Apologetik Tentang Doa kepada Maria dan Para Kudus di surga

Keberatan:
Ajaran DOA KEPADA ROH MARIA.

1. TIDAK ADA 1 pun AYAT TERTULIS/TERSIRAT yang MENGAJARKAN umat percaya UNTUK BERDOA kpd MARIA, bahkan TIDAK ADA 1 pun ayat dari KITAB KHATOLIK yg LEBIH TEBEL dari punya gw,
2. FIRMAN YAHWEH yang MENGAJARKAN bahwa DOA harus ditujukan kepada YAHWEH sendiri adalah#PL—semua nabi dna tokoh2 bible BERKOMUNIKASI/BERDOA kepada YAHWEH bukan kepada MALAIKAT bukan kepada ORANG2 YG SUDAH MENINGGAL atau DIANGKAT [conothnya: HENOCH],#PB—YAHshua [YESUS] sendiri MENGAJAR kita berdoa: BAPA KAMI YG DI SORGA….bukan MARIA YG DI SORGA, bukan MARIA BUNDA YESUSbukan MARIA YG DIANGKAT KE SORGA..BUKAN kepada MARIA melainkan HANYA kpd YAHWEH=BAPA do SORGA doang.

next apakah YAHWEH PERLU BANTUAN buat MENGABULKAN DOA?tidak! DIA adalah EL SHADDAI=TUHAN MAHA KUASA, Tuhan yg TIDAK PERNAH TERTIDUR dan TERLELAPjadi, doa pasti dibalasNYA sesuai KEBIJAKSANAAN-NYA,dan DIA kagak bakal melewatkan 1 DOA pun dari umat-NYA.

apakah YAHWEH melarang umat-NYA berdoa/berkomunikasi DENGAN ARWAH?ya, DIA MENENTANGNYA sekali.ini BUKTI ayatnya:Im 19:31 Janganlah kamu berpaling kepada arwah… Akulah YAHWEH, ELOHIMmu.

apakah MARIA sekarang adalah ARWAH?ya, semua orang yg SUDAH DI NERAKA atau SORGA atau YG SUDAH TIDAK ADA LAGI DI PLANET INI adalah ARWAH.

apa DEFINISI ARWAH dalam KAMUS BAHASA INDONESIA?http://kamusbahasaindonesia.org/arwahar.wah[n] (1) jiwa orang yg meninggal; roh: semoga — nya diterima di sisi Tuhan; (2) ki semangat: hilang –jadi, MARIA saat ini = ARWAH dan YAHWEH melarang umat-NYA berkomunikasi dengan DIA.

kembali ke JUDUL DISKUSI:Ajaran DOA KEPADA ROH MARIA.MAKA, BUKTI2 sekarang ini BEGITU KUAT dan DIPERKUAT oleh argument saudara max, bahwa FIRMAN YAHWEH itu BISA DIBATALKAN oleh TRADISI dan PENGUPASAN AYAT2 FIRMAN YAHWEH sendiri menurut kehendak pribadi yg dihubung-hubungkan kepada BOLEHNYA BERDOA kpd MARIA.dan itu SALAH! TIDAK TERBUKTI BENAR.

================================================

Inilah sanggahan atas keberatan-keberatan yg dituliskan diatas:

Benar bahwa tidak ada yg tertulis sedikit pun didalam Alkitab utk berdoa kpd Maria, Tapi Maria adalah tokoh penting didalam sejarah keselamatan, karena Maria turut berperan serta dalam Inkarnasi. Dan masuk akal jika Maria menjadi pusat, sumber dan contoh karakter bagi Gereja Purba. Kira-kira siapakah yg menceritakan kepada Lukas mengenai kabar gembira, kunjungan ke Elisabeth, dan kelahiran Yesus? demikian juga hal yg lumrah bagi orang2 Kristen purba utk mengunjungi Maria dan memintanya untuk mendoakan mereka. Dan setelah Maria wafat, kenap tidak melanjutkan permohonan kepadanya untuk mendoakan kebutuhan dan permohonan tertentu?

Dasar iman Katolik bukan hanya dari Kitab Suci, tapi Tradisi Suci dan Magisterium. Penolakanmu tidak berdasar, darimana kamu tahu bahwa itu benar-benar Firman Tuhan? atas otoritas mana? kenapa kamu menggunakan Kitab Suci yg sama juga digunakan oleh Gereja Katolik sejak dahulu? bukankah kamu seharusnya membuat Kitab Baru yg tidak sama dgn Kitab Suci Gereja Katolik?

Suatu tradisi lisan yg tidak dimasukkan kedalam suatu kitab bukan berarti tradisi itu tidak benar atau tidak diajarkan lagi oleh para Rasul abad pertama. Karena waktu itu semua orang sudah tahu Tradisi-Tradisi itu, dan tradisi-Tradisi itu mempunyai kecil kemungkinan utk disalahartikan atau dipertanyakan shg perlu penegasan atau koreksi tertulis.

Sebab itu berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima baik itu secara lisan, maupun secara tertulis (2Tes 2:15)

Apa yg spesial dari Maria?

Injil Lukas mencatat reaksi Maria menjawab panggilan Tuhan, “Aku ini hamba Tuhan jadilah padaku menurut perkatanmu”, datang dari cintanya, dan percaya dgn Tuhan yg tidak pernah dia lihat dan tidak pernah dia sentuh. Dgn keberanian Maria utk berserah kepada Tuhan dan dgn Maria berserah kpd-Nya memampukan diri-Nya untuk melakukan hal-hal yg besar untuk Maria dan melalui Maria. Kita juga dipanggil utk percaya dan meletakkan diri kita didalam tangan Tuhan. Kita semua tahu betapa susahnya untuk melakukan hal itu. tetapi tidak dengan maria. Maria tidak saja memberikan dirinya untuk Tuhan tapi tidak pernah menyelisik kembali tawaran itu. pikirannya tidak berubah, tidak ada keraguan tentang panggilannya ketika kesulitan datang. Benar, Tuhan telah memberikan dia rahmat untuk melakukan semua ini. tapi kita juga diberikan rahmat juga oleh Tuhan dan kadang-kadang kita gagal.  Itulah yang membuat Maria sangat spesial.

Kita bisa langsung berdoa kpd Tuhan, knp harus melalui Maria?

Pertanyaan yg bagus, kecali satu hal. Ini menunjukkan bahwa kita gagal mengakui bahwa kita orang berdosa. Doa yg didoakan oleh orang yg berdosa, kekuatan doanya tidak punya kuasa daripada doa orang yg tidak berdosa (Maria).(Yak 5:16)

Apakah Maria tidak berdosa?

Ya, benar-benar tidak berdosa. lebih dari itu, bukan saja Maria bebas dari dosa, Maria juga penuh dengan Rahmat. Inilah hak istimewa pemberian Tuhan yg menyebut Maria dikandung tanpa noda (Immaculate Conception). Tuhan tidak saja mampu memilih wanita yg paling sempurna utk Ibu Yesus, Tuhan bisa secara pribadi membentuk seorang wanita, utk menjadi seorang wanita yg paling sempurna. Inilah yg Tuhan lakukan, memastikan wanita ini bebas dari dosa dan penuh dengan rahmat. Siapakah kita untuk iri kepada kebaikan Tuhan?

Apa yg sebenarnya terjadi ketika kita berdoa kpd Maria?

Mari kita mulai dgn apa yg tidak terjadi. Maria tidak merogoh kantongnya mengambil permintaan kita lalu memberikan kepada kita. Maria tidak memiliki kuasa untuk itu. Maria adalah ciptaan. Maria bukan pencipta. Ketika kita berdoa kepada Maria, sebenarnya kita meminta Maria untuk menyampaikan kepada Yesus kebutuhan-kebutuhan kita. Mengapa Yesus mau mendengarkan Maria ibunya? karena Maria begitu dekat dan mengasihi Putranya, dan Putranya mendengar dengan penuh perhatian.


Sumber:
1. Born fundamentalis, born again catholic; David B Currie
2. Novena Devotion to Our Mother of Perpetual help;
imprimatur: Most Rev. Gregory Yong D.D. Uskup Agung Singapura
3. Katolisitas.org

Pengunjung bertanggung jawab atas tulisannya sendiri. Semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengubah seperlunya semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: