Prakata

Setelah Konsili Vatikan II, sejumlah katekismus baru bermunculan yang mana tidak menghadirkan Doktrin Katolik seperti yang seharusnya disajikan, dan publikasi-publikasi baru ini bahkan mempunyai beberapa kesalahan yang sangat serius. Digabungkan dengan metode baru, dimana anak-anak tidak diwajibkan untuk menghafal, dua generasi anak-anak tumbuh tidak mengetahui iman Katolik. Selama bertahun-tahun Roma tidak melakukan apa pun. Sekarang telah diterbitkan Katekismus Gereja Katolik yang baru. Yang telah ditulis untuk Para Uskup, yang diperlukan untuk diadaptasikan kepada kebutuhan umat beriman.  Ada ketakutan bahwa beberapa Uskup akan menunda tugas ini untuk waktu yang sangat lama, beberapa akan mempermudah Doktrin lebih lanjut, namun yang lain hanya akan memberikan penyajian yg tidak lengkap tentang Doktrin, meninggalkan point-point penting yang tak diceritakan.

Jadi masih besar keperluan sebuah Katekismus untuk diletakkan di tangan murid di mana ia dapat menemukan jawaban yang jelas dan lengkap untuk pertanyaannya. Apa yang dapat diberikan lebih baik baginya daripada Katekismus St Pius X, Paus Kudus era modern ini?

Sepengetahuan saya, Katekismus St Pius X belum pernah diterbitkan dalam bahasa Inggris dalam teks aslinya. Ada satu Katekismus Doktrin Kristiani, yang diterbitkan oleh Mgr Rev. Eugene Kevane di Virginia, Amerika Serikat pada tahun 1974, namun pada kenyataannya, mengandung teks yang kemudian banyak tidak memiliki kesamaan dari teks asli: teks ini adalah terjemahan dari della Catechismo Dottrina Cristiana, standar Katekismus Italia, seperti di tahun 1953. Bahwa Katekismus Italia itu pada gilirannya, ringkasan dan mereduksi Katekismus St Pius X yang asli. Edisi Amerika pada tahun 1974 telah lebih jauh “disesuaikan menurut Konsili Vatikan II”, sehingga kehilangan banyak nilai dari teks asli (misalnya ungkapan seperti “Prajurit Kristus” ditekan dari pengajaran mengenai dampak Sakramen Penguatan). Satu-satunya buku di mana saya dapat menemukan teks asli yang baik sekali adalah Kompendium Pedoman Katekese oleh Monsignor John Hagan, pertama kali diterbitkan di Dublin pada tahun 1910, dan berisi pada setiap bab Katekismus bagian yang relevan dari Katekismus Konsili Trente, pertanyaan dan jawaban dari Katekismus Santo Pius X dan Pedoman Katekese Pastor Raineri’s , yang sangat populer di abad kesembilan belas.

Kami persembahkan di sini teks Mgr. Hagan’s dengan sangat sedikit modifikasi gaya saja. Disiplin Gereja yang sekarang pada hal-hal seperti puasa, telah dimasukkan dalam cetakan yang lebih kecil untuk membawa teks up-to-date tanpa mengubah jawaban asli.

Semoga edisi ini Katekismus Saint Pius X membantu imam, guru dan orang tua untuk menanamkan pengetahuan dan cinta terhadap Doktrin Gereja Katolik bagi murid mereka dan anak-anak mereka semua dalam keseluruhannya dan keindahannya. Ini merupakan harapan kami bahwa hal itu juga akan membantu umat Katolik dewasa untuk merevisi dan memperdalam pengetahuan mereka sendiri tentang Iman. Ini akan sangat membantu katekumen untuk membantu mereka menuju pengetahuan lengkap tentang satu Iman sejati. Semoga pengetahuan yang jelas tentang kebenaran abadi Iman kita dapat membuat semua pembaca mendapatkan kepastian besar yang merupakan dasar dari kebajikan yang kokoh. Semoga Hati tak bernoda Santa Perawan Maria mendapatkan rahmat ini untuk semua pembaca buku ini, dan semoga mereka berdoa untukku.

(Mengikhtisarkan dari kata pengantar Bapa Francois Laisney 1993 Sydney Australia)

About these ads

About Andreas

"In modico fidelis! — faithful in little things. Your job, my son, is not just to save souls but to bring them to holiness, day after day, giving to each moment — even to apparently commonplace moments — the dynamic echo of eternity." ~ St. Josemaria Escriva Lihat semua pos milik Andreas

Pengunjung yang berkomentar bertanggung jawab atas tulisannya sendiri, semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengedit semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.630 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: