Pelagianisme

Dinamakan sama dengan rahib dari Inggris, Pelagius, sebaya dengan St. Agustinus dan St. Jerome. Pada awal abad ke 5, ia menolak dosa asal serta kebutuhan rahmat penyelamatan dari Allah. Menurut kesesatannya, kesalahan dosa Adam tidak diturunkan pada kita. Dosa Adam hanya melukai Adam dan tidak melukai kita. Itu hanya contoh dari kejahatan saja. Demikian juga, Penebusan dari Kristus hanya instruksi dan contoh untuk kita, untuk mengikuti dalam rangka mengkounter contoh kejahatan dari Adam. Pelagius mengajarkan bahwa dengan cara alamiah, seperti gaya hidup yang keras (perbuatan), kita bisa mengatasi dosa-dosa pribadi kita. Kita bisa mendapatkan pahala surga oleh iman dasar tanpa bantuan supranatural Allah – yaitu rahmat. Menurut dia, hukum Musa adalah efektif sama seperti Injil untuk keselamatan. Keduanya St. Agustinus dan St. Jerome menentangnya. Sebagai hasil dari kerjanya melawan Pelagius, St. Agustinus dikenal sebagai “Doktor dari Rahmat.” Pelagius akhirnya dikutuk pada tahun 418 di Konsili Carthage disetujui oleh Paus Zosimus. Konsili ini mengajarkan:

  1. Kematian Adam adalah sebagai hasil dari dosa
  2. Sebagai hasil dari Dosa Asal, bayi yang baru lahir perlu untuk dibabtis
  3. Oleh Rahmat Allah, kita tidak hanya tahu perintah-Nya tapi juga memiliki kekuatan untuk mematuhinya
  4. Tanpa rahmat, perbuatan baik adalah tidak mungkin bagi kita
  5. Dan akhirnya, kita dan semua orang kudus mengakui diri kita sebagai orang berdosa didalam kejujuran dan tidak hanya keluar dari kerendahan hati. Kita dibenarkan (diselamatkan) oleh rahmat Allah (Kis 15:11; 18:27; Rom 3:24; Gal 2:21; Fl 1:7; 2:5; 2:8; 2Tim 1:9; Titus 3:7; Ibr 4:16).

Iman dan perbuatan baik adalah respon positif kita atau bekerja sama dengan rahmat. “Digerakaan oleh rahmat, manusia berpaling kepada Allah dan berpaling dari dosa, dan dengan demikian ia mendapat pengampunan dan kebenaran dari atas.” (KGK 2018)

sumber

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: