Definisi Bidah

Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.  2 Timotius 4:3-4

Menurut Katekismus Gereja Katolik, “Disebut bidah kalau menyangkal atau meragu-ragukan dengan tegas suatu kebenaran yang sebenarnya harus diimani dengan sikap iman ilahi dan katolik, sesudah penerimam Sakramen Pembaptisan; disebut murtad kalau menyangkal iman-kepercayaan kristiani secara menyeluruh” [KGK 2089]. Menurut Hilaire Belloc “Bidah adalah dislokasi dari beberapa skema yang lengkap dan mendukung diri sendiri oleh pengenalan dari sebuah cerita penolakan beberapa bagian sifat-sifat dasar…Bidah berarti,  lalu, membelokkan sebuah sistem oleh ‘pengecualian’…” [The Great Heresies (TAN Books, 1991) hal. 2]. Bidah bukanlah penolakan penuh terhadap Iman Kristiani tapi sebuah penyimpangan. Satu kebenaran pokok ditolak dengan mengorbankan kebenaran pokok. Sebagai contoh, pengetahuan tentang ajaran Kristus adalah penting, tapi bidah Gnostik mengklaim bahwa pengetahuan seperti itu lebih penting daripada iman. Mereka mengajarkan bahwa keselamatan datang melalui pengetahuan dan bukan oleh Iman didalam Yesus Kristus. Meskipun bidaah adalah buruk, kita bisa menghargai lebih baik kebenaran iman dengan memahami apa yang harus dihindari.

sumber

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: