Kontroversi Makam Yesus

Kasus tentang makam Yesus yang ditemukan sempat menjadi kontroversi, apakah itu benar-benar makam Yesus ataukah bukan. Untuk itulah penulis berusaha meringkas artikel Jimmy Akin, Tomb of Jesus Nonsense.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang diakui secara luas, termasuk mereka yang tidak percaya akan kebangkitan Yesus Kristus.

1. Yesus orang Galilea

2. Keluarga Yesus miskin

3. Yesus disalibkan oleh orang romawi.

4. Ada ketegangan yang besar antara komunitas Kristen awal dengan komunitas yahudi (seperti yang diilustrasikan dengan eksekusi St. Stefanus dan St. Yakobous yang adil dan pengakuan penyiksaan kepada Gereja oleh St. Paulus)

5. Umat Kristen awal membuat kesepakatan tentang kebangkitan Kristus

6. Dalam konteks yahudi abad pertama, itu berarti makam Yesus kosong.

7. Umat Kristen awal juga membuat kesepakatan tentang kenaikan Kristus ke surga.

8. Umat Kristen awal membuat kesepakatan tentang Gereja sebagai mempelai Kristus yang mistis/metafora

9. Tidak jauh seperti kisah yang diusulkan oleh James Cameron dan rekan-rekannya yang tercatat dalam literatur Kristen atau Yahudi atau kafir awal mengenai Gereja awal.

Nah, mari kita perjelas setiap premis diatas.

Poin 1. Yesus orang Galilea, dan asalnya dari Nazaret. Rumah keluarganya berada di utara, di Galilea. Kenapa mereka punya makam keluarga di Yerusalem? Seseorang dapat dimakamkan disana bila ia kebetulan mati disana, dan pada waktu Yesus wafat tidak ada cukup waktu untuk membawa tubuhnya ke Galilea. Seharusnya makam keluarga Yesus berada di Galilea, karena disanalah sebagian besar anggota keluarga Yesus akan meninggal. Karena itu, tidaklah mungkin keluarga Yesus memiliki makam di Yerusalem.

Poin 2. Keluarga mereka miskin dan tidak punya banyak uang. Jadi bagaimana bisa mereka memiliki makam berkelas menengah atau menengah ke atas sekalipun makan tersebut terletak di Yerusalem? Terlebih lagi, terdapat ornament atau hiasan dimakam tersebut, bagaimana mungkin keluarga yang miskin mampu mengeluarkan uang untuk mengukir hiasan seperti itu?

Poin 3 sampai 6. Umat Kristen awal dan klaimnya tentang kebangkitan mengganggu umat yahudi non Kristen serta orang romawi. Bagi non Kristen yahudi, pesan umat Kristen adalah suatu pengkhianatan iman, suatu kesesatan. Sedangkan bagi orang romawi, umat Kristen juga menyusahkan mereka karena menimbulkan perbedaan pendapat antara yahudi dan romawi.

Matius 28 : 11-15

11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala. 12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu. 13 dan berkata: “Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur. 14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa.” 15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini.

Disini Matius sedang melakukan sebuah counter apologetic diantara orang non Kristen yahudi, karena saat itu cerita yang beredar ialah bahwa tubuh Yesus dicuri oleh murid-murid-Nya sehingga makam menjadi kosong.

Sebagai seorang apologis Kristen, kita tentunya tidak ingin mengangkat penjelasan alternative bahwa murid Yesus mencuri tubuh Yesus kecuali kita memiliki keberatan yang nyata, untuk menawarkan penjelasan sebaliknya (yaitu bahwa imam kepala menyuap para prajurit untuk mengatakan bahwa tubuh Yesus dicuri oleh murid-Nya)

Fakta bahwa Matius menyanggah cerita yang menyatakan murid Yesus mencuri tubuh Yesus menunjukkan bahwa pada saat itu, makam Yesus kosong karena tubuh-Nya tidak dicuri oleh murid-Nya, melainkan karena Yesus telah bangkit.

Tidak ada alasan untuk mengada-adakan penjelasan ini jika tulang-tulang Yesus, faktanya, berada dimakam yang digunakan oleh anggota keluarganya di Yerusalem. Jika murid-Nya sudah mendapat tubuh Yesus maka tidaklah perlu untuk membuat cerita bahwa murid Yesus yang mencuri tubuh Yesus.

Poin 7. Berdasarkan kesaksian umat Kristen awal, tubuh Yesus tidak berada di bumi tapi di surga. Yesus duduk disebelah kanan Bapa di surga sebagai Mesias dan Putra Allah. Kalau memang tubuh Yesus terletak di makam yang berada di Yerusalem, kita bisa berkata,”Tubuh Yesus masih ada dan terletak di ossuary itu!”

Poin 8. Gereja sebagai mempelai wanita Kristus. Gambaran seperti ini tidak akan muncul bila Yesus memiliki istri yang tinggal di Yerusalem. Kalaupun Yesus memiliki istri, kita pasti sudah mengetahuinya melalui tulisan-tulisan umat Kristen awal dan metafora Gereja sebagai mempelai Kristus tidak akan pernah ada. Selain itu, bila memang sebenarnya Yesus memiliki istri, maka pasti juga Yesus memiliki keturunan yang dapat menggantikan kedudukannya (masyarakat tradisional memiliki system patriarch), dan hal ini pasti dicatat dan diketahui oleh umat Kristen awal. Tapi kenyataannya adalah sebaliknya.

Poin 9. Fakta bahwa tidak ada catatan sejarah seperti yang diungkapkan James Cameroon menekankan hal yang tidak masuk akal dari keseluruhan

Sebagai tambahan, silakan lihat link yang ini dan ini.

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: