Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Doa Sebelum Belajar oleh St. Thomas Aquinas

O Pencipta yang terlalu besar untuk digambarkan dengan kata-kata manusia, yang dari harta kebijaksanaanmu Engkau menunjuk tiga hirarki malaikat dan dalam sebuah rancangan yang luar biasa yang menempatkan mereka tertinggi di surga; bagian-bagian yang berbeda dari alam semesta juga, Engkau sebarkan dengan keindahan yang agung.

Engkau, aku berkata, yang adalah air mancur terang dan kebijaksanaan yang sejati, yang didalam Engkau semua terang dan kebijaksanaan berasal, tuangkanlah diatas kegelapan intelektualku sinar terangmu yang cemerlang, dan hapuskan dariku kegelapan ganda yang didalamnya aku lahir, yaitu, dosa dan kebodohan. Engkau, yang melemaskan lidah-lidah bayi (yaitu untuk mereka yang memuji-Mu), perintahkan lidahku dan tuangkan di atas bibirku rahmat dan kebaikan berkatmu.

Berikan aku ketajaman dalam memahami berbagai hal, kemampuan untuk mempertahankannya, metode dan kemudahan dalam belajar, skill untuk melihat berbagai makna, rahmat dan kefasihan ketika berbicara. Tunjukkan padaku bagaimana untuk memulai, bimbinglah aku dalam suatu proses, jadikanlah baik hasil akhir pekerjaanku. Engkau – sungguh Allah sungguh manusia – yang hidup dan berkuasa selama-lamanya. Amen.

Doa Setelah Belajar

Kami bersyukur kepadamu, Allah yang maha rahim, atas intruksi dan arahan yang telah kami terima. Berikan kami rahmat-Mu, sehingga kami dapat mengingat pelajaran dan membawanya dalam tindakan, demi kemuliaan-Mu dan keselamatan abadi kami. Kami memohon kepada-Mu, tuangkan berkatmu atas orang tua dan  superiors kami, para guru dan penolong kami, dan hadiahkan mereka secara berlimpah ruah untuk segala kebaikan yang mana mereka telah menjadi sarana dan membawanya bagi kami. Melaui Kristus Tuhan kami.

Amen.

About these ads

About Cornelius

"The day will come, dear boy, when you must decide whether to die within the Church or outside the Church. I have decided to die within the Church." - Malcolm Muggeridge Lihat semua pos milik Cornelius

2 responses to “Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Pengunjung yang berkomentar bertanggung jawab atas tulisannya sendiri, semua komentar harus dilandasi oleh cinta kasih Kristiani. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Kami berhak untuk tidak menampilkan atau mengedit semua komentar yang masuk.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.623 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: