Beberapa Quotes Bapa Suci saat WYD di Madrid – Part 2



“Tidak ada sesuatu yang dapat kita pelajari dari yang lain, tetapi hanya Dialah yang, dan hanya Dia yang sungguh mengetahui jalan manusia kepada Allah, sebab hanya Dialah yang membuka jalan itu kepada kita, Dia membukan jalan itu agar kita mempunyai hidup yang sejati, hidup yang selalu berguna dalam setiap saat dan kesekitaran kita, dan yang bahkan kematian tidak dapat menghancurkannya. Dia selalu mencintaimu.

 

“Adalah selalu baik untuk selalu mencari jawaban atas pertanyaan hidup. Tapi di atas semuanya, carilah Kebenaran, yang bukan sekedar sebuah idea tau ideologi atau slogan, tetapi seorang pribadi; Kristus, Allah sendiri, yang telah datang ke tengah-tengah kita! Dia selalu mencintaimu dan Dia tahu bahwa Anda lebih baik dari yang lain. Semoga hari-hari ini memperkayamu dalam doa, mengajarimu dan membawamu untuk menemukan nilai ini, sehingga Anda boleh mencintai Dia lebih dari semua yang lain.”

 

“Ada kata-kata yang hanya digunakan untuk menghibur dan kata-kata tersebut memudar seperti angin; beberapa yang lain dicapai saat menyentuh pikiran; kata-kata Yesus, harus menyentuh hati, berakar didalamnya dan membentuk kehidupan. Masa muda adalah waktu istimewa untuk mencari dan bertemu menemukan kebenaran. Seperti yang dikatakan Plato :“Carilah kebenaran selagi kamu muda, karena jika kamu tidak melakukannya, kebenaran kemudian akan lari dari  genggamanmu””

 

“Ingatlah selalu bahwa ajaran bukan hanya mengkomunikasikan isinya, tapi tentang membentuk orang muda. Kamu perlu memahami dan mencintai mereka, untuk membangunkan kehausan pada kebenaran dari dalam dan kerinduan untuk transendens. Jadilah sumber dorongan dan kekuatan bagi mereka. Untuk membuat hal ini terjadi, kita perlu mengenali di tempat pertama bahwa jalan kepada kepenuhan keberanan memanggil komitmen yang lengkap : ini adalah jalan pemahaman dan kasih; akal budi dan iman. Kita tidak bisa mengetahui sesuatu kecuali kita digerakkan oleh kasih; atau, mengasihi sesuatu yang tidak menyerang ktia sebagai hal yang masuk akal. Pemahaman dan kasih bukanlah bagian yang terpisah; kasih itu kaya dalam pemahaman dan pemahaman itu penuh kasih (Caritas in Veritate, 30). Jika kebenaran dan kebaikan berjalan bersama, begitu juga pengetahuan dan kasih. Kesatuan ini menuntun pada konsistensi dalam kehidupan dan pikiran, kemampuan untuk menginspirasi tuntutan dari setiap pendidik yang baik. Di tempat kedua, kita perlu mengenali bahwa kebenaran sendiri akan selalu terbentang melebihi genggaman kita. Kita bisa mencari dan mendekatinya, tapi kita tidak bisa memilikinya secara utuh; atau untuk menaruhnya lebih baik, kebenaran memiliki kita dan menginspirasi kita. Dalam aktivitas intelektual dan edukasional kebajikan kerendahan hati juga tidak terpisahkan, karena ia melindungi kita dari kesombongan yang menghalangi jalan kepada kebenaran. Kita tidak harus menarik pelajar kepada diri kita, tapi menyiapkan mereka di jalan menuju kebenaran yang kita cari bersama. Tuhan akan membantu kita dalam hal ini, karena Ia meminta kamu untuk menjadi sederhana dan efektif seperti garam, atau seperti lampu yang dengan tenang menerangi ruangan (Mat 5:13). Semua hal ini, akhirnya, mengingatkan kita untuk memantapkan pandangan kita kepada Kristus, yang wajah-Nya memancarkan Kebenaran yang mencerahkan kita. Kristus juga Jalan yang menuntun kepada pemenuhan abadi; Ia berjalan terus menerus di sisi kita dan menunjang kita dengan kasih-Nya. Berakar dalam Ia, kamu akan membuktikan [bahwa Ia] pemandu yang baik kepada orang muda. Dengan keyakinan ini aku berdoa pada perlindungan Perawan Maria, Tahta Kebijaksanaan. Semoga ia membantumu bekerja sama dengan Putra-Nya dengan menghidupi kehidupan yang secara pribadi memuaskan dan membawa buah kekayaan pengetahuan dan iman bagi para muridmu.” – Adress to Young University Professors.

Sumber : news.va

One comment

  1. amadeus · · Balas

    Sesuatu ikatan antara Harapan dg doa, Iman dg keyakinan, Benar dg kebaikan, Kasih dg perbuatan, dan semua akan Hidup dg Air yg ada di bawah tepak kaki Yesus dinyatakan dg berjalan di atas air.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: