Mat&chapter=10#v3

      3. Tidak ada artinya, kalo anda membaca Alkitab, tidak ada itu ayat-ayat yang dicetak dengan huruf berwarna merah, semua dicetak dengan huruf hitam.

      4. Silakan anda membaca alkitab online versi katolik dengan catatan kaki menggunakan tafsir Bapa Gereja : http://haydock1859.tripod.com/

        Pada contoh yang anda kutip, penjelasan tiap ayatnya bisa dibaca disini : http://haydock1859.tripod.com/id24.html

        Kami tidak bisa membahas semua ayat berwarna merah itu (kalau hanya satu atau beberapa masih bisa), kalau memang ingin memahami ayat per ayat maka perlu dilakukan studi kitab suci secara mendalam.

  4. Iman katolik yang benar tidak menyuruh umatnya menyembah patung dan dijadikan jimat untuk menangkal kekuatan jahat atau memperoleh rejeki. memang ada bahaya bila orang yang belum mengerti apa arti berdoa didepan patung Yesus dan Maria, atau orang-orang kudus, untuk menyembah patungnya( buatan tangan manusia), dan menjadikan jimat. Gereja katolik menghormati pribadi Yesus, Maria Dan orang-orang kudus karena perbuatan kasih mereka terhadap Tuhan dan sesama yang nyata selama mereka hidup. Seperti kita menghormati bendera, dan Para pahlawan bangsa, begitupun seharusnya rasa orat dan bangga ditujukan kepada pribadi-pribadi ini. Dan Gereja Katolik percaya Pribadi dibalik Patung sebagai simbol kehadiran secara nyata agar bisa mengingat wajahnya atau jasa-jasa baiknya, dan yang terpenting berusaha agar kebajikannya dapat menjadi pedoman dan petunjuk bagi orang yang percaya pada kebenaran ajaran Kasih yang berasal dari Tuhan.

  5. tapi apakah berdoa, sujud dihadapan patung yesus dan bunda maria itu dibenarkan dan tidak dianggap sebagai suatu wujud penyembahan?

    1. Shalom Maria Aprilya Tw,

      Berdoa dan bersujud dihadapan patung tidak sama dengan menyembah patung tersebut. Karena penyembahan hanya ditujukan kepada Allah. Gestur seperti berlutut itu hanya menunjukkan penghormatan terhadap apa yang digambarkan oleh patung tersebut. Jadi kalau ada orang katolik bersujud di depan patung Maria, ia tidak menyembah Maria namun menghormati Maria. Sama seperti kalau kita bersujud di hadapan orang tua kita, tidak berarti kita menyembah mereka.

      Seringkali orang yang melihat orang lain berdoa di depan patung tidak memperhatikan persepsi dari sudut pandang orang tersebut, melainkan orang cenderung langsung memberikan penilaian bahwa itu menyembah, padahal orang yang berdoa didepan patung memahami bahwa ia tidak menyembah patung.

      Seomga cukup jelas dan bisa dipahami.

      Salam dan doa,
      Cornelius.

    2. Bertentangan dengan Kel 20: 4 atau Ul 4:15?

      Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami akan memgemukakan pendapat seorang rabbi Yahudi, W. Gunter Plaut, yang menerbitkan kitab Taurat berikut komentar-komentar singkatnya.

      Jadi, suatu pendapat yang sama sekali tidak dilatar belakangi oleh kebutuhan untuk membela suatu praktek dalam agamanya sendiri, sebab agama Yahudi tidak mengenal pemakaian patung. Pendapat rabbi tersebut tentunya mencerminkan pendapat dari banyak rabbi lain yang berkerja sama dengannya dalam penyusunan komentar itu. W. Gunter Plaut berpendapat bahwa menurut Kel 20:4-5 Allah melarang pembuatan patung yang menyerupai apa pun dengan tujuan untuk menyembahnya. Jadi larangan membuat patung (ayat 4) harus dibaca dalam kesatuan dengan larangan untuk menyembahnya (ayat 5); kedua ayat ini merupakan satu kesatuan. Menurut dia, sebenanya membuat patung sekedar sebagai karya seni tidaklah dilarang. Seandainya tidak berarti demikian, apa gunanya ada keterangan tambahan pada ayat 5 yang menerangkan larangan itu lebih lanjut: “Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya?” Jika yang dilarang adalah pembuatan segala jenis patung belaka, bukankah ayat 5 tidak ada artinya dan berlebih-lebihan belaka, sebab bukankah dengan ditaatinya ayat 4 maka tidak akan ada patung untuk disembah? Sehubungan dengan Ul 4:15, keterangan yang diberikan Plaut persis sama.
      Latar belakang larangan itu adalah kebiasaan bangsa-bangsa kafir yang membuat patung-patung menjadi dewa-dewi mereka. Dan hanya dalam konteks itulah larangan membuat patung harus diartikan.

      Menurut hemat kami, pendapat Plaut memang tepat. Seandainya segala bentuk seni atau patung tuangan dilarang, mengapa dalam Kel 20:18-20 Tuhan sendiri memperintahkan pembuatan dua kerub dari emas untuk ditempatkan diatas penutup tabut perjanjian? Kerub adalah makluk surgawi yang menyerupai manusia bersayap dan yang berwajah binatang. Atau, mengapa dalam bait suci yang kelak dibangun oleh Salomon , yang ditaruh juga sepasang kerub dari kayu minyak yang dilapisi emas, yang “sama potongan badannya” dan yang “mengembangkan sayapnya, sehingga kerub yang satu menyentuh dinding dengan sayapnya dan kerub yang kedua menyentuh dinding yang lain” (1 Raj 6:23-28)? Mengapa pula ada ular tembaga yang dipasang didalam bait Allah sampai patung ular itu dihancurkan oleh raja Hizkia (2 Raj 18:4) ratusan tahun kemudian?

      Kalau kita berpegangan pada Ul 4:15, jelas bahwa yang dilarang hanyalah pembuatan patung Yahweh, Tuhan Allah Israel, dengan maksud untuk disembah. Kalau begitu, bukankah Gereja Katolik tidak bertentangan dengan Ul 4:15, sebab Gereja Katolik memang tidak membuat patung Yahweh (=Allah Bapa) yang tidak kelihatan itu? (Sejauh pengetahuan kami tidak ada patung Allah Bapa dalam Gereja Katolik). Yang dibuat hanyalah patung Yesus. Dia memang Allah, tetapi sejauh Dia pernah menjelmah menjadi manusia, DIA BISA KITA GAMBARKAN SEBAGAI MANUSIA, TETAPI BUKAN UNTUK DI SEMBAH. Begitu juga dengan patung Maria dan patung para kudus.

  6. Yamadipati · · Balas

    Ini info yang sangat penting dan banyak orang tidak tahu. Like it via WP. Thanks ^_^

  7. beatrix tarigan · · Balas

    betul tu,,..
    sering jg tmn2 blg k aq kalo Katolik tu nyembah patung & Bunda Maria..
    pdhl enggak kan,,mdh2an mereka baca link ni..
    GBU
    ^^

  8. Inilah artikel yang tepat.. :) saya copy thx…

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: