Menangani Tekanan dari Teman Sebaya, Petunjuk Untuk Remaja

Semua orang menghadapi tekanan negatif dari teman sebaya pada suatu waktu atau lainnya. Inilah beberapa saran untuk menangani tekanan negatif dari teman sebaya:

1. Kembangkan moralitas Kristianimu. Semakin engkau tahu tentang apa yang Allah mau, makin kurang engkau akan didesak untuk melakukan sesuatu yang salah.

2. Jangan bertindak karena ditantang, atau menantang orang lain untuk melakukan sesuatu. Tantangan bisa melibatkan kebiasaan untuk melakukan dosa – tindakan yang berbahaya dan menyakitkan.

3. Ingatlah bahwa engkau tidak harus melakukannya hanya karena semua orang melakukannya. Kita semua ingin menyesuaikan diri, tapi harga yang dibayar terlalu tinggi jika hal itu harus merusak hubungan kita dengan Allah dan sesama.

4. Katakan tidak dengan jelas dan tegas. Engkau tidak memiliki hutang kepada siapapun sebuah penjelasan karena tidak melakukan sesuatu yang salah. Hak terbaik yang sering dilakukan ketika menghadapi tekanan negatif dari teman sebaya adalah katakan saja tidak dan pergi menjauh.

5. Ganti grup teman sebayamu. Jika “teman”-mu secara konstan mendorongmu untuk melakukan sesuatu yang salah, mereka bukalah benar-benar temanmu. Pilihlah untuk menghabiskan waktumu dengan orang-orang yang menghargaimu.

6. Cari pertolongan. Hal ini sangatlah penting jika kamu ditekan terus menerus dengan ancaman atau kekerasan nyata. Laporkan masalah ini kepada orang tua, guru, atau orang dewasa yang bisa engkau percaya.

sumber: Walking by Faith, By Rev. T. M. Odien, MA, Rev. M. D. Place, STD and Dr. A. Lorraine Walker, SSND

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: