Malaikat Agung Mikael, Gabriel dan Rafael

oleh: St. Gregorius Agung - Bapa Gereja Perdana & Doktor Gereja

Kutipan ini diambil dari homily (Hom. 32, 8-9: PL 76, 1250-1251) St. Gregorius Agung pada Pesta Malaikat Agung Mikael, Gabriel dan Rafael 29 September. St. Gregoirus adalah salah satu Bapa Gereja & Doktor Gereja yang paling menonjol.

Anda harus tahu bahwa kata “malaikat” menunjukkan sebuah fungsi daripada sebuah kodrat. Roh yang kudus dari surga ini tentu saja selalu merupakan sebuah roh. Mereka bisa dipanggil malaikat ketika mereka menyampaikan sebuah pesan. Selain itu, mereka yang menyampaikan pesan yang tidak begitu penting disebut malaikat; dan mereka yang menyatakan pesan yang maha penting disebut malaikat agung. Dan itu bukan saja hanya malaikat biasa, tetapi malaikat agung Gabriel yang dikirim kepada Perawan Maria. Sudah selayaknya bahwa malaikat tertinggi yang harus datang untuk mengumumkan pesan yang terbesar dari semua pesan.

Beberapa malaikat diberikan nama yang layak untuk menunjukkan sebuah tugas yang akan mereka emban untuk dilaksanakan. Di kota kudus tersebut, dimana pengetahuan yang sempurna mengalir dari penglihatan Allah yang Mahakuasa, mereka yang tidak mempunyai nama akan dengan mudah dikenali. Tetapi nama yang lebih personal telah ditugaskan pada sesuatu, bukan karena mereka tidak dapat dikenal tanpa nama, tetapi untuk menunjukkan pelayanan mereka ketika mereka datang diantara kita. Demikianlah, Mikael yang berarti “Siapa yang seperti Allah”; Gabriel adalah “Kekuatan dari Allah”; dan Rafael adalah “Allah menyembuhkan.”

Setiap kali suatu tindakan kuasa yang luar biasa harus dilakukan, Mikael dikirim, sehingga tindakannya dan namanya dapat membuatnya menjadi semakin jelas bahwa tidak ada satu orang pun bisa melakukan apa yang Allah lakukan dengan kekuatan mulianya. Begitu juga musuh lama kita (iblis) dengan kesombongannya menginginkan untuk menjadi seperti Allah, dengan mengatakan: Aku akan naik ke surga; Aku akan mendirikan takhtaku diatas bintang di surga; Aku akan menjadi seperti Yang Mahatinggi. Ia akan diijinkan untuk tetap berkuasa sampai akhir jaman ketika ia akan di hancurkan dalam penghukuman terakhir. Kemudian , ia akan bertarung dengan malaikat agung Mikael, seperti yang diberitahukan oleh Yohanes: Peperangan tersebut diperangi bersama dengan malaikat agung Mikael.

Gabriel juga, yang disebut kekuatan Allah, dikirim kepada Maria. Ia datang untuk mengumumkan seseorang yang akan muncul sebagai orang yang rendah hati datang untuk mengatasi kekuatan kosmik. Jadi kekuatan Allah mengumumkan kedatangan Tuhan penguasa surgawi, yang perkasa didalam peperangan. Rafael berarti, seperti yang saya bilang, Allah menyembuhkan, karena ketika ia menyentuh mata Tobit dalam rangka untuk menyembuhkannya, ia menghilangkan kegelapan dari kebutaannya. Jadi, karena ia ada untuk menyembuhkan, ia tepat disebut Allah menyembuhkan.

sumber

About these ads

About Andreas

"In modico fidelis! — faithful in little things. Your job, my son, is not just to save souls but to bring them to holiness, day after day, giving to each moment — even to apparently commonplace moments — the dynamic echo of eternity." ~ St. Josemaria Escriva Lihat semua pos milik Andreas

2 responses to “Malaikat Agung Mikael, Gabriel dan Rafael

  • imelda waruna

    Pastor, mohon doanya, agar saya dibantu para Malaikat Kudus, melawan peperangan yang sedang berlangsung dalam batin saya. Saya tahu salah, tapi gagal terus dalam pertobatan…,jatuh lagi dalam dosa. Ini mulai bangkit lagi….butuh kekuatan di luar diriku…bersama Yesus dan Bunda Maria, amin..terima kasih, pastor…

    • Andreas

      Halo Imelda,

      Saya bukanlah Pastor demikian juga teman saya si Cornelius, kami hanyalah awam biasa. Tuhan tidak melihat berapa kali anda jatuh, tapi Tuhan melihat berapa kali anda bangkit, saya akan mendoakan anda semoga Tuhan memberikan anda rahmat kekuatan untuk menghadapi kelemahan-kelemahanmu. Berdoa kepada Bunda Maria juga dapat membantu, khususnya Rosario. Dibawah ini ada sebuah doa kepada Malaikat Agung St. Mikael dapat Imelda doakan setiap godaan itu muncul

      Malaikat Agung St. Mikael belalah kami dalam peperangan. Jadilah pelindung kami dalam segala kejahatan dan jebakan setan. Kami mohon rendah hati agar Allah menaklukkannya, dan Engkau, O panglima bala tentara surgawi, dengan kuasa Ilahi, usirlah semua ke neraka, setan dan semua roh jahat yang berkeliaran diseluruh dunia yang hendak menghancurkan jiwa-jiwa. Amin

      berdoalah seakan-akan tiada harapan lagi, berusahalah dengan sekuat tenaga seakan-akan hari ini adalah hari terakhirmu. Tapi jika Imelda jatuh lagi kedalam dosa usahakan secepat mungkin untuk mengakukan dosanya kepada Pastor.

      salam dan doaku untukmu,

      Andreas

Pengunjung yang berkomentar bertanggung jawab atas tulisannya sendiri, semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengedit semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.629 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: